Manfaat Bunga Anggrek Untuk Kehidupan Manusia

Manfaat Bunga Anggrek. Bunga anggrek atau orchidaceace merupakan salah salah satu tumbuhan berbunga. Tumbuhan ini biasanya hidup didaerah-daerah tropis. Dari sekian banyak tumbuhan berbunga, bunga anggrek memiliki jenis yang paling banyak. Bunga ini juga terkenal akan keindahan warnanya yang beragam. Tidak hanya memiliki warna yang indah dan beragam, manfaat bunga anggrek cukup banyak sekali untuk kehidupan kita, dan kegunaan bunga anggrek di Indonesia lebih pada bunga hiasan.
Manfaat Bunga Anggrek
(c) pixabay
Keindahan yang dimiliki oleh bunga anggrek sungguh menawan, seperti halnya bunga kamboja, bunga turi, bunga rosella, bunga kenanga, bunga melati, bunga sepatu, bunga mawar dan bunga pepaya yang memiliki bermacam-macam warna yang indah saat di pandang. Banyak nutrisi yang terdapat dalam bunga anggrek yang mampu memenuhi asupan gizi dalam tubuh. Seperti dikutip dari pai.or.id, berikut kami sajikan beberapa manfaat bunga anggrek untuk kesehatan yang bisa jadi referensi Anda dalam alternatif obat herbal.


Manfaat Bunga Anggrek


  1. Sebagai tanaman hias
    Bunga anggrek popular akan keindahan warnanya. Oleh sebab itu banyak orang yang memanfaatkan bunga ini sebagai salah satu tanaman hias cantik dirumahnya. Bunga anggrek memiliki banyak jenis yang tidak terbatas. Di Indonesia, bunga angrrek biasanya dijual sebagai tamanan yang diletakkan pada pot atau dijual sebagai bunga potongan. Negara Indonesia terkenal kaya akan jenis anggrek yang ada. Bunga anggrek empifit misalnya. Bunga anggrek jenis ini sangat banyak dijumpai dihutan-hutan yang ada di sumatera dan papua. Jenis yang lain dari bunga anggrek yang juga terkenal yaitu bunga anggrek bulan. Jenis anggrek yang satu ini juga merupakan lambang bunga pesona dari Negara Indonesia. Selain Negara Indonesia, bunga anggrek juga ditetapkan menjadi bunga nasional bagi Negara lain seperti Singapura dan Thailand.

  2. Untuk pengharum
    Banyak orang yang sering kali menggunakan bunga anggrek sebagai symbol rasa cinta atau kemewahan, serta rasa indah yang dirasakan berabad-abad lamanya. Sementara itu bangsa Yunani menganggap bunga anggrek sebagai symbol suatu kejantan. Lain halnya dengan bangsa Tiongkok. Dahulu kala, bangsa tiongkok percaya bahwa bunga anggrek merupakan tanaman berbunga yang dapat mengeluarkan aroma harum. Aroma harum ini dipercaya oleh bangsa tiongkok pada zaman itu sebagai harum yang keluar dari tubuh kaisar tiongkok. Bukan hanya bangsa Tiongkok yang mempercayai akan aroma harum dari bunga anggrek. Orang-orang pada masa tertentu juga mengolah bunga anggrek ini digunakan menjadi bahan ramuan yang dimana dipercaya menjadi ramuan-ramuan cinta. Tak hanya itu saja, apabila seseorang tidur dan dalam mimpinya muncul bunga anggrek, orang-orang mempercainya sebagai simbol kebutuhan akan kelembutan yang sangat dalam, simbol keromantisan serta simbol suatu hungan yang penuh akan kesetiaan.

  3. Tanaman atau obat herbal
    Pada masa lampau, bunga anggrek juga dikategorikan kedalam jenis tumbuhan yang memegang peran penting dalam pengembangan teknik pengobatan penyakit dengan bahan tumbuhan. Bunga anggrek sendiri telah banyak digunakan dalam mengobati berbagai macam penyakit. Sejak tahun 2800 sebelum masehi, para tabib dari china sudah menggunakan jenis bunga ini sebagai obat. Dari sekian banyak jenis dari bunga anggrek, jenis gastrodia elata yang tergolong kedalam jenis anggrek dari keluarga gastrodia merupakan jenis bunga anggrek yang pertama kali digunakan oleh tabib-tabib china. Jenis pengobatan menggunakan bunga anggrek oleh para tabib-tabib china tersebut dikenal dengan nama pengobatan shennon bencaojing.

  4. Sebagai bahan makanan
    Anggota suku anggrek, vanili yang memiliki nama latin vanilla planifolia, merupakan salah satu dari suku bunga anggrek yang dapat digunakan sebagai bahan makanan. Daging buah dari vanili biasanya digunakan sebagai bahan penyedap rasa pada kue. Tidak hanya itu saja vanili juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat parfum ataupun bahan pembuat aroma terapi. Selain vanili, bagian lain dari bunga anggrek yang dapat digunakan sebagai bahan makanan yaitu bagian umbi bawah dari jenis anggrek terrestrial orchis mascula. Biasanya bagian tersebut digunakan sebagai bumbu campuran dalam masakan. Lebih dari dua macam bagin dari anggrek yang sudah tersebut diatas, bagian lain seperti daun juga dapat digunakan sebagai bahan makanan yaitu digunakan sebagai perasa atau rum pada minuman-minuman yang ada dipulau Reunion. Spesies lain dari jenis bunga anggrek yang dapat digunakan sebagai bahan makanan yaitu anggrek dari spesies saprophytic merupakan kelompok dari anggrek Grastrodia. Spesies anggrek ini biasa dikonsumsi oleh orang-orang asli dari benua Australia. 

Demikian merupakan beberapa manfaat dari bunga anggrek. Selain memiliki warna indah dan aroma yang harum, tumbuhan berbunga ini memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan manusia. Semoga artikel pembahasan mengenai khasiat bunga anggrek ini bermanfaat untuk kita semua.