Cara Menghilangkan Stres

Cara Menghilangkan Stres - Setiap individu masing-masing pasti pernah megalami masalah kan? Saya juga pernah mengalaminya dari masalah yang kecil sampai maslah yang besar? mungkin anda juga pernah mengalaminya. Stres itu wajar saja terjadi tetapi yang berlebihan itu tidak wajar.

Manusia terkadang terjebak dalam situasi yang sangat tidak enak dalam menghadapi pacarnya yang egois, masalah keluarga, tugas kantor, tugas kampus, tugas sekolah, dll. Mungkin masalah tersebut sering anda rasakan berhari-hari. Stres akan mempengaruhi aktifitas anda. Masalah ini terkadang dapat menimbulkan suatu penyakit yang dinamakan "Stres". Apakah stres itu?

Cara Menghilangkan Stres

Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stres adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Sekarang kita ke topik pembahasannya cara menghilangkan penyakit stres.

Cara Menghilangkan Stres


  1. Ketahui Penyebab Stress
  2. Pertama-tama, cobalah untuk mencari tahu apa yang paling membuat anda merasa tertekan. Kadang-kadang sumber-sumber luar seperti lingkungan kerja, beban pikiran terlalu banyak atau masalah pasangan dan keluarga yang jadi sebab utama atau jangan-jangan sumbernya pikiran Anda sendiri, kekhawatiran, emosi tidak stabil bisa memicu kondisi stres.

  3. Bernapas Dalam-dalam
  4. Menarik napas dalam-dalam bisa kurangi stres dan bikin relaks atau santai. Coba tarik napas dalam-dalam dan buang secara perlahan. Saat kita stres kita condong bernapas lebih cepat dari biasanya. Lakukan berulang kali.

  5. Berjalan-jalan
  6. Aktifitas yang padat sepanjang hari dalam jangka waktu berjam-jam untuk menyelesaikan aktifitas yang menumpuk juga membuat stres dan itu sangat tidak baik apalagi dalam masalah kesehatan. Luangkanlah waktu anda dalam beberapa menit atau jam untuk berjalan-jalan (Contoh : Pergi sama temen atau pacar atapun juga bersama keluarga). Dengan melakukan aktifitas tersebut akan mengurangi stres yang anda alami.

  7. Curhat
  8. Bicarakan problem yang anda alami dengan orang-orang terdekat, sahabat terdekat, kekasih tercinta atau keluarga. Konsultasikan masalah anda dengan mereka barangkali mereka bisa mendapatkan jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut, di waktu kita sudah tidak bisa berpikir jernih. Janganlah menyembunyikan masalah itu sendiri, hal ini dapat membuat kita semakin stres.

  9. Belajarlah Untuk Berkata "TIDAK" Dalam Kehidupan
  10. Sangat sulit rasanya untuk mengatakan "tidak" dalam kehidupan pribadi atau profesional karena anda berpikir bahwa dengan menolak, orang lain pasti akan merasa jengkel. Bersikap tegas ,Fokus pada tujuan Anda sendiri dan berani mengatakan tidak kepada mereka justru memberikan Anda ketenangan, ini tentu mencegah Anda terbawa pikiran stres daripada terpaksa berkata iya sementara anda tak mampu menuanikannya, ujung-ujungya dapat menyebabkan stres.

  11. Jangan Kedepankan Emosi
  12. Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan hidup anda menjadi lebih rumit.

  13. Relaks
  14. Di pagi hari, mulailah hidup anda dengan lebih relaks. Hirup udara segar di pagi hari dalam-dalam dan bernafaslah dengan santai. Pada saat terlambat berangkat beraktifitas, kita cenderung terburu-buru dan panik dan hal bisa menjadikan kita stres.

  15. Mendengarkan Musik
  16. Musik merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan stres. Dengarkanlan lagu-lagu kesayangan yang bisa membuat anda dengan tenang dan santai. Musik mempunyai dampak luar biasa untuk mengurangi stres dan mempunyai dampak yang baik untuk otak manusia.

  17. Bergaul Dengan Orang-Orang Positif
  18. Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif (Positive Thinking).

  19. Butuh Waktu Untuk Diri Sendiri
  20. Cobalah untuk bersantai. Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga anda, membaca buku atau menonton film favorit, bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman, akan benar-benar menenangkan pikiran anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

  21. Cukup Tidur
  22. Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam pada setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.

  23. Cari hal yang positif di sekitar kita
  24. Jangan terpaku pada kelemahan kita. Kumpulkanlah hal - hal yang positif dari diri kita dan berbahagialah dengan kelebihan kita tersebut.

  25. Tertawa
  26. Untuk mencegah dan meringankan stres, kita perlu mempertahankan selera humor kita, termasuk bisa menertawai diri sendiri. Kita bisa berbagi cerita lucu dengan teman - teman untuk menghibur diri. 

Sampai disini sudah ada 13 tips untuk anda. Lakukan tips-tips diatas dengan baik dan benar. Semoga stres yang anda alami atau orang terdekat anda lekas sembuh.