6 Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Cabai Merah. Terdapat banyak sekali jenis cabai yang mungkin sudah kita ketahui bersama, seperti cabai hijau, cabai merah, cabai rawit, dan cabai paprika. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi seputar khasiat cabai merah. Cabai merah adalah buah yang sangat sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memasak, terutama bagi masyarakat yang memiliki ciri khas makanan pedas seperti orang Padang dan Jawa.
Manfaat Cabai Merah
(c) pixabay
Mungkin orang lebih mengetahui mengenai kegunaan cabai merah daripada manfaatnya, padahal perlu kita ketahui bahwa Beberapa kandungan penting dalam cabai merah adalah kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A, vitamin C, damar, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, dan mengandung mineral, seperti zat besi, kalsium, dan niasin. Berikut adalah beberapa manfaat cabe merah dari sumber manfaatnyasehat.com, yang bisa menjadi referensi pengetahuan Anda.


Manfaat Cabai Merah


  1. Mengobati rematik
    Penyakit rematik yang menyerang sendi manusia ternyata bisa disembuhkan oleh cabai merah. Cara membuat ramuan cabai merah sebagai obat rematik adalah dengan merebus cabai merah sejumlah 10 buah dan direbus dengan air bersih sekitar setengah gelas. Setelah air rebusan hangat, balurkan pada bagian yang terasa sakit akibat rematik. Dengan rasa pedas tersebut kandungan sejenis zat besi da kalium mampu mengobati penderita rematik.

  2. Mengobati bisul
    Bisul adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan sering menimpa mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Terkadang bisul sangat menggannggu bila letaknya dibagian tertentu, misal pada pantat, pada wajah dan pada kaki. Untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan oleh bisul Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan cabai merah. Caranya adalah ambil beberapa helai daun cabai merah kemudian diberi minyak sayur, setelah itu panaskan diatas apa hingga dau layu. Beru setelah itu tempelkan daun cabai layu tersebut pada bagian yang terdapat bisul.

  3. Mencegah stroke
    Manfaat cabai merah selanjutnya adalah untuk mencegah stroke. Penyakit pembunuh ketiga di Indonesia ini mampu dicegah dengan konsumsi cabai merah. Cabai merah bermanfaat untuk memperkecil resiko terjadinya stroke, dapat memperlancar penyumbatan darah, mencegah impotensi dan bahkan mencegah penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi cabai merah hal ini akan memperlancar darah dalam tubuh sehingga kerak lemak pada tubuh tidak mampu menyumbat aliran darah. Dengan demikian stroke pun bisa dicegah, bahkan cabai merah dapat mengurangi penggumpalan darah. Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi cabai merah karena berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Makanlah secukupnya saja.

  4. Mengatasi katarak
    Ternyata cabai merah berfungsi untuk mengobati penyakit katarak. Hal ini dikarenakan dalam cabai merah terdapat kandungan vitamin C yang bersifat menyembuhkan penyakit katarak pada mata.

  5. Mengobati sariawan
    Sehubungan dengan kandungan vitamin C pada cabai merah hal ini pula yang menjadikan fungsi cabai merah untuk mengobati sariawan pada mulut. Bila Anda mengalami sariawan, Anda bisa menggunakan cabai merah untuk menyembuhkan sariawan.

  6. Menambah nafsu makan
    Kegunaan cabai merah untuk kesehatan juga berguna sebagai stimulan yang mampu membuat nafsu makan seseorang bertambah. Apabila Anda merasakan pedas saat mengkonsumsi makanan atau hidangan, pasti Anda lebih memilih untuk melanjutkan makan daripada berhenti. Ini terjadi karena cabai merah memiliki sifat stimulan.

Demikian adalah beberapa manfaat cabai merah untuk kesehatan, mengkonsumsi cabai merah yang cukup membantu tubuh Anda menghasilkan produksi kalium dan fosfor yang berguna untuk pertumbuhan tulang.