7 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Seledri. Seledri merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal di Indonesia bahkan dunia. Nama ilmiah seledri adalah Apium Graveolens L. seledri sendiri termasuk dalam sayuran maupun tanaman obat. Seledri sendiri masuk di Indonesia karena dibawa oleh orang belanda untuk menyedapkan sup. Berbeda dengan di Indonesia, di Eropa seledri digunakan hampir setiap bagiannya baik itu daun, batang, serta umbi daun seledri.

Sebenarnya, seledri bukan hanya dapat menyedapkan masakan melainkan dapat digunakan sebagai obat. Memang masih banyak orang yang tidak mengetahui akan manfaat daun seledri ini. Kandungan multivitamin yang terdapat pada daun seledri berfunsi sebagai antioksidan dan sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja, kandungan kalsium yang tinggi yang dalam daun ini di percaya mampu untuk menenangkan saraf.
Manfaat Daun Seledri
(c) pixabay
Bagaimana bisa seledri bermanfaat untuk kesehatan? Selama ini seledri digunakan untuk menyedapkan masakan. Semua mungkin jika kita melihat kegunaan daun seledri. Berikut ini akan dijelaskan berbagai khasiat daun seledri yang dikutip dari merdeka.com, Dari kutipan tersebut, daun seledri mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E serta vitamin K yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Daun Seledri


  1. Mengobati Rematik
    Rebuslah segenggam daun seledri dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas air. Setelah dingin saring dan minum ramuan ini satu gelas sehari secara rutin.

  2. Mengobati Mata Kering
    Untuk mengobati mata kering, anda hanya perlu menumbuk daun seledri dan daun kelor masing masing setengah genggam. Setelah halus, tambahkan garam dapur seujung sendok the dan satu gelas air yang telah masak. Campur ramuan daun seledri hingga rata lalu peras untuk diambil airnya. Minum air perasan ini tiga kali sehari.

  3. Menurunkan Darah Tinggi
    Tumbuk hingga halus 100 g daun seledri yang telah dicuci bersih. Tambahkan satu gelas air kemudian peras untuk diambil airnya. Air hasil perasan tadi kemudian direbus hingga mendidih. Dinginkan dan minum ramuan ini dua kali sehari.

  4. Meredakan Batuk
    Rebus 30 g daun seledri dengan tiga gelas air. Dinginkan dan tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini dua kali sehari untuk mengobati batuk anda.

  5. Mengobati Kolik
    Rebus 60 g daun seledri dan satu ruas jahe merah yang telah dicincang kasar dengan dua gelas air. Setelah air bersisa setengahnya, dinginkan lalu saring dan tambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan ini satu kali sehari.

  6. Menyuburkan Rambut
    Tumbuk halus tujuh sampai sepuluh tangkai daun seledri hingga halus. Usapkan pada rambut serta memijat kulit kepala anda. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk menjaga kesuburan rambut anda.

  7. Menurunkan Kolesterol
    Vitamin C dalam daun seledri sangat bergna bagi anda yang terkena penyakit kolesterol, karena vitamin C mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darh anda.

Sekarang anda telah tahu betapa bergunanya daun seledri bagi kesehatan manusia. selain mampu menyedapkan masakan, ternyata salah satu manfaat daun seledri juga mampu untuk meningkatkan serta menjaga kesehatan tubuh anda. Yang perlu diingat adalah bagi ibu yang sedang menyusui, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi seledri karena dapat menurunkan kadar air susu. Semoga bermanfaat.