Manfaat Bunga Asoka Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Asoka. Bunga asoka yang berasal dari tanah India memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Bunga yang berwarna merah dengan tambahan warna kuning cerah mengandung beberapa zat penting sehingga memberikan banyak khasiat untuk manusia. Satu contoh manfaat bunga asoka adalah dalam hal mengobati penyakit wasir.
Manfaat Bunga Asoka
(c) wikipedia
Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan pada paragraph dibawah ini. Selain mengetahui mengenai beberapa kandungan penting dalam bunga asoka seperti zat besi, zat tanin, zat organik hingga zat hematoksilin yang bermanfaat sebagai penetral racun dalam tubuh.

Baca Juga : 

Nutrisi penting tersebutlah yang membuat bunga asoka banyak digunakan sebagai obat. Kegunaan bunga asoka sebagai obat herbal memang belum banyak diketahui, untuk itu penulis menjelaskan beberapa kegunaan bunga asoka untuk obat herbal. Berdasar kutipan dari khasiat.net, banyak manfaat bunga asoka untuk mengobati penyakit mulai dari penyakit kram hingga penyakit disentri, berikut adalah beberapa manfaat bunga asoka bagi kesehatan yang bias menjadi referensi bagi Anda dan semoga bermanfaat.


Manfaat Bunga Asoka


  1. Mengobati wasir
    Untuk mengobati penyakit wasir, Anda bias menggunakan bunga soka sebagai salah satu alternative obat herbal, cara menggunakan bunga asoka sebagai obat adalah dengan menumuk halus bunga asoka yang masih segar dan dicuci hingga bersih. Setelah itu tumbuk hingga bunga asoka sampai halus dan rebus dalam air mendidih dnegan takaran air cukup satu setengah gelas. Setelah itu saring rebusan bunga asoka dan minumlah selagi hangat. Cara ini dirasa cukup efektif untuk mengobati wasir dan juga disentri.

  2. Mengobati luka memar
    Bagi Anda yang baru saja jatuh atau mengalami kecelakan kecil bias menggunakan bunga asoka sebagai obat luka memar. Cara mengobati luka memar dengan bunga asoka adalah dengan menyiapkan bunga asoka beserta dengan daunnya ditambah dengan umbi daun dewa dan bunga mawar yang telah kering. Setelah itu cuci semua bahan-bahan herbal kemudian rebus dengan air sebanyak 600 cc hingga air yang tersisa menjadi setengahnya. Kemudian saring rebusan bunga asoka dan bias diminum dua kali sehari setelah Anda selesai makan.

  3. Mengatasi haid tidak teratur
    Bagi banyak perempuan mengalami hadi tidak teratur memang menjadi masalah tersendiri, banyak persepsi yang muncul sehingga membuat kaum perempuan takut dan merasa terbebani jika haid mereka tidak lancer. Untuk Anda yang ingin menormalkan kembali masa haid Anda, cobalah untuk membuat ramuan herbal dari bunga asoka yang dirasa cukup baik untuk melancarkan menstruasi. Cara membuat obat herbal untuk mengatasi menstruasi tidak teratur adalah dengan merebus bunga asoka dan bunga mawar kemudian Anda minum air rebusan tersebut setidaknya 2 hari sekali sampai menstruasi kembali normal dan tidak terhambat.

  4. Menghilangkan kram di betis
    Untuk Anda yang sering mengalami kram pada betis dan hal ini cukup mengganggu rutinitas Anda, Anda bias mencoba membuat obat dari bunga asoka untuk mengatasi hal ini. Caranya cukup mudah, Anda hanya diharuskan merebus bunga asoka dan ditambah dengan daun sembung serta kuntum bunga mawar segar kemudian dicuci bersih. Setelah direbus, minumlah rebusan tersebut dua kali sehari setelah Anda makan. Biasanya yang sering menggunakan obatherbal dari bunga asoka adalah kaum perempuan yang cenderung lebih memiliki waktu untuk membuat obat-obat herbal tersebut.

Demikian adalah beberapa manfaar bunga asoka yang sangat berguna bagi kesehatan. Bunga asoka cukup mudah hidup di datara Indonesia terutama dataran rendah, sehingga Anda bias menanam bunga asoka sebagai apotek hidup dipekarangan rumah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan keluarga Anda. Terlebih dengan nutrisi penting dalam bunga asoka yang bias mentrealkan racun dalam tubuh dan menyeimbangkan tekanan darah.