5 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pegagan. Tanaman pegagan memiliki nama ilmiah Cantella Asiatica. Pegagan termasuk kedalam tanaman liar yang tumbuh di pekarangan rumah, pinggir jalan, lading dan lain sebagainya. Daun pegagan berasal dari Asia tropic termasuk Asia Tenggara serta Australia. Sangat mudah memang menemukan tanaman pegagan di Indonesia. Tanaman ini juga dikenal dengan nama daun kuda maupun antanan.

Manfaat daun pegagan sendiri sudah lama digunakan sebagai obat penyakit kulit. Di jawa barat tanaman ini dikenal oleh masyarakat luas sebagai lalapan. Pegagan merupakan salah satu tanaman herba yang tumbuh menjalar dan berbunga di sepanjang tahun. Tanaman pegagan akan tumbuh subur jika tanah serta lingkungannya sesuai dan dapat dijadikan penutup tanah.
Manfaat Daun Pegagan
foto: kompasiana
Di dalam tanaman pegagan mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, tannin serta garam mineral seperti natrium, magnesium, kalsium, kalium, serta zat besi. Dengan kandungan daun pegagan tersebut sangat wajar jika daun pegagan memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Daun pegagan disebut-sebut sebagai antilepra serta penyembuh luka yang luar biasa. Perlu anda ketahui, seperti di kutip dari wikipedia, dibawah ini adalah beberapa manfaat daun pegagan.


Manfaat Daun Pegagan


  1. Melancarkan sirkulasi darah
    Daun pegagan mengandung flavonoid yang dapat merangsang pembentukan kolagen disekitar pembuluh darah vena. Kerapuhan kapiler juga berkurang dan dapat sirkulasi darah mikro. Untuk itu, jika anda mengkonsumsi the pegagan atau ramuan yang terbuat dari ekstrak daun pegagan akan membantu membersihkan dan memperlancar peredaran darah anda.

  2. Peluruh kencing
    Daun pegagan juga dapat anda manfaatkan sebagai peluruh kencing. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil 30 g daun pegagan yang masih segar kemudian cuci bersih. Daun pegagan ditumbuk halus dan tempelkan pada pusar anda. Dengan cara ini, daun pegagan akan membantu anda meluruhkan kencing.

  3. Penurun panas
    Anda menderita demam? Atau mungkin anak anda menderita demam? Cobalah memanfaatkan daun pegagan sebagai penurun panas. Caranya ambil satu genggam pegagan yang masih segar lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan air kemudian peras daun pegagn tersebut untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit garam dan minum ramuan ini tiga kali sehari saat perut masih kosong.

  4. Meningkatkan syaraf memori
    Daun pegagan juga dapat berfungsi sebagai tonikum untuk sel-sel serta syaraf. Dengan efek seperti itu, daun pegagan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pada otak. Dengan mengkonsumsi daun pegagan, anda dapat menstabilkan keseimbangan mental anda dan memeberi efek tenang sehingga memiliki kualitas tidur yang baik. Dengan begitu, daun pegagan dapat membantu anda meningkatkan kemampuan syaraf memori sehingga membantu anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

  5. Anti inflamasi
    Dalam jaringan kapiler, daun pegagan dapat membantu merangsang pembentukan kapiler baru. Kaemferol quercetin dalam daun pegagan dipercaya mampu meningkatkan ketahanan vena sehingga daun pegagan dapat mengatasi inflamasi yang terjadi pada kulit. Nutrisi asiaticoside pada daun pegagan membantu mengurangi jaringan parut dan dapat mengurangi inflamasi selama pembentukan jaringan tersebut.

Meskipun daun pegagan sering dianggap sebagai tanaman liar, namun ternyata manfaat daun pegagan untuk kesehatan cukup banyak. Terkadang kita melihat banyak orang menyepelekan tanaman yang satu ini. Mereka memusnahkannya karena dianggap mengganggu keindahan. Lebih elok jika kita memanfaatkan daun ini untuk membantu mengatasi masalah pada tubuh kita.