6 Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Turi. Bunga kembang turi atau Sesbania Grandiflora merupakan jenis bunga yang tergolong kedalam keluarga papilionaceae. Jenis bunga ini sering kali dijadikan sebagai tanaman hias yang sering dijumpai dipekarangan rumah penduduk. Salah satu kegunaan bunga turi adalah sebagai hiasan rumah, manfaat bunga turi juga bisa digunakan sebagai obat tradisional yang mampu mengyembuhakan berbagai penyakit, dan kegunaan bunga turi untuk kesehatan juga tak kalah dengan bunga kenanga, bunga rosella,  bunga melati, bunga kamboja, bunga pepaya, bunga mawar, maupun bunga sepatu yang sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Bunga turi mengandung berbagai senyawa. Pada daun misalnya, daun bunga ini mengadung senyawa saponin dan tanin. Selain dua senyawa tersebut, daun bunga turi juga mengandung senyawa glikoside dan peroksidase serta mengandung vitamin A dan Vitamin B yang berkhasiat untuk mencairkan gumpalan darah. Khasiat bunga turi tidak hanya mencairkan gumpalan darah, daun bunga turi yang memiliki berbagai kandungan senyawa juga berfungsi dalam menghilangkan rasa sakit dan juga berfungsi sebagai peluruh kencing atau diuterik.
Manfaat Bunga Turi
(c) pixabay
Pada kulit batang bunga turi terkandung tanin dan egatin serta kandungan senyawa lain yang berkhasiat sebagai obat penghilang rasa sakit atau analgenik. Manfaat batang bunga turi yang lain yaitu dapat digunakan sebagai obat penurun panas atau anti piretik serta digunakan sebagai obat pencahar, obat perangsang muntah, dan digunakan sebagai tonik. Sementara bunga kembang turi sendiri memiliki kandungan kalsium, zat besi dan zat gula serta vitamin A dan vitamin B yang berfungsi sebagai pelembut kulit dan obat pencahar. Sebagaimana kami kutip dari merdeka.com, dibawah ini merupakan beberapa penjelasan tentang manfaat bunga turi bagi kesehatan.


Manfaat Bunga Turi


  1. Mengobati sariawan
    Bunga turi dapat digunakan sebagai obat sariawan. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara meremas-remas kulit batang bunga turi yang sudah dicuci bersih kedalam air. Lalu gunakan air remasa batang bunga turi tersebut untuk berkumur. Manfaat ini juga dapat diperoleh dengan cara meminum air rebusan kulit batang dari bunga turi.

  2. Obat sakit tenggorokan
    Selain digunakan sebagai obat sariawan, manfaat lain dari bunga turi yaitu dapat digunakan sebagai pereda sakit tenggorokan. Dengan cara berkumur menggunakan segenggam remasan daun turi yang sudah diremas-remas dalam air matang. Berkumurlah dengan air remasan daun turi sampai ke tenggorokan agar sakit tenggorokan yang diderita segera mereda.

  3. Meredakan radang tenggorokan
    Untuk meredakan radang tenggorokan dengan menggunakan bunga turi dapat dilakukan dengan cara berkumur menggunakan air rebusan dari daun turi merah. Langkah-langkah yang harus ditempuh yaitu merebus segenggam daun bunga turi merah dalam air sampai mendidih. Setelah mendidih, biarkan hingga mendingin lalu saring dan minum sebanyak empat kali dalam satu harinya.

  4. Mengobati disentri
    Bunga turi juga bermanfaat untuk mengobati disentri. Caranya yaitu dengan merebus kulit batang bunga turi (bunga yang berwana merah) dalam dua gelas air hingga mendidih da tersisa setengahnya. Setelah air rebusan tersebut mendingin, saring dan minum ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari.

  5. Mengatasi kuku yang bengkak
    Apabila Anda tersandung, jatuh, atau terpukul dan membuat kuku jari Anda bengkak, Anda dapat menggunakan bunga turi sebagai obatnya. Caranya yaitu tumbuklah daun bunga turi yang sudah dicuci bersih. Kemudian letakkan tubukan daun bunga turi trsebut diatas dan disekitat bagian kuku yang sakit dan balutlah. Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali dalam satu hari. Cara ini akan membuat darah beku yang ada dibawah kuku menghilang dan membuat rasa nyeri berkurang.

  6. Mengobati keputihan
    Para perempuan seringkali mengalami keputihan. Bunga turi juga dapat digunakan sebagai obat yaitu dengan cara menggiling segenggam daun turi yang berwarna putih beserta kunyit yang berukuran sebesar ibu jari. Kemudian tambahkan 3/4 air matang kedalam tubukan tersebut. Aduk hingga rata lalu saring dan minum ramuan tersebut sebanyak dua kali seharinya. 

Demikian adalah beberapa manfaat bunga turi. Tidak hanya berfungsi sebagi tanaman hias, bunga ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi sebaiknya Anda menanam bunga ini agar mendapat manfaatnya yang begitu banyak.