Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Cara Merawat Kulit Wajah SensitifSesuai dengan namanya, kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi dengan cepat terhadap sabun tertentu, rias wajah dan bahkan perubahan suhu. Maka alangkah baiknya bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif harus memperhatikan dengan benar-benar perawatan terhadap wajah. Bukan hanya melalui kosmetik saja yang dapat merusak kulit sensitif bahkan debu maupun kotoran cepat sekali memicu timbulnya kerusakan pada kulit wajah sensitif.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Jangan lupa baca juga artikel We Sehat lainnya untuk merawat berbagai jenis kulit wajah lainnya, antara lain :
Cara Merawat Kulit Wajah Normal
Cara Merawat Kulit Wajah Kombinasi
Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak
Cara Merawat Kulit Wajah Kering

Bagi anda yang belum mengetahui ciri-ciri dari kulit wajah berminyak bisa dibaca dibawah ini :

Ciri-Ciri Kulit Wajah Sensitif
  1. Bersisik.
  2. Mudah iritasi.
  3. Mudah bereaksi dengan lingkungan.
  4. Mudah berjerawat.
  5. Bekas luka sukar hilang.
  6. Perubahan warna pada kulit.
  7. Peka terhadap produk baru.
Jika kulit anda bersisik dan mudah iritasi maka kulit anda termasuk kulit sensitif. Jangan berkecil hati terlebih dahulu, We Sehat akan membagikan tips merawat kullit wajah sensitif. Berikut tips perawatan kulut wajah sensitif.

Perawatan Kulit Wajah Sensitif

  1. Jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung zat eksfoliasi. Jika kulit berminyak, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid untuk membuka sumbatan pori.
  2. Coba gunakan produk yang mengandung herba alami, seperti chamomile dan aloe vera, yang berfungsi sebagai anti-iritasi.
  3. Hindari menggunakan penyegar wajah yang mengandung alkohol, karena sangat reaktif terhadap kulit sensitif. Sebaiknya pilih penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel.
  4. Pilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside, karena dapat mencegah iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.
  5. Bersihkan make up dengan pembersih lembut yang tidak mengandung sabun (soap free) dan lembut (mild).
  6. Bila kulit sedang iritasi, saat membersihkan wajah gunakan air dan make up remover wipes berbentuk tisu. Hindari waslap karena terlalu keras. Jangan gunakan air dingin atau air hangat karena suhu ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat. Gunakan air bersuhu normal.
Sekian tips dari We Sehat mengenai ciri-ciri dan perawatan pada kulit wajah sensitif. Semoga dapat membantu.