Manfaat Daun Sembung Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sembung. Jenis tanaman yang memiliki nama ilmiah Blumean Balsamifera ini tumbuh subur secara liar di kebun dan ladang. Sembung bisa ditemui di wilayah yang beriklim Tropis dan Subtropis, salah satunya di Asia Tenggara. Para petani kita sering kali memangkas sembung karena dianggap mengganggu tanaman lain yang di budidaya kan.
Manfaat Daun Sembung
foto: jitunews
Sembung banyak digunakan untuk obat herbal karena mengandung berbagai macam zat kimia seperti Asam Palmitin, Glukosa, Alkohol Sesquiterpen, Minyak Sirih, Limonene, Cineole, Borneol, dan berbagai macam kandungan zat lainnya. bagian-bagian dari Sembung yang bisa dijadikan sebagai obat antara lain, akar, batang, dan daun. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan sembung seperti di lansir dari wikipedia antara lain, penyakit Diare, Kolera, sakit perut, mengobati luka, masuk angin dan berbagai macam penyakit lainnya yang akan kita bahas selanjutnya.

Sepertinya kita tidak boleh melupakan jenis tanaman satu ini untuk menjadikannya sebagai obat herbal yang efektif, karena beberapa kandungan zat di dalam sembung banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jika anda belum mengetahui apa saja khasiat daun sembung, berikut adalah beberapa manfaat daun sembung untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.


Manfaat Daun Sembung


  1. Nyeri Haid
    Datang bulan atau haid merupakan keadaan rutin yang di alami oleh wanita setiap bulannya, kecuali wanita yang sedang menjalani masa kehamilan atau sudah lanjut usia. Terdapat beberapa macam haid yang di rasakan oleh wanita, ada yang biasa saja, ada yang mengalami nyeri pinggang dan ada juga yang merasakan nyeri pada bagian kemaluan. Jika anda mengalami hal tersebut, maka daun sembung bisa anda gunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobatinya. Cara membuatnya anda tinggal menyiapkan beberapa lembar daun sembung dan biji kedaung, lalu di panggang selanjutnya anda haluskan, kemudian anda panaskan sekitar dua gelas air lalu rebus bahan yang sudah di sediakan tadi sampai tersisa sekitar setengah gelas, terakhir anda dingainkan lalu minum secara langsung.

  2. Sakit Maag
    Penyakit ini bisa anda rasakan ketika perut anda merasa melilit dan mual, keadaan ini biasanya terjadi akibat asam lambung yang berlebihan, apalagi jika anda sering telat makan maka akan membuat penyakit ini semakin parah. Jika terkena penyakit maag anda bisa membuat ramuan dengan bahan dasar daun sembung. Rebus beberapa lembar daun sembung ke dalam tiga gelas air bersih, diamkan sampai rebusan tersebut tersisa 1/2 gelas, jika sudah selanjutnya anda angkat dan campurkan garam secukupnya kedalam ramuan tersebut, aduk hingga merata. Ramuan dari daun sembung ini bisa anda minum saat pagi hari sebelum sarapan pagi atau saat perut anda masih kosong.

  3. Penyakit Diare
    Penyakit buang air besar mencret atau yang sering kita kenal dengan diare adalah keadaan di mana peses yang keluar dari dalam tubuh berbentuk cair dan membuat perus merasa sakit. Diare cukup menyiksa kita, apalagi jika diare tersebut menyerang kita di saat yang kurang tepat, seperti sedang meeting, belajar, atau bekerja, pasti akan membuat aktivitas tersebut merasa terganggu. Apabila mengalami masalah dengan diare, anda bisa membuat ramuan dengan daun sembung, rebus daun sembuang satu genggam yang sudah di potong-potong ke dalam tiga gelas air bersih, biarkan mendidih sampai sisa rebusan tersebut menjadi setengah gelas, campurkan beberapa madu secukupnya lalu aduk hingga rata. Anda bisa meminumnya tiga kali sehari sebanyak sebanyak setengah gelas tiap kali minum.

Itulah beberapa manfaat daun sembung untuk kesehatan yang mungkin bisa anda gunakan jika suatu saat anda mengalami beberapa penyakit seperti yang sudah saya bahas di atas, semoga bermanfaat dan bisa kita semua selalu sehat dengan menggunakan ramuan herbal alami sebagai obat.