10 Makanan Sehat Terbaik Penambah Darah

Makanan Penambah Darah. Apabila kita kekurangan darah maka akan menimbulkan masalah-masalah pada tubuh kita seperti penyakit anemia atau pusing dan masih banyak lagi masalah-masalah yang timbul akibat kekurangan darah.
Makanan Penambah Darah
(c) pixabay
Darah merupakan komponen penting dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Selain berfungsi sebagai mengangkut okisigen, darah juga dapat berfungsi sebagai : menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit.


Makanan Sehat Untuk Penambah Darah


  1. Hati
  2. Hati hewan merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat besi yang juga diperlukan oleh tubuh. Konsumsilah hati sapi atau hati ayam yang mengandung banyak zat besi.

  3. Daging
  4. Dagiang juga merupakan salah satu dari banyak makanan yang mengandung zat besi sekaligus protein dan dapat meningkatkan hemoglobin. Pilihlah daging merah seperti daging sapi namun yang tidak memiliki lemak.

  5. Buah-Buahan
  6. Konsumsilah buah-buahan yang memiliki kandungan zat besi yang banyak. Buah-buahan seperti jeruk, melon, anggur, apel, limau. Buah-buanhan tersebut mampu menambahkan sel darah merah anda.

  7. Makanan Laut
  8. Makanan laut seperti ikan yang kaya akan omega 3. Ikan yang cocok untuk penambah sel darah merah antara lain : ikan baronang, ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, dan masih banyak lagi jenis ikan yang mampu sebagai penambah darah pada tubuh anda.

  9. Sayuran
  10. Tips yang satu ini merupakan tips terbaik bagi anda yang gemar makan sayuran (vegetarian). Kentang adalah makanan yang mengandung zat besi sekaligus mengandung vitamin C. Bukan hanya kentang saja yang mengandung zat besi tetapi antara lain brokoli, bayam (mengandung vitamin A dan C), sawi, kangkung, daun katuk, kacang merah, lobak, dan masih banyak lagi lainnya.

  11. Sereal
  12. Sereal mengandung 20% zat besi apabila anda mengkonsumsinya setiap hari karena mengandung gandum yang juga berfungsi mencegah penyakit jantung dan kanker. Cukup secangkir sereal saja setiap hari.

  13. Kuning Telur
  14. Anda dapat merebus 1 kuning telur ayam dan 60gram daun bawang merah kemudian campurkan dengan air secukupnya jangan berlebihan dan jangan terlalu sedikit. Makanlah secara teratur agar zat besi anda terpenuhi.

  15. Jagung
  16. Anda dapat mengkonsumsi jagung dengan dibakar tergantung dengan selera anda. Tetapi, alangkah baiknya jangan dibakar. Jagung merupakan salah satu makanan zat mengandung zat besi sekaligus mengandung vitamin A dan C seperti bayam.

  17. Kacang Almond
  18. Alangkah baiknya kacang yang anda konsumsi adalah kacang almond tetapi boleh yang lain karena beberapa jenis kacang selain kacang almond dapat menambah darah pada tubuh anda. Cukup 1 ons setiap hari dapat memberikan 6% kebutuhan zat besi anda dan jangan lupa konsumsilah secara teratur agar hasil yang diberikan maksimal.

  19. Beras Merah
  20. Beras merah adalah makanan yang cocok untuk diet sebagai pengganti beras putih. Selain untuk kebutuhan diet, beras merah juga dapat sebagai makanan penambah darah karena mengandung zat besi. Bukan hanya untuk penambah darah saja.

Itulah 10 makanan terbaik penambah darah. Selain 10 makanan diatas masih banyak yang lainnya. Ketauilah makanan yang dapat membuat darah anda bertambah. Selain zat besi yang dapat menambah darah anda, konsumsi juga makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B12. Sekain tips dari We Sehat. Semoga dapat membantu.