8 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan

Manfaat Cabai Rawit. Cabai merupakan penyedap rasa yang paling sering digunakan dalam masakan Indonesia. Bumbu yang mempunyai rasa pedas ini memiliki jenis yang cukup banyak, dari berbagai jenis cabe tersebut, cabai rawitlah yang memiliki rasa paling pedas dan dapat mengalahkan cabai merah. Oleh sebab itu, cabai rawit dijuluki sebagai rajanya rempah-rempah dan bahkan khasiat cabai rawit untuk tubuh sangat banyak.
Manfaat Cabai Rawit
(c) pixabay
Kandungan zat capsaicin dalam cabai rawit menimbulkan rasa pedas, selain menimbulkan rasa pedas, zat ini juga berfungsi sebagai anti iflamasi, anti alergi, anti jamur, dan anti iritasi. Dalam cabai rawit juga terkandung beberapa mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta Mangan dan Kalium. Dari berbagai zat tersebut, tidak diragukan lagi, kegunaan cabai rawit yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Sebagaimana di kutip dari carakhasiatmanfaat.com, dibawah ini merupakan manfaat cabe rawit.


Manfaat Cabai Rawit


  1. Mempercepat metabolisme tubuh
    Bagi para penggemar cabai, khususnya penggemar cabai rawit patut untuk berbahagia karena cabai rawit dapat mempercepat metabolisme tubuh. Cepatnya proses metabolisme dalam tubuh membuat cabai rawit tergolong kedalam makanan yang mampu membantu dalam menurunkan berat badan.

  2. Menjaga kesehatan jantung
    Cabai rawit mampu menjaga kesehatan jantung anda dari serangan jantung yang mematikan. Karena cabe rawit memiliki karakter sebagai pembuka alteri jantung kita.

  3. Membantu pertumbuhan rambut
    Kebotakan rambut merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami. Rambut rontok disebabkan oleh penurunan sirkulasi darah. Masalah ini dapat diatasi dengan cara mengoleskan cabai rawit pada permukaan kulit kepala Anda. Cara ini mungkin akan menyebabkan iritasi, namun cara ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang menimbulkan pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

  4. Mengatasi rasa nyeri
    Orang yang menderita sakit kepala dapat mengkonsumsi cabai rawit untuk mengurangi rasa nyeri. Selain mengurangi nyeri sakit kepala, cabai rawit berkhasiat meringankan nyeri akibat sakit gigi dan sakit gusi. Cabai rawit juga mampu mengurangi nyeri bagi orang yang menderita gejala sinusitis.

  5. Menurunkan berat badan
    Cabai rawit mampu dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenan oleh adanya zat capsaicin atau zat yang menibulkan rasa pedas. zat ini akan membakar lemak pada tubuh kita degan cara mengeluarkan lemak melalui keringat. Orang yang sedang dalam masa diet, dapat mengkonsumsi cabai rawit untuk membatasi makan saat diet karena cabai rawit mempunyai fungsi sebagai penurun nafsu makan.

  6. Menurunkan sakit tenggorokan
    Bagi orang yang mengalami sakit tenggorokan, cabai rawit dapat digunakan sebagai penurun rasa sakit. Caranya yaitu dengan mencampurkan air dengan cabai rawit lalu gunakan untuk berkumur.

  7. Mencegah timbulnya tekanan darah tinggi
    Selain menurunkan berat badan, zat capsaicin yang menimbulkan rasa pedas pada cabai rawit juga dapat melacarkan peredaran darah dalam tubuh. Zat ini dapat melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah dalam tubuh.

  8. Menyembuhkan infeksi
    Cabai rawit dapat diandalkan untuk mengobati infeksi-infeksi pada tubuh. Karena cabai rawit memiliki fungsi sebagai obat anti jamur.

Demikian beberapa manfaat cabai rawit. Meskipun memiliki beberapa khasiat yang sangat baik, cabai rawit juga memiliki beberapa efek yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya dapat menimbulkan diare dan panas pada Anus serta memperparah kondisi lambung bagi penderita maag kronis. Jadi sebaiknya konsumsilah cabai rawit secukupnya agar manfaat cabai rawit yang terkandung di dalamnya bisa di serap oleh tubuh anda secara berimbang.