8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Temulawak. Temulawak adalah rempah-rempah asli Indonesia yang sangat berguna untuk tubuh. Manfat temulawak diantaranya untuk mengobati masuk angin. Biasanya temulawak dijadikan campuran dalam obat herbak, baik bubuk maupun cair.

Khasiat temulawak dalam mengobati penyakit dan mencegah beberapa penyakit cukup ampuh. Meskipun temulawak tumbuh dalam tanah, hal ini tidak mengurangi kadar khasiat dalam temulawak. Selain itu kegunaan temulawak juga bisa dijadikan sebagai apotek hidup yang bermanfaat sebagai obat herbal keluarga Anda.
Manfaat Temulawak
Foto: spirit.web.id
Temulawak mengandung beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein, serat kasar dan mineral. Untuk itu dalam informasi kali ini kita sampaikan beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan Anda, berikut paparan lengkapnya dan cara pemakaiannya.


Manfaat Temulawak


  1. Manfaat temulawak sebagai obat limfa
    Kegunaan temulawak untuk mengobati limfa adalah sebagai berikut. Sediakan 2 rimpang temulawak dan setengah rimpang lengkuas dan 1 genggam daun meniran. Setelah itu temulawak dan lengkuas diparut halus, kemudian semua bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendiidh. Saring ramuan herbal tradisional tersebut dan minum 1 kali sehari dengan porsi 1 cangkir.

  2. Manfaat temulawak mengatasi sakit ginjal
    Untuk mengobati sakit ginjal diperlukan 2 rimpang temulawak segar, sekitar satu genggam daun kumis kucing dan 1 genggam daun kacabeling. Cara pembuatan obat herbal adalah temulawak diiris tipis-tipis, kemudian direbus dengan rempah-rempah lainn dengan tambahan 1 liter air bersih. Setelah itu saring ramuan temulawak dan diminum 3 kali sehari.

  3. Manfaat temulawak sebagai obat sakit pinggang
    Khasiat temulawak untuk mengobati sakit pinggang terbukti sangat manjur. Untuk membuat ramuan temulawak, Anda harus menyiapkan 1 rimpang temulawak. Satu rimpang kunyit yang besarnya sama seperti ibu jari, dan 1 genggam daun kumis kucing. Setelah itu semua bahan direbus dengan 1 liter air. Kemudian saring ramuan temulawak dan minum satu hari sekali dengan porsi 1 gelas sekali minum.

  4. Manfaat temulawak untuk mengatasi sakit Asma
    Kegunaan temulawak diantaranya adalah untuk mengobati penyakit asma. Sediakan 1,5 rimpang temulawak dan satu potong gula aren. Cara pembuatan obat herbal untuk aasma adalah iris tipis-tipis temulawak dan dikeringkan. Setelah kering temulawak direbus dengan 5 gelas air bersih. Tambahkan 1 potong gula aren sebagai pemanis. Rebus temulawak sampai mendidih dan hingga tersisa 3 gelas air. Saring ramuan temulawak untuk kemudian diminum selagi hangat.

  5. Manfaat temulawak untuk mengobati masuk angin
    Untuk mengobati masuk angin, Anda membutuhkan beberapa rimpang temulawak. Setelah itu iris temulawak tipis-tipis, kemudian dikeringkan dan tumuk temulawak hingga halus dan menjadi tepung. Setelah itu seduh dengan air panas dan jamu temulawak siap diminum. Selain itu cara lain untuk membuat ramuan temulawak adalah dengan merebus 2 genggam temulawak dan tunggu sampai endidih. Setelah itu disaring dan obat herbal temulawak siap diminum. Selain mnegobati masuk angin, temulawak juga bisa mengobati sakit kepala.

  6. Manfaat temulawak sebagai obat  sakit maag
    Untuk mengobati maag Anda membuthkan 1 rimpang temulawak. Cara membuatnya adalah temulawak diiris tipi-tipis, kemudian temulawak diangin-anginkan sebentar. Setelah itu rebus temulawak hingga mendidih. Saring ramuan temulawak setelah kondisi hangat dan diminum satu hari sekali.

  7. Manfaat temulawak untuk  sakit perut saat haid
    Untuk Anda yang sering mengalami sakit perut saat menstruasi, Anda bisa menggunakan temulawak sebagai obat. Fungsi temulawak adalah meredakan sakit perut akibat haid. Siapkan 1 rimpang temulawak, 3 buah asam dan 1 potong gula aren. Parut temulawak hingga halus dan rebus bersama bahan lainnya dengan 3-4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas cairan temulawak. Untuk mengobati rasa sakit akibat haid, minum obat herbal tradisional 2 kali sehari pagi dan sore.

  8. Manfaat temulawak untuk menghilangkan bau amis saat haid
    Cara membuat ramuan temulawak untuk menghilangkan bau amis saat menstruasi adalah dengan menyiapkan 1 rimpang temulawak dan 5 buah asam dan 1 potong gula aren. Setelah itu temulawak diiris tipis-tipis dan temulawak diangin-anginkan sebentar. Semua bahan herbal tersebut dimasukkan kedalam sebuah tempat, tambahkan 2 gelas air panas pada tempat obat herbal tadi. Tutup selama 15 menit dan saring cairan temulawak untuk kemudian diminum 3 kali sehari. 

Mungkin itulah sedikit informasi mengenai manfaat temulawak sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh.