Waspadai Gejala Penyakit Hipertiroid

Waspadai Gejala Penyakit Hipertiroid. Hipertiroid merupakan penyakit yang terjadi karena overfungsional atau kelebihan produksi pada kelenjar tiroid. Hipertiroid biasanya berkaitan dengan keadaan klinis tirotoksikosis. Sedangkan pada penyakit tirotoksikosis berarti hipertiroid dengan adanya tanda-tanda akibat hormon berlebihan, misalnya badan makin kurus, berdebar, mata menonjol, gemetaran, gelisah, dan sebagainya. Penderita peyakt hipertiroid mengalami pembesaran dua sampai tiga kali dari ukuran normal. Karena sebenarnya arti tirotoksikosis tidak berbeda dengan hipertiroid. Walaupun hampir ada kemiripan, tiroitoksitosis adalah kelebihan pada hormon tiroid yang tidak selalu diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Waspadai Gejala Penyakit HipertiroidGangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid merupakan salah satu pemicu percepatan detak jantung. Semakin cepat detak pada jantung maka semakin cepat pula metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kelenjar tiroid mengalami gangguan dan kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid yang dapat untuk menstimulasi metabolisme setiap sel di dalam tubuh.

Jumlah hormon tiroid yang diproduksi setiap orang dengan orang lain tidaklah sama. Maka dari itu, kategori berlebih dalam pembentukan hormon tiroid juga berbeda pada setiap orang. Hal ini tergantung dari metabolisme yang terjadi dalam tubuh dan tempat seseorang memeriksakan tersebut hormon tiroidnya.


Gejala Penyakit Hipertiroid 


Walaupun jumlah hormon tiroid pada setiap orang berbeda, namun gejala hipertiroid pada setiap orang adalah sama. Gejala hipertiroid antara lain :
  1. Jantung sering berdebar cepat
  2. Berat badan terus menerus turun meskipun nafsu makan normal.
  3. Emosi yang tidak stabil.
  4. Mengeluarkan banyak keringat yang berlebihan.
  5. Sering gemetaran.
  6. Sering agitasi atau gelisah.
  7. Kulit menjadi lebih tipis dan halus.
  8. Insomnia atau susah tidur.
  9. Kuku jari yang tumbuh lebih cepat.
  10. Sering mengalami kelelahan.
  11. Kurang berkonsentrasi.
  12. Menstruasi yang terjadi secara tidak teratur.
  13. Sering BAB atau buang air besar.
  14. Kerontokan rambut

Penyebab hipertiroid

  1. Penyakit Graves
  2. Penyakit graves merupakan penyebab hipertiroid yang paling sering di jumpai. Gejala penyakit graves adalah terjadinya kelenjar tiroid membesar secara merata, tidak bisa memberi respons terhadap kontrol dari TSH. Penyakit graves ini biasanya terjadi secara turunan. Wanita 5 kali lebih sering terkena penyakit graves daripada pria. Penyebab graves adalah adanya penyakit autoimun, dimana terdapat antibodi yang ditemukan dalam sistem peredaran darah, yaitu thyroid peroksidase antibodies (TPO), thyroid stimulating immunogliobulin (TSI antibodies), dan TSH receptor antibodies (TRAb).

  3. Toxic Nodular Goiter
  4. Benjolan leher yang terjadi akibat pembesaran tiroid yang berbentuk seperti biji padat, bisa satu membentuk satu biji(single nodul) atau lebih(multinodular).

  5. Produksi TSH yang abnormal
  6. Tumor yang terdapat pada kelenjar hipofisis dapat memproduksi TSH berlebihan, sehingga dapat merangsang kelenjar tiroid untuk mengeluarkan T3 dan T4 yang lebih banyak dari keadaan normal. Keadaan ini sangat jarang didapatkan dan biasanya keadaan ini disertai dengan gangguan hormon lain yang juga diproduksi oleh hipofisis.

  7. Konsumsi yodium yang berlebihan
  8. Kelenjar tiroid memakai yodium untuk membuat hormon tiroid, bila mengkonsumsi yodium terlalu banyak dapat menimbulkan penyakit hipertiroid. Kelainan ini biasanya timbul apabila sebelumnya si pasien tersebut memang sudah mengalami hipertiroid.

  9. Tiroiditis (radang kelenjar tiroid)
  10. tiroiditis adalah radang pada kelenjar tiroid. Tiroiditis disebabkan oleh virus, ditandai dengan demam, kelenjar tiroid yang membesar dan sakit bila kelenjar tersebut tersentuh.

  11. Minum obat hormon tiroid yang berlebihan
  12. Ada juga yang periksa laboratorium dan kontrol ke dokter yang melakukannya secara tidak teratur, sehingga pasien terus minum obat tiroid, ada pula orang yang minum hormon tiroid dengan tujuan hanya unutk menurunkan berat badan hingga timbul efek samping.

Itulah gejala Hipertiroid  dan penyebab Hipertiroid yang perlu anda ketahui, agar nanti anda bisa mengambil tindakan secepat mungkin jika nanti penyakit Hipertiroid menghampiri anda, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.