Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lari Pagi. Jogging atau yang lebih dikenal dengan lari pagi merupakan olahraga yang mudah dilakukan dan gratis. Dengan lari pagi, Anda bisa merasa lebih baik dari segi fisik maupun jiwa. Tetapi, sayangnya lari pagi merupakan olah raga yang sulit dilakukan untuk sebagian orang karena padatnya aktivitas sejak pagi. Lari pagi memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk membakar lemak. Untuk penjelasan selengkapnya, berikut ini tentang manfaat lari pagi.

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lari Pagi


  1. Membakar Lemak dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  2. Lari pagi dapat membakar lemak pada tubuh yang dapat menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena ketika tidur selama 8 jam dimalam hari akan membuat proses metabolisme melambat. Dengan demikian, tubuh memproduksi banyak lemak. Dengan lari pagi atau jogging, tubuh akan membakar jaringan lemak dimana lemak tersebut diolah menjadi pengganti karbohidrat saat berolahraga dan juga akan memperlancar system metabolisme tubuh. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh.

  3. Membuat Jantung Sehat
  4. Orang yang melakukan lari sebanyak 16 km atau lebih per minggu mampu mengurangi kolesterol jahat, tekanan darah tinggi dan gula darah dalam tubuhnya. Hal ini bisa menjaga jantung Anda lebih stabil,karena aliran oksigen dalam darah ke seluruh tubuh lancar.

  5. Menjauhkan dari Penyakit Rematik
  6. Melakukan lari pagi atau berjalan dapat melenturkan otot-otot kaki Anda, sehingga menjauhkan Anda dari gangguan penyakit rematik.

  7. Memperbesar Otot Betis
  8. Selain untuk mejauhkan dari penyakit rematik, lari pagi juga bisa memperbesar otot betis. Hal ini disebabkan karena kaki yang digunakan sebagai tumpuan untuk berlari yang dapat memperbesar otot betis Anda yang terutama bagus untuk laki-laki.

  9. Meredakan Stres
  10. Anda bisa menikmati alam sekitar sambil mengatur nafas agar aliran darah lancar. Hal tersebut secara tidak langsung memberikan Anda rasa bebas dan menyegarkan otak dengan udara yang sejuk di pagi hari.

  11. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
  12. Lari pagi sangat cocok bagi yang menderita insomnia (susah tidur). Pendrita insomnia dapat tidur setelah 17 menit berbaring bahkan tidur satu jam lebih lama. Sementara jika mereka tidak berlari, orang-orang penderita insomnia tersebut membutuhkan 38 menit untuk bisa tertidur lelap.

  13. Meningkatkan Konsentrasi
  14. Lari bagaikan meditasi. Lari pagi dapat meningkatkan kekuatan otak dalam mengingigat sesuatu dan mengatasi penurunan fungsi memori. 

Itulah beberapa manfaat lari pagi. Alangkah baiknya Anda lari pagi secara rutin agar system metabolisme pada tubuh seimbang. Semoga bermanfaat.