Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya - Bau mulut adalah salah satu musuh terberat bagi anda yang mungkin anda akan dijauhi oleh orang yang anda ajak mengobrol atau berbincang-bincang. Anda sendiripun bisa merasa malu dengan bau mulut yang tidak sedap.

Masalah bau mulut adalah masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang bau mulutnya sangat tajam dan menusuk hidung orang-orang disekitarnya. Orang yang puasa biasanya mulutnya berbau tidak enak, namun hal ini wajar-wajar saja. Lain halnya jika bau mulut terjadi secara permanen tentu akan memberikan dampak atau citra yang negatif.
Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya
Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang jika tidak percaya diri dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan, dan lain sebagainya. Di samping itu, bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi/karies, dan sebagainya. Sebelum membahas ke topik menghilangkan bau mulut alangkah baiknya anda mengetahui penyebab bau mulut itu datang.


Penyebab Bau Mulut

  1. Kebersihan Mulut Yang Buruk
  2. Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.


  3. Bakteri
  4. Didalam mulut anda ada bakteri. Dan bakteri itu berkembang biak di dalam mulut anda sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi anda dan menutupi lidah anda. setelah itu bakteri akan berkembang biak dengan pesat dan mengeluarkan racun serta rasa bau tak enak dan tak sedap, jika tidak dibasmi oleh pasta gigi atau air cumur pembersih kuman.


  5. Tidak Sarapan Pagi
  6. Jika anda tidak sarapan pagi maka produksi air liur anda turun dan bakteri dapat tumbuh tapi, sebaliknya apabila anda sarapan pagi maka produksi air liur anda meningkat dan dapat membunuh bakteri secara optimal.


  7. Obat-Obatan
  8. Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. mulut kering juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.


  9. Sariawan
  10. Ketika anda sariawan biasanya terjadi infeksi di mulut dan akan menyebabkan nanah yang bisa berbau tidak sedap di mulut.


  11. Penyakit
  12. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh sakit tertentu seperti radang tenggorokan, amandel, dan gangguan pencernaan.


  13. Merokok
  14. Rokok selain menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya juga merupakan penyebab bau mulut yang sangat tidak sedap. Mohon Maaf (buat Anda yang Merokok) sebaiknya mulai sekarang berhentilah merokok demi kesehatan badan anda dan mulut anda. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut

  1. Sikat Gigi dan Lidah
  2. Anda disarankan untuk sikat gigi dan lidah minimal 2x sehari secara teratur dan benar. Saat anda sedang menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride, sikatlah juga bagian belakang lidah anda. Menyikat lidah dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya bau mulut tak sedap.


  3. Berkumur
  4. Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.


  5. Konsumsi Buah-Buahan
  6. Penyebab bau mulut diantaranya adalah ketika dalam mulut kekurangan air liur atau mulut dalam keadaan kering. Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka air liur dalam mulut akan meningkat karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C. Contoh buah-buahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah, pear, apel, jambu, lemon dan lain-lain. Selain itu buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.


  7. Perbanyak Minum
  8. Minumlah yang banyak minimal 8 liter untuk mencegah bau mulut yang dikarenakan mulut kering (xerostomia). Mulut kering atau berkurangnya air liur dapat menyebabkan karena kurangnya cairan yang diminum, pernafasan dari mulut, ataupun karena obat-obatan seperti antihistamines.


  9. Konsumsi Keju
  10. Konsumsi keju dapat memerangi bakteri dalam mulut kita, karena keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.


  11. Hindari Alkohol dan Rokok
  12. Sebaiknya menghindari alkohol dan rokok karena hal tidak ada gunanya, semuanya itu dapat memicu terjadinya periodontitis dan gingivitis yang memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang mengakibatkan semakin cepatnya perkembangan bakteri.


  13. Hindari Makanan Berbau
  14. Sebaiknya hindarilah makanan yang berbau tajam seperti : bawang, durian, atau petai.


  15. Permen Karet Xylitol
  16. Permen karet yang dikunyah itu mengandung xylitol dapat menghilangkan bau mulut. Mengunyah permen karet dapat menyebabkan air liur anda keluar jka mulut anda kering. Air liur di sini dapat membilas bakteri yang ada di mulut anda. 

Jika dengan cara ini masih saja tidak hilang bau mulut anda dan selalu mengganggu yang dapat membuat rasa percaya diri anda menurun, maka disarankan untuk segera mengunjungi para dokter spesialis gigi. Usahakan untuk selalu memeriksa gig anda setiap 6 bulan sekali, untuk mengetahui lebih jelas informasi tentang kesehatan kita dan mendapatkan solusi tentang mengapa bau mulut tetap tidak hilang dan selalu mengganggu penampilan anda. Semoga bermanfaat dan bau mulut anda hilang.