6 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor. Jika Anda mendengar daun kelor pastilah sebagian Anda langsung berpikir mengenai ukuran daun yang kecil. Oleh karena itu dalam peribahasa terdapat nasehat bahwa dunia tidak selebar daun kelor. Ini dimaksudkan bahwa dunia itu begitu sempit. Namun faktanya, hal itu berkebalikan dengan manfaat daun kelor. Meskipun ukuran daun kelor kecil, namun manfaat daun kelor sangat besar untuk obat herbal yang sangat bagus bagi tubuh.
Manfaat Daun Kelor
(c) wikipedia
Lalu khasiat apa saja yang terkandung dalam daun kelor ? Daun kelor memiliki khasiat untuk mengobati sakit kuning, rematik, rabun ayam, sakit mata, cacingan, alergi bahkan sampai luka bernanah. Pada paparan kali ini akan kita sampaikan cara pemakaian daun kelor untuk mengobati beberapa penyakit diatas. Selain itu daun kelor memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lipat lebih besar dibandingkan vitamin C pada buah jeruk serta memiliki kandungan vitamin A lebih besar empat kali lipat dibandingkan dengan kandungan vitamin A yang ada pada wortel

Kegunaan daun kelor bagi masyarakat Indonesia adalah sebagai obat herbal, daun kelor bisa ditemui bebas di semak-semak rimbun. Dari daun kelor yang berukuran sangat kecil, ternyata fungsi daun kelor sangatlah besar. Bahkan dalam dunia tradisional medis daun kelor digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut adalah cara pemakaian dan manfaat daun kelor untuk mengobati beberapa penyakit.


Manfaat Daun Kelor


  1. Sebagai Obat Sakit Kuning
    Manfaat daun kelor untuk mengobati sakit kuning yaitu dengan membuat ramuan daun kelor. Ambil 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu, 1 gelas air kelapa hijau. Kemudian daun kelor ditumbuk halus. Dan tambahkan air kelapa hijau. Kemudian saring ramuan tersebut. Tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk sampai merata. Untuk mengobati sakit kuning, Anda dianjurkan minum ramuan tersebut secara rutin satu hari satu kali sampai Anda benar-benar sembuh.

  2. Mengobati Rematik
    Untuk mengobati penyakit rematik gunakanlah 2-3 gagang dari daun kelor, ditambah setengah sendok kapur sirih. Selanjutnya anda ditumbuk bahan-bahan tersebut hingga halus. Ramuan daun kelor yang sudah ditumbuk tersebut dibalurkan pada bagian yang terasa nyeri. Daun kelor juga bisa mnegobati nyeri badan dan pegal linu, cara mengatasinya pun sama seperti ramuan untuk mengobati rematik.

  3. Mengatasi Rabun Ayam
    Jika sebagian dari Anda yang memiliki gangguan penglihatan seperti rabun ayam, Anda bisa menggunakan daun kelor. Daun kelor memiliki banyak khasiat termasuk mengobati gangguan pada mata. Cara membuat ramuan herbal dari daun kelor untuk mengobati gangguan mata rabun ayam adalah ambil 3 gagang daun kelor kemudian daun kelor tersebut ditumbuk hingga halus. Seduh ramuan daun kelor dengan air matang dan kemudian disaring. Tambahkan madu sebagai pemanis ramuan dan aduk hingga merata. Minumlah secara rutin sebelum Anda tidur malam.

  4. Menghilangkan Sakit Mata
    Apabila mata Anda terkena debu atau terasa ada gangguan akibat terkena kotoran, Anda tidak perlu khawatir. Cukup gunakan 3 gagang daun kelor dan kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air matang dan tunggu hingga ramuan daun kelor mengendap. Setelah itu ambil cairan daun kelor kemudian gunakan sebagai obat tetes matauntuk menghilangkan pedih dimata.

  5. Mengobati Cacingan
    Untuk mengobati cacingan Anda bisa menggunakan daun kelor sebagi obat herbal tanpa efek samping. Gunakan 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai dan 1 batang meniran. Semua bahan tersebut direbus dengan 2gelas air bersih dan tunggu hingga mendidih. Setelah dingin ramuan daun kelor disaring dan diminum rutin di pagi hari setelah sarapan.

  6. Mengobati Alergi
    Untuk Anda yang memiliki alergi bisa menggunakan daun kelor sebagai obat alami. Aambil 1-2 gagang daun kelor dan 1 siung bawang merah serta adas pulsari secukupnya. Cara pemakaian daun kelor untuk mengobati alergi adalah dengan merebus semua bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih dan kemudian di saring. Ramuan tersebut bisa diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai manfaat daun kelor untuk kesehatan yang tentunya bisa menjadi sebuah ilmu pengetahuan bagi anda yang membacanya. Semoga bermanfaat.