5 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Rosela. Bunga rosella yang berwarna merah pekat dengan bentuk bunga yang tertutup ternyata memiliki segudang manfaat bagi kehidupan kita. Jika pada artikel terdahulu sudah kami jelaskan tentang manfaat bunga mawar, manfaat bunga melati dan manfaat bunga pepaya, dalam informasi kali ini penulis memaparkan mengenai beberapa manfaat bunga rosella. Bunga dari tanaman ini memiliki variasi warna, ada rosella merah, rosella ungu, rosella kering, dan rosella hitam. Beberapa dekade terakhir ini banyak orang mulai mengetahui khasiat bunga rosella untuk mengobati beberapa penyakit.
Manfaat Bunga Rosella
(c) wikipedia
Kegunaan bunga rosella untuk mengobati hipertensi dilakukan dengan cara membuat teh bunga rosella, karena dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena terdapat beberapa nutrisi penting dalam bunga rosella seperti vitamin A, vitamin C, asam amino, kalsium dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk hal lain, bunga rosella biasa dibuat dalam bentuk jel bunga rosella ataupun sirup bunga rosella. Sebagaimana dikutip dari deherba.com, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat bunga rosella silahkan lanjut membaca pada penjelasan lengkap bunga rosella sebagai obat herbal berikut ini.


Manfaat Bunga Rosella


  1. Mengobati diabetes
    Bagi penderita diabetes melitus, bunga rosella adalah satu tanaman yang bisa dijadiakan sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Cara membuat obat herbal dari bunga rosella adalah dengan merebus bunga rosella kedalam air yang mendidih, kemudian disaring dan diminum selagi sari bunga rosella masih hangat. Dengan mengkonsumsi dari bunga rosella sekurang-kurangnya 2 kali sehari dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Anda tidak perlu menambahkan pemanis dalam membuat minuman bunga rosella.

  2. Mengatasi asam urat
    Manfaat bunga rosela yang kedua adalah untuk mengatasi asam urat yang biasa diderita oleh para lansia. Mengapa bunga rosella mampu mengobati asam urat ? Hal ini dikarenakan dalam satu tangkai bunga rosella mengandung protein, flavonoid dan kalisum yang membantu sendi untuk mengatasi asam urat jahat yang menimbulkan rasa sakit. Untuk itu bila Anda telah memiliki penyakt asam urat, masukkanlah bunga rosella kedalam daftar obat herbal untuk dikonsumsi, karena bunga rosella tidak memiliki efek samping terhadap kesehata ginjal dan hati Anda.

  3. Mengatasi sariawan
    Sehubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat dalam bunga rosella, hal inilah yang menjadikan bunga rosella bermanfaat untuk mengobati sariawan. Selain itu bunga rosella juga berfungsi untuk meredakan panas dalam. Sehingga akan sangat baik untuk Anda bila minum sari bunga rosella untuk mengatasi sariawan dan panas dalam.

  4. Sebagai obat diet herbal
    Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan ideal dengan aman, Anda bisa mencoba untuk mulai mengkonsumsi teh bunga rosella. Fungsi bunga rosella adalah mampu menyerap lemak dengan baik sehingga tidak ada penimbunan lemak dalam tubuh Anda, selain itu teh bunga rosella bagus untuk pencernaan Anda, karena tidak merusak dan tidak menyebabkan efek samping. Anda boleh mencobanya dengan mengkonsumsi bunag rosella satu hari satu kali untuk mendapatkan tubuh langsing ideal.

  5. Mencegah kanker
    Bunga rosella adalah salah satu bunga yang kaya dengan kadar antioksidan didalamnya. Hal inilah yang menjadikan bunga rosella mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Akan sangat baik bila Anda mulai mencoba untuk mengkonsumsi teh bunga rosella, terlebih bunga rosella bisa tumbuh dimana saja, seperti pada pekarangan rumah Anda.

Demikian adalah beberapa manfaat bunga rosella bagi kesehatan dan pencegahan beberapa penyakit yang bisa menjadi referensi baru untuk Anda yang sedang mencari alternatif obat herbal. Zat-zat penting seperti protein dan asam amino yang terdapat pada bunga rosella juga mampu meremajakan sel kulit dan tubuh agar mampu melakukan aktivitas dengan normal.