9 Manfaat Bunga Kembang Sepatu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga Kembang Sepatu. Bunga kembang sepatu atau hibiscus merupakan jenis bunga yang paling sering dijumpai didaerah tropis seperti Indonesia. Manfaat bunga sepatu untuk kesehatan sudah banyak orang mengetahuinya, sehingga sering dijadikan obat tradisional, dan salah satu kegunaan lain dari bunga sepatu yaitu sebagai dekorasi. Jenis bunga yang satu ini belum dapat dipastikan dari mana asalnya, tidak seperti jenis bunga lainnya sebagaimana bunga kamboja, bunga pepaya, bunga mawar, bunga rosella, bunga melati dan bunga kenanga yang sudah diketahui asal mula habitatnya.
Manfaat Bunga Kembang Sepatu
(c) pixabay
Bunga sepatu memiliki warna merah muda, merah tua, kuning, pink dan ada juga yang berwarna putih, tergantung jenisnya. Khasiat bunga sepatu untuk tubuh adalah sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit, misalnya saja gondongan akibat kekurangan vitamin D. Selain itu, di beberapa Negara seperti India, bunga sepatu dijadikan sebuah alat untuk menyemir sepatu dan bahkan sering pula dijadikan kembang persembahan, beda halnya dengan di China, yang memanfaatkan bunga kembang sepatu ini untuk pewarna pada makanan. Untuk lebih jelasnya seputar manfaat kembang sepatu, seperti penjelasan yang diperoleh dari blodsky.com, berikut merupakan manfaat bunga sepatu.


Manfaat Bunga Kembang Sepatu


  1. Sebagai obat gondongan
    Bunga sepatu mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang pertama yaitu sebagai obat gondongan. Bunga kembang sepatu dapat digunakan sebagai obat gondongan yaitu dengan cara merebus 30 gram kembang sepatu yang masih segar dan telah dicuci bersih. Lalu, kembang sepatu tersebut direbus dalam 400ml air hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya. Kemudian, saring air tersebut dan minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam satu harinya dengan porsi yang sama.

  2. Mengatasi keputihan
    Manfaat yang kedua dari bunga kembang sepatu yaitu sebagai obat keputihan. Caranya yaitu dengan merebus 15 gram bunga kembang sepatu setelah dicuci bersih. Tambahkan juga jengger ayam sebanyak 15 gram dan juga kulit buah delima segar sebanyak 30 gram. Kemudian rebus ramuan tersebut dalam 500ml air sampai mendidih dan volumenya berkurang menjadi 200ml. Lalu saring ramuan air tesebut dan minum sebanyak dua kali dalam satu hari dengan takaran yang sama.

  3. Melancarkan haid
    Manfaat yang ketiga dari bunga kembang sepatu yaitu sebagai obat pelancar haid. Manfaat ini dapat diberoleh dengan cara mencuci 3 kuntum kembang sepatu. Lalu giling kembang tersebut hingga lumat. Kemudian tambahkan 150ml air matang serta cuka beras putih secukupnya dan aduk hingga rata. Saring ramuan tersebut, dan minumlah sebanyak tiga kali dalam sehari sebanyak 100ml.

  4. Mengobati sariawan
    Bunga kembang sepatu juga dapat digunakan sebagai obat sariawan. Caranya yaitu dengan menyeduh 30 gram kembang sepatu dengan air panas sebanyak 100ml selama 15 mnit. Setelah dingin, saring air seduhan tersebut dan minum sebanyak tiga kali dalam satu harinya dengan takaran yang sama.

  5. Obat batuk berlendir dan berdarah
    Manfaat keempat dari bunga kembang sepatu yaitu sebagai obat batuk berlendir dan berdarah. Manfaat ini dapat dipeoleh dengan cara menyeduh 2 kuntum kembang sepatu yang sudah dicuci bersih dan diremas-remas kedalam air panas sebanyak 400ml selama satu malam. Kemudian saring ramuan tersebut pada keesokan harinya dan minumlah sebelum makan pagi.

  6. Mengobati radang saluran pernapasan
    Bunga kembang sepatu juga dapat digunakan sebagai obat radang saluran pernafasan. Caranya dengan mencampurkan dua kuntum kembang sepatu yang sudah digiling sampai lumat dalam 100ml air putih matang. Kemudian tambahkan garam dapur secukupnya. Lalu aduh hingga rata dan peras untuk diambil airnya. Setelah itu minumlah air tesebut sebayak 2 kali dalam satu harinya dengan takaran yang sama.

  7. Menyembuhkan demam malaria
    Tidak hanya itu saja, bunga kembang sepatu juga berkhasiat dalam mengobati demam malaria. Caranya yaitu dengan merebus 50 gram daun bunga sepatu, setengah gram daun papaya, serta 10 gram garam inggris kedalam 500ml air hingga mendidih. Kemudian saring ramuan tersebut dan minum dalam keadaan yang masih hangat.

  8. Mengeluarkan racun
    Dalam bunga kembang sepatu terdapat berbagai macam zat yang bik bagi tubuh. Salah satunya zat antioksidan yang berguna untuk membersihkan racun-racun pada tubuh. Selain itu, zat antioksidan ini juga berfungsi sebagai pelawan penyakit kanker dan penurun kolesterol jahat pada tubuh.

  9. Menjaga kesehatan kulit
    Bunga kembang sepatu juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan bunga ini memiliki minyak yang dapat mengangkat sel kulit yang mati serta terdapat zat anti inflamasi. Zat ini bermanfaat untuk mengobati jerawat pada wajah serta menghindarkan wajah dari penuaan dini. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara menggosokkan kelopak kembang sepatu pada wajah Anda.

Demikian adalah beberapa manfaat bunga kembang sepatu. Tidak hanya digunakan sebagai bahan dekorasi yang cantik, bunga ini memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Anda tidak perlu ragu jika ingin mengkonsumsi bunga ini agar mendapat berbagai manfaat dari bunga ini.