Manfaat Jengkol Untuk kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Jengkol. Apa yang terlintas di fikiran anda jika mendengar yang namanya Buah Jengkol ? Pasti anda berfikir tentang jenis buah yang dapat menyebabkan bau pada mulut dan tidak bermanfaat sedikitpun jika di konsumsi, jika anda berfikir demikian maka anda salah besar menilai buah dari suku polong-polongan ini, karena di balik Bau nya yang kurang sedap jika sudah selesai di makan ternyata ada manfaat yang terkandung di dalam Buah Jengkol yang mungkin belum di ketahui banyak orang.
Manfaat Buah Jengkol
(c) wikipedia
Jengkol bisa di temui hampir di seluruh daerah Asia Tenggara karena memang buah yang sering di sebut oleh orang Barat dengan sebutan Dog Fruit ini merupakan tanaman asli dari Asia tenggara, buah Jengkol bisa di olah menjadi berbagai macam menu masakan terutama yang paling terkenal yaitu dengan cara di semur yang nanti hasilnya bernama Semur jengkol, selain di masak terlebih dahulu Buah jengkol juga bisa langsung di makan secara mentah dengan cara di buat lalapan. Seperti di kutip dari Jaringnews.com, berikut adalah khasiat Jengkol bagi kesehatan.


Manfaat Buah Jengkol


  1. Untuk Diabetes
    Penyekit Diabetes adalah penyakit akibat kelebihan kadar gula darah pada tubuh, ternyata Jengkol juga dapat mencegah timbulnya penyakit gula karena adanya kandungan mineral dan asam jengkolat, tapi perlu anda ketahui bahwa sebuah zat asam yang terkandung dalam Buah jengkol yang benama Asam Jengkolat sangat sulit sekali larut bersama Air sehingga akan terbentuk kristal-kristal jika kadar Asam Jengkolat terlalu banyak dan tidak bisa di saring oleh ginjal, maka dari itu konsumsilah Jengkol secara wajar dan teratur.

  2. Melangsingkan Perut Buncit
    Jika anda punya masalah dengan perut yang kurang normal yaitu mempunyai perut yang Buncit anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi Jengkol, Buah jengkol yang banyak mengandung serat dapat memperlancar Buang Hajat atau buang air besar, dengan pencernaan dan Buang air besar yang lancar maka akan emempermudah proses pembuangan kotoran-kooran yang ada di dalam perut bersama feses saat BAB.

  3. Untuk Jantung Koroner
    Beberapa zat yang terkandung di dalam Jengkol terdiri atas Asam Jengkolat, Vitamin, serat yang tinggi, mineral dan lain-lain. Dengen beberapa macam zat yang ada dalam Jengkol tersebut seperti yang sudah saya sebutkan tadi, maka buah yang mengandung serat yang tinggi ini memiliki khasiat diuretic yang membantu memperlancar proses pembuangan Urine, sehingga seseorang yang menderita jantung Kororner sangat baik sekali apabila mengkonsumsi Jengkol.

Aroma yang menyengat dan bau di mulut memang menjadi salah satu alasan banyak orang untuk menjauhi buah yang banyak di temui di daerah Asia tenggara ini, tapi di balik kurang sedapnya bau yang timbul dari Jengko terdapat beberapa manfaat untuk tubuh manusia. Selesai sudah pembahasan mengenai manfaat jengkol untk kesehatan pada posting kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.