5 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Alpukat. Hampir setiap orang mengetahui buah yang satu ini. Buah yang berbentuk mirip pir namun berwarna hijau ini memang sangat khas. Dengan biji bulat besar yang ada ditengahnya serta dagingnya yang berwarna hijau muda inimemang memiliki rasa yang khas. Avocado atau lebih dikenal dengan buah alpukat memang menjadi salah satu favorit masyarakat.

Buah alpukat sendiri sering dimanfaatkan sebagai minuman, masakan bahkan untuk merawat kecantikan. Namun tahukah anda jika daun alpukat juga memiliki banyak manfaat? Ya, manfaat daun alpukat ini terutama untuk kesehatan manusia memang belum setenar manfaat buahnya. Namun jangan sekali-kali meremehkan khasiat daun alpukat.
Manfaat Daun Alpukat
(c) pixabay
Oleh karena itu, daun alpukat bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional bagi penyakit anda. Berikut ini adalah beberapa khasiat daun alpukat yang diambil dari wikipedia. Dan salah satu khasiat daun alpukat adalah mampu menghilangkan batu ginjal. Hal ini dikarenakan daun alpukat memiliki sifat anti antilithiasis maksutnya adalah mampu menghambat pembentukan batu ginjal.


Manfaat Daun Alpukat


  1. Mengatasi Sakit Pinggang
    Anda bermasalah dengan pinggang anda? Pinggang yang sakit sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Coba gunakan daun alpukat sebagai obatnya, ambil 5 lembar daun alpukat lalu rebus di dalam 2gelas air hingga mendidih dan sisakan kira-kira 1 gelas air. Setelah disaring, embunkan semalaman dan minum ramuan ini secara rutin selama satu minggu.

  2. Tekanan Darah Tinggi
    Untuk menurunkan tekanan darah anda, cuci bersih 3 lembar daun alpukat. Setelah daun alpukat dicincang kasar, masukan kedalam air panas layaknya anda menyeduh teh. Dinginkan terlebih dahulu lalu saring dan minum ramuan ini tiga kali sehari.

  3. Mengatasi Asma
    Jika anda menderita asma, mungkin daun alpukat bisa menjadi solusinya. Caranya rebus 7 lembar daun alpukat dalam 3 gelas air dan beri 1 sdm garam. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa separuhnya. Setelah daun alpukat disaring, minum ramuan daun alpukat sebelum tidur dan selagi hangat.

  4. Mengatasi Pegal Linu
    Daun alpukat juga dapat mengobati pegal linu. Caranya dengan merebus 9 helai daun alpukat bersama dengan kunyit yang telah dicincang kasar serta daun ciplukan pada 3 gelas air. Tambahkan gula aren serta garam pada rebusan tersebut. Setelah air tersisa setengahnya, angkat kemudian saring agar ampasnya terpisah. Minumlah ramuan ini secara rutin sebelum anda tidur agar pegal linu anda hilang.

  5. Mengatasi Sakit Perut dan Disentri
    Untuk mengatasi sakit perut dan disentri anda hanya perlu menyiapkan 5 g daun alpukat, 6 g akar rimpang kunyit, 5 g akar temu kelinci, dan 6 g daun pegagan. Kemudian seduh semua bahan tadi dengan air panas sebanyak 115 ml. Minum air seduhan tersebut secara rutin satu kali sehari.

Bagaimana pendapat anda? Manfaat daun alpukat ternyata tidak kalah dengan buahnya bukan? Setelah membaca sedikit ulasan di atas, anda dapat mengaplikasikan daun alpukat untuk beberapa masalah kesehatan anda, sehingga anda dapat mengurangi obat-obatan yang berbahan dasar kimia. Tentunya obat alami akan lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Semoga bermanfaat.