Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jamur Kuping. Selama ini banyak orang yang enggan mengkonsumsi jamur sebagai asupan gizi mereka, karena banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu seberapa besar manfaat jamur untuk kesehatan, selain itu banyak orang yang masih takut makan jamur karena belum bisa membedakan secara detail mana yang beracun dan yang tidak beracun, sehingga jika salah, dan yang beracun kita konsumsi akan berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Salah satu jamur yang bermanfaat untuk manusia adalah jamur kuping. Kegunaan jamur kuping di Indonesia biasa digunakan sebagai campuran olahan sup ataupun masakan oseng.
Manfaat Jamur Kuping
(c) morguefile
Terdapat beberapa jenis jamur kuping, mulai dari jamur kuping hitam, jamur kuping putih, jamur kuping merah dan ada juga jemur kuping kering. Anda boleh saja khawatir jikalau mengkonsumsi jamur akan menyebabkan beberapa kelainan, misal alergi atau mual, namun pastikan bahwa Anda juga mengetahui jenis jamur apa saja yang bisa dimasak, karena seperti jamur merang, jamur tiram, jamur kancing serta jamur kuping tentunya sangat aman jika di konsumsi. Beberapa khasiat jamur kuping salah satunya yaitu bisa mengobati penyakit yang bahkan cukup berbahaya bagi penderitanya. Berikut adalah kutipan manfaat jamur kuping bagi manusia dari jaringnews.com, yang bisa menjadi pengetahuan baru bagi Anda.


Manfaat Jamur Kuping


  1. Mengobati Penyakit Stroke
    Penyakit stroke adalah salah satu pembunuh utama di dunia, penyakit ini mampu menyebabkan kelumpuhan bagi penderita. Penyakit ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung ataupun ke otak. Bila Anda seorang penderita stroke, Anda bisa mengkonsumsi cabai merah dan rebung seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, selain itu jamur kuping juga bisa diandalkan untuk mengatasi penyakit ini, jamur kuping yang telah direbus sebagai makanan herbal yang membantu pengenceran darah sehingga darah dalam tubuh kembali normal dan penyakit stroke yang diderita pun sedikit berkurang. Dalam jamur kuping yang bereperan banyak dalam penyembuhan adalah lendir dari jamur kuping tersebut. Lendir jamur kuping bermanfaat mengencerkan kembali peredaran darah yang mengental dan mampu menyeimbangkan darah dalam tubuh. Maka akan sangat baik jika Anda mengkonsumsi jamur kuping untuk melancarkan dan mengencerkan kembali darah yang menggumpal tadi.

  2. Obat Penyakit Jantung
    Penyakit jantung adalah penyakit yang paling banyak ditakuti oleh manusia, hal ini disebabkan karena penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyebab utama penyakit jantung adalah tidak lancarnya peredaran darah dalam tubuh, untuk mencegah penyakit jantung bisa dengan buah manggis. Untuk itu disarankan bagi Anda yang menderita penyakit jantung untuk mulai mengkonsumsi jamur kuping. Manfaat jamur kuping dalam mengobati penyakit jantung, baik jantung lemah maupun jantung koroner adalah mengembalikan kelancaran peredaran darah yang sempat menggumpal. Dengan demikian Anda bisa mengurangi tekanan penyakit jantung atau mencegah penyakit jantung.

  3. Menurunkan Kolesterol
    Untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa menormalkan kolesterol Anda dengan mengkonsumsi jamur kuping dalam berbagai menu olahan, namun hindari masakan berminyak yang bisa memicu kenaikan angka kolesterol dalam darah. Sehingga dengan demikian Anda bisa menekan angka kolesterol dalam darah dan menormalkan kembali metabolisme dalam darah. Tentunya hal ini tidak bisa terjadi begitu saja, Anda juga harus rutin mengkonsumsi jamur kuping namun tidak dalam waktu yang intens. Setidaknya seminggu 2 kali sudah cukup bagus sebagai asupan nutrisi untuk mengembalikan keseimbangan metabolisme darah.

  4. Mengobati Aterosklerosis
    Penyakit aterosklerosis memang jarang diderita oleh penduduk Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa kawan atau kerabat Anda yang mungkin menderita penyakit aterosklerosis ini. Penyakit aterosklerosis adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah dan mengendap begitu saja yang memicu penyakit jantung dan stroke. Untuk itu dianjurkan bagi Anda yang masih berada pada stadium awal penyakit ini bisa mengkonsumsi jamur kuping untuk menghindari keadaan yang lebih parah. Anda bisa membuat ramuan jamur kuping dengan tambahan jahe, bawang putih, daging sapi dan garam. Setelah itu rebus semua bahan-bahan tersebut kedalam air mendidih dengan ukuran kurang lebih 6 mangkok. Kemudian minum air rebusan jamur kuping tersebut setiap 2 kali sehari baik pagi dan sore hari. Dengan rutin mengkonsumsi sari jamur kuping ini bisa menormalkan sumbatan selama kurang lebih dua bulan.

Demikian adalah beberapa manfaat jamur kuping bagi tubuh yang mampu mengobati beberapa penyakit pembunuh utama khususnya di Indonesia, satu hal yang harus menjadi perhatian Anda adalah mengenai kebersihan dari jamur kuping yang akan Anda konsumsi, pastikan keadaan jamur kuping bersih dan tidak tercampur dengan jamur lain yang bisa menyebabkan keracunan. Sebagai tambahan dan perlu anda ketahui, seperti yang pernah penulis baca dari berbagai sumber bahwa jamur kuping untuk ibu hamil kurang baik.