10 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia - Susah tidur mungkin dapat menggangu aktifitas Anda. Setiap manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam per hari. Insomnia atau yang sering di kenal dengan penyakit susah tidur adalah suatu gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Atau dengan kata lebih sederhana lagi, penyakit insomnia adalah suatu keadaan seseorang yang mana orang tersebut mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai penyakit insomnia dapat membaca artikel dari wikipedia : insomnia.


Cara Mengatasi Insomnia


  1. Hindari Cahaya Saat Tidur
  2. Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya. Matikan lampu sebelum tidur atau peralatan sumber cahaya lainnya sebelum tidur.

  3. Jauhi Kafein di Sore Hari
  4. Kafein merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk secara sementara. Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman ringan, sangat digemari. Kafein merupakan zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Tidak seperti zat psikoaktif lainnya, kafein legal dan tidak diatur oleh hukum di hampir seluruh yuridiksi dunia.

  5. Olahraga Secara Teratur
  6. Olahraga yang dilakukan sebaiknya pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur atau pada malam hari. Dengan olahraga, kesehatan anda menjadi lebih optimal dan prima sehingga tubuh dapat tidur lebih nyenyak.

  7. Hindari Stres Menjelang Tidur
  8. Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Buatlah rancangan agenda harian Anda sehingga masalah-masalah yang datang dan terselesaikan lebih awal sebelum tidur.

  9. Hindari Mengkonsumsi Alkohol Sebelum Tidur
  10. Pada awalnya, alkohol memang membuat mengantuk, tapi nanti Anda akan terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali. Yang perlu Anda ketahui bahwa alkohol tidak dapat memecahkan masalah susah tidur Anda dan sebaliknya, alkohol menambah masalah Anda.

  11. Jangan Memaksakan Tidur
  12. Pergilah ke tempat tidur Anda dan jangan paksakan untuk tidur. Jika Anda memaksakan untuk tidur, Anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. Pergilah ke tempat tidur dan berbaringlah dengan tenang seketika itu Anda akan mengantuk dengan sendirinya.

  13. Mandi Dengan Air Hangat
  14. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat mengurangi ketengangan otot-otot tubuh, sehingga Anda dapat rileks dan santai sebelum berbaring di tempat tidur.

  15. Memanjakan Diri Sebelum Tidur
  16. Memanjakan diri sebelum tidur dengan beberapa kegiatan relaksasi seperti membaca buku humor atau mendengarkan musik yang Anda sukai sebelum tidur.

  17. Bersihkan Tempat Tidur
  18. Tempat tidur yang tidak bersih karena dipenuhi debu, kutu, dan sebagainya dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika tidur yang dapat membuat tubuh Anda gatal-gatal, bersin. Bersihkanlah tempat tidur Anda dalam jangka waktu tertentu secara teratur sebelum tidur.

  19. Tempatkan leher di posisi yang netral
  20. Jangan gunakan bantal yang terlalu tebal atau terlalu tipis. Bantal yang akan Anda gunakan sebelum tidur harus berukuran tepat untuk mendukung leher Anda dalam posisi netral. Jika Anda ingin tidur menyamping, hidung Anda harus sejajar dengan pusat tubuh Anda. Jangan tidur dengan posisi telungkup yang justru dapat membuat posisi tidur Anda menjadi tidak nyaman.

Itulah 10 Cara mengatasi susah tidur atau insomnia. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.