Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Bali. Jeruk bali dikenal orang sebagai jeruk yang memiliki ukuran besar dibanding dengan jenis jeruk lainnya seperti jeruk purut, jeruk nipis, jeruk lemon, dan jeruk limau. selain itu daging buah jeruk bali lebih banyak. Tidak heran jika banyak orang menyebut jeruk bali sebagai jeruk jumbo. Tidak hanya itu khasiat jeruk bali sebanding dengan ukurannya yang besar yaitu 10 kali lipat lebih besar dari jeruk biasa.
Manfaat Jeruk Bali
(c) pixabay
Jeruk bali memiliki komposisi air sangat banyak. Tidak heran salah satu kegunaan jeruk bali adalah untuk mengobati sariawan dan sangat cocok untuk melepas dahaga. Jeruk bali memiliki kadar vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang cukup memberikan asupan nutrisi ketubuh, ditambah dengan adanya asam folat, kaslium dan fosfor yang menambah jeruk bali lengkap dengan zat gizi penting. Berdasarkan kutipan dari gadis.co.id, berikut ini adalah manfaat jeruk bali bagi kesehatan yang bisa kami sajikan untuk anda.


Manfaat Jeruk Bali


  1. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Bagi Anda penderita kolesterol tinggi, bisa memanfaatkan jeruk bali sebagai alternatif pilihan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Setidaknya Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi daging jeruk bali minimal 200 gram setiap hari selama 1 bulan. Akan lebih baik lagi jika dalam mengkonsumsi jeruk bali Anda tambahkan jahe sebagai campuran sari jeruk bali atau bisa juga ditambahkan madu sebagai pemanis. Dengan melakukan kegiatan pengkonsumsian jeruk bali secara rutin diharapkan mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, karena jeruk bali memiliki zat antioksidan yang mencegah tumbuhnya penyakit dalam tubuh.

  2. Keseimbangan Elektrolit tubuh
    Manfaat jeruk bali lainnya adalah sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dalam jeruk bali terdapat vitamin A dan zat kalium yang mampu menyeimbankan elektrolit dalam tubuh sekaligus berguna untuk zat anti kanker dan juga baik untuk kesehatan prostat.

  3. Kesehatan Kulit
    Bagi para wanita bisa menggunakan jeruk bali sebagai alat perawatan kesehatan kulit mereka. Jeruk bali bisa diolah menjadi masker yang baik untuk kesehatan kulit, baik kulit perempuan maupun kulit laki-laki. Cara pembuatan masker jeruk bali adalah dengan menambahkan sari lemon dan telur putih pada sari jeruk bali. Kemudian aduk campuran tersebut hingga terbentuk busa, selanjutnya Anda bisa mengoleskan adonan tersebut kebagian kulit yang ingin Anda rawat. Tunggu hingga sekitar 20 menit kemudian, barulah bilas kulit Anda dengan air bersih. Dengan melakukan hal demikian, Anda sedang melakukan penundaan penuaan dini pada kulit Anda. Dalam hal ini, Anda bisa juga menggunakannya untuk merawat kulit wajah. Dalam pemakaiannya untuk wajah, campuran sari jeruk bali dan jeruk lemon serta putih telur bermanfaat untuk membersihkan noda pada wajah, sehingga wajah Anda lebihs segar dan bersih.

  4. Menghindari Kanker
    Kegunaan jeruk bali selanjutnya adalah mampu menghindarkan tubuh dari penyakit kanker akibat sel karsenogenik, zat antioksidan dan juga berbagai vitamin dalam jeruk bali mampu melindungi tubuh agar tidak terserang oleh sel kanker yang bisa mematikan.

Demikian adalah beberapa manfaat jeruk bali yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan juga mampu menjaga kesehatan kulit. Selain itu khasiat jeruk bali adalah mampu menjadi makanan sehat bagi penderita jantung dan orang yang memiliki tekanan darah rendah. Konsumsilah jeruk bali setidaknya seminggu sekali untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan menjaga sel tubuh Anda agar tidak terkena sel kanker.