Makanan Penurun Darah Tinggi

Makanan Penurun Darah Tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah didalam arteri. Tekanan abnormal dapat menyebabkan meningkatnya resiko terhadap gagal jantung, stroke, aneurisma, kerusakan ginjal dan serangan jantung. Secara umum hipertemnsi adalah suatu keadaan yang gejalanya tidak terlihat. Ketika dilakukan pemeriksaan tensi darah akan didapat dua angka. Angka yang lebih tinggi dieproleh saat jantung berkontraksi dan angka yang lebih rendah diperoleh oleh jantung saat relaksasi.

Tekanan darah ditulis sebagai tekanan sistolik garis miring tekanan diastolik. Umpama 120/80 mmHg, maka bisa kita baca seratus dua puluh delapan per delapan puluh. Dikatakan tekanan darah tinggi apabila pada saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmHg, apabila tekanan diastolik mencapai 90 mmHg atau lebih, atau kedianya. Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, dimana tekanan darah meningkat saat melakukan aktivitas dan menurun saat beristirahat, anda membutuhkan obat penurun darah tinggi jika tensi darah anda mendadak naik dan membahayakan kesehatan.
Makanan Penurun Darah Tinggi
(c) pixabay

Tekanan darah setiap orang bervariasi, pada bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah jauh lebih rendah daripada orang dewasa. Sejalan dengan bertambahnya usia akan mengalami kenaikan tekanan darah, tekanan sistolik meningkat sampai usia mencapai 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian menurun secara perlahan. Pada hipertensi sistolik terisolasi, tekanan sistolik mencapai140 mmHg, akan tetapi tekanannya kurang dari 90 mmHg. Hipertensi yang sangat parah adalah hipertensi maligna, yang bila tidak diobati dalam waktu 3-6 bulan dapat berakibat pada kematian.

Sekitar 90% penderita hipertensi penyebabnya hampir tidak diketahui. Salah satu penyebabnya kemungkinan adalah perubahan pada jantung dan pembuluh darah yang bersama-sama mengakibatkan meningkatnya tekanan darah. Sebagian penderita hipertensi disebabkan oleh kesehatan ginjal yang terganggu atau penyakit ginjal, kelainan hormonal,gaya hidup yang tidak aktif bahkan alkohol dan konsumsi garam yang terlalu tinggi. Gejala pada penderita darah tinggi adalah pusing, pendarahan pada hidung, sakit kepala, wajah kemerahan dan kelelahan. Jika darah tinggi tidak segera diobati maka akan mengakibatkan pandangan menjadi kabur karena adanya kerusakan pada otak, sakit kepala, sesak nafas, kelelahan, mual, gelisah, mata, jantung dan ginjal. 

Untuk menangani penyakit hipertensi ini, ada beberapa makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh Anda, makanan alami yang bisa menjadi penurun hipertensi agar tekanan darah Anda kembali normal, dan kabar baiknya adalah pemakaian obat herbal ini tidak memiliki efek samping seperti pemakaian obat pada umumnya. Berikut makanan penurun darah tinggi bagi penderita hipertensi.

Makanan Penurun Darah Tinggi


  1. Alpukat
    Manfaat alpukat sebagai buah yang kaya gizi ini mampu menjadi makanan penurun darah tinggi. Hal ini disebabkan karena dalam alpukat terdapat asam oleat tunggal, asam oleat tunggal adalah jenis lemak tak jenuh. Dalam asam oleat tunggal ini terdapat zar antioksidan tinggi yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

  2. Bawang Putih
    Ternyata dalam satu siung bawang putih banyak terdapat kandungan yang bisa menjadi penurun darah tinggi, salah satunya adalah zat magnesium dan fosfor yang diduga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Namu untuk Anda yang akan menjalani operasi disarankan untuk tidak mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak, hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai sifat mengencerkan darah.

  3. Seledri
    Hampir sama dengan bawang purih, seledri adalah salah satu makanan penurun darah tinggi yang empunyai bau tajam dan memiliki beberapa khasiat untuk penyembuhan penderita hipertensi. Pada seledri terdapat kandungan bernama psoralen yang berfungsi menangkal radikal bebas, selain itu seledri memiliki kandungan magnesium dan fosfor yang sangat baik untuk menurunkan kadar darah tinggi.

  4. Cincau
     Jika membicaran mengenai cincau, pastilah orang akan berpikiran mengenai minuman segar yang disajikan kala dingin. Tidak hanya sebagai pelepas dahaga, cincau adalah salah satu makanan penurun darah tinggi yang kaya manfaat. Dalam daun cincau terdapat beberapa zat yang berfungsi menurunkan kadar darah tinggi seperti Vitamin B dan kalsium, fosfor.

  5. Ketimun
    Ketimun atau mentimun adalah sayuran yang memiliki beberapa vitamin sebagai penurun darah tinggi. Mentimun memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium dan masih banyak lainnya. Banyaknya kandungan yang terdapat pada mentimun membuat mentimun menjadi makanan penurun darah tinggi yang efektif karena semua kalangan bisa dengan mudah mengkonsumsi sayuran ini.

  6. Pepaya
    Buah yang berwarna jingga ini disebut sebagai makanan penurun darah tinggi. Hal ini tak lain karena pepaya adalah buah kaya vitamin dan kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk menurunkan hipertensi dalam darah, kandungan-kandungan dalam pepaya seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin K dan kalsium mampu menjadi penangkal hipertensi. 

Itulah beberapa makanan dan buah penurun darah tinggi yang bisa anda konsumsi suapaya tekanan darah pada tubuh anda menjadi normal dan stabil, dengan begitu akan membuat tubuh anda menjadi sehat karena memiliki tensi darah yang normal.