10 Manfaat Bunga dan Daun Melati Bagi Kesehatan

Manfaat Bunga dan Daun Melati. Bunga melati adalah suatu bunga yang sering kita jumpai di pekarangan rumah dan di berbagai tempat di kawasan daerah tropis. Bunga yang harum dengan warna putih dan berbentuk mungil ini terlihat indah dan menarik. Maka tak jarang orang memanfaatkannya sebagai hiasan. Namun, selain sebagai hiasan, melati mempunyai beberapa manfaat lain yang jarang orang ketahui. Sebagaimana halnya jenis bunga lain seperti bunga mawar dan bunga pepaya yang berguna untuk kesehatan tubuh. Melati mengandung beberapa bahan senyawa kimia yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Manfaat Bunga dan Daun Melati
(c) pixabay
Beberapa khasiat bunga melati di bidang kesehatan yaitu mampu mengobati beberapa penyakit dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan. Maka, mengkonsusmsi ekstrak bunga melati sangat berguna bagi anda yang memiliki nafsu makan kurang. Tak hanya itu, bagi anda yang kurang merasa percaya diri dengan berat badan berlebih, mengkonsumsi teh melati sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan anda. Sebagaimana dikitip dari kompas.com, berikut adalah suatu referensi untuk anda tentang pemaparan beberapa manfaat bunga melati dan manfaat daun melati untuk kesehatan.


Manfaat Bunga Melati


  1. System seksualitas
    Teh dan minyak ekstrak bunga melati dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga obat herbal dari ekstrak melati direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dan mengobati infertilitas pada pria dan wanita.

  2. System saraf
    Melati sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala. Untuk masalah sistem saraf lain, bunga melati juga mampu memerangi depresi dan efek lain negative lain dari stress. Kemudian, dalam bentuk aromaterapi minyak kembang melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf pada tubuh, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang harus ditangani lebih serius.

  3. Penghilang racun
    Riset menunjukkan bahwa melati bisa menjadi salah satu alat alternative detoksifikasi yang digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan dan membersihkan racun di dalam tubuh.

  4. System produksi ASI
    Untuk ibu menyusui yang memproduksi ASI berlebih, bunga melati dapat menjadi salah satu alternative untuk menurunkan produksi ASI berlebih.

  5. Demam berdarah
    Daun melati yang diseduh mampu menurunkan suhu tubuh ketika demam jika meminumnya rutin selama kurang lebih 3 hari.

  6. Sakit mata
    Bunga melati juga berkhasiat untuk kesehatan mata, penyakit mata seperti mata merah karena iritasi, bisa diatasi dengan tumbukan daun melati yang ditempelkan pada dahi ketika mata sakit.

  7. Radang Usus dan Radang Ginjal
    Daun melati jenis poncosuda (melati gambir) yang direbus dan kemudian diminum rutin dapat menyembuhkan penyakit radang usus secara berkala.

  8. Sesak Napas
    Air seduhan dari proses merebus daun melati dapat menangani penderita sesak napas ketika kambuh. Cara memanfaatkannya yaitu dengan mengoleskan air rebusan tersebut di sekitar dada setiap pagi sebelum mandi.

  9. Bengkak akibat sengatan lebah
    Ekstrak daun melati dapat dileskan di bagian luka akibat sengatan lebah untuk menyembuhkan luka bengkak tersebut.

  10. Pilek dan Diare
    Meminum rutin air dari rebusan bunga melati yang dicampur the hijau, dapat menyembuhkan pilek dan diare yang menyerang kesehatan tubuh.

Demikian manfaat bunga melati untuk kesehatan yang dapat dilakukan sebagai proses pengobatan ramuan alami, namun hal yang paling penting adalah kemauan dan niat dari penderita penyakit untuk sembuh, sehingga dapat rutin mengkonsumsi ramuan alami bunga melati.