6 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah. Beras adalah makanan pokok orang Indonesia, karena kandungan karbohidratnya mampu menahan lapar selama beberapa jam. Beras dibedakan menjadi 2 yaitu beras putih dan beras merah. Umumnya masyarakat menggunakan beras putih sebagai sumber pokok energi mereka. Namun disisi lain, beras merah justru jarang dipakai untuk dikonsumsi. Beras merah memang lebih mahal harganya dibandingkan dengan beras putih. Namun tahukah Anda bahwa manfaat beras merah begitu banyak untuk kesehatan tubuh ?
Manfaat Beras Merah
(c) pixabay
Salah satu khasiat beras merah adalah untuk mengurangi jumlah gula darah, karena beras merah memiliki jumlah indeks glikemik rendah dan beras merah adalah makanan yang baik untuk tubuh. Kandungan yang terdapat dalam beras merah seperti vitamin B lengkap dan kaya serat yang sangat bagus untuk pencernaan. Seperti di kutip dari ikiopo.com, dibawah ini kamu jelaskan beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan.



Manfaat Beras Merah


  1. Mengurangi Kadar Gula Darah
    Beras merah memiliki kandungan glikemik rendah dan menghasilkan insulin, sehingga mengkonsumsi beras merah sangat baik bagi penderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi beras merah dengan menanaknya agar menjadi nasi sebagai menu utama makanan Anda. Tidak diajurkan bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi untuk mengkonsumsi beras putih, karena beras putih memiliki angka glikemik tinggi.

  2. Memperlancar Sistem Pencernaan
    Beras merah memiliki fungsi untuk menjaga kelancaran pencernaan dalam tubuh. Beras merah kaya akan serat sehingga memperlancar jalannya sistem pencernaan dan menghindarkan anda dari masalah sembelit.

  3. Menangkal Radikal Bebas
    Khasiat beras merah adalah mampu menangkal radikal bebas, hal ini dikarenakan beras merah kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam beras merah berasal dari mineral, magnesium dan zat besi yang terdapat dalam satu biji beras merah. Sehingga beras merah sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker, penuaan dini dan gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan karena virus yang berusaha mneyerang tubuh.

  4. Kesehatan Tulang
    Manfaat beras merah berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Dalam beras merah terdapat kandungan magnesium yang sangat baik menjaga kepadatan tulang. Cara mengkonsumsi beras merah yang paling mudah adalah dengan memasaknya menjadi nasi, dan Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran dan lauk yang melengkapi kesempurnaan beras merah untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

  5. Mengatur Napas Pada Penderita Asma
    Ternyata beras merah mampu menjadi nutrisi yang baik untuk para penderita asma. Magnesium adalah zat yang terkandung dalam beras merah yang mampu memperlancar sistem pernapasan Anda, sehingga penderita asma bisa bernapas lebih ringan

  6. Menahan Lapar Lebih Lama
    Kandungan vitamin B lengkap atau kompleks dan vitamin B6 dalam beras merah mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga beras merah bagus untuk mereka yang sedang dalam program diet sehat. Dengan mengkonsumsi beras merah dipagi hari akan membuat perut Anda nyaman karena terhindar dari rasa lapar untuk beberapa jam lamanya, berbeda dengan nasi putih yang hanya menahan lapar untuk beberapa waktu saja.

Bagaimana para pembaca ? Begitu banyak manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh kita. Dengan rajin mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih bisa menjaga kesehatan kita seperti kesehatan tulang, kelancaran sistem pernapasan dan sistem pencernaan.