Manfaat Akar Alang Alang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Akar Alang Alang. Ilalang adalah tanaman yang dikenal sebagai tumbuhan gulma atau bisa disebut sebagai tanaman pengganggu. Tanaman ilalang (imperata cylindrical) sering kita jumpai di dataran dengan ketinggian 2700 m di atas permukaan laut (DPL) biasanya tumbuh di lahan terbuka maupun lahan yang setengah tertutup. Hampir semua orang mengetahui tumbuhan ini, bahkan banyak diantara mereka yang pada waktu kecil sering bermain menggunakan tanaman ini. Masih banyak orang yang belum tahu manfaat akar alang-alang dan kebanyakan dari mereka membakar alang-alang dan tumbuhan lainnya atau dengan membabatnya sampai habis. Tetapi jika akarnya masih menancap di dalam tanah, semua upaya tadi sebenarnya sia-sia. Alang-alang tersebut akan tumbuh lagi dan akan meninggi seperti sebelumnya. Hal ini disebabkan karena daya produktif secara vegetative dan generative yang sangat sederhana dan efisien.
Manfaat Akar Alang Alang
(c) pixabay
Apakah anda tahu ternyata tanaman liar satu ini memiliki manfaat yang cukup berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia? Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa tumbuhan ini mempunyai efek farmakologis, jadi salah satu khasiat akar alang alang adalah sebagai anti piretik atau menurunkan panas, hemostatic atau menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa haus serta diuretic. Ilalang ini biasanya tumbuh di hutan, lapangan, ladang, dan di tepi jalan yang kering dan mendapat sinar matahari. Tanaman ini biasanya tumbuh tegak dan mempunyai ketinggian sekitar 30-180 cm, dan memiliki batang yang padat serta berbuku-buku yang berambut panjang. Daun dari tumbuhan ini berbentuk seperti pita, tegak, ujungnya runcing, memiliki tepian yang rata, dan berambut kasar.

Kandungan Akar Alang-Alang


Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, akar dan batang dari tumbuhan alang-alang ini memiliki kandungan glukosa, malic acid, dan citric acid. Selain kandungan tersebut, akar alang - alang memiliki kandungan kimia cylindrin, arundoin, fermenol, simiarenol, coixol, serta memiliki kandungan anemonim. Selain akar alang-alang, bagian daun serta bagian bunganya memang sering digunakan untuk pengobatan. Dengan semua kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan alang-alang itu, alang-alang memiliki sifat antipiretik atau menurunkan panas, diuretic yaitu meluruhkan kemih, hemostatic atau menghentikan pendarahan, dan dapat menghilangkan rasa haus serta membuat badan terasa sejuk.


Manfaat Akar Alang Alang


  1. Alang-alang sangat bermanfaat sebagai obat guna mengobati penyakit ginjal akut. Caranya adalah dengan menyiapkan alang-alang segar sebanyak 60 hingga 120 g, kemudian potong akar alang-alang tersebut menjadi kecil-kecil. Setelah itu alang-alang dicuci sampai benar-benar bersih. Kemudian rebus akar tersebut dengan air bersih dengan takaran kurang lebih sebanyak tiga gelas. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan air sebanyak satu gelas, angkat dan dinginkan. Saring air tersebut guna memisahkan ampasnya dan minumlah secara rutin dua kali sehari agar mendapatkan khasiat dari akar alang-alang tersebut.

  2. Alang-alang juga mampu untuk mengobati muntah darah. Caranya sama dengan cara membuat ramuan seperti pada keterangan di atas.

  3. Kemudian alang-alang mampu digunakan sebagai obat untuk kencing nanah. Caranya adalah dengan mencuci bersih tiga ratus gram akar segar alang-alang dan dipotong potong seperlunya. Kemudian rebus dengan air sebanyak 2.000 cc dan tunggu hingga bersisa sebanyak 1.200 cc. Tambahkan gula batu secukupnya, minum ramuan tersebut sebanyak tiga kali sehari dan dilakukan selama sepuluh hari penuh.

  4. Jika anda mimisan atau hidung mengeluarkan dara, anda dapat mengobatinya dengan alang-alang. Caranya sangat mudah yakni dengan mencuci bersih akar alang-alang lalu tumbuk dan peras airnya hingga terkumpul 100 cc dan langsung diminum. Atau dengan merebus 30 g akar segar alang-alang yang telah dicuci bersih. Setelah itu, minum air hasil rebusan akar alang-alang tersebut.

Bagaimana pembaca ? Betapa banyak manfaat akar alang alang yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan. Dengan mengikuti petunjuk yang benar mengenai cara pembuatan obat herbal dari akar alang-alang akan membantu Anda untuk mengatasi beberapa penyakit dan hidup lebih sehat.