Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jambu. Jambu Biji (Psidium Guajava) adalah tanaman tropis yang berasal dari benua Amerika Tepatnya Brasil. Tanaman ini sampai di Indonesia akibat perdagangan dari Thailand. Ciri – ciri jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau yang memilki daging buah berwarna hijau maupun merah dan memiliki rasa asam serta manis. Dalam artikel kali ini, bukan buah jambu biji yang akan menjadi pembahasan melainkan manfaat daun jambu biji. Seperti yang telah diketahui secara umum di Indonesia, bahwa daun biji sangat bermanfaat bagi kesehatan. Biasanya masyarakat biasa menjadikan daun jambu biji ini sebagai obat untuk diare maupun disentri.
Manfaat Daun Jambu Biji
(c) pixabay
Daun jambu biji berguna bagi kesehatan manusia dikarenakan kandungan yang ada dalam daun jambu biji tersebut. Kandungan daun jambu biji antara lain adalah flavonoid dan quercetin yang bermanfaat sebagai anti bakteri. Selain itu, daun jambu biji juga mengandung saponin, minyak atsiri, zat tannin, anti matagenic, dan alkaloid. Nah berdasarkan kutipan dari sehatcenter.com, berikut ini adalah khasiat dari daun jambu biji.


Manfaat Daun Jambu Biji


  1. Mengobati Diare
    Anda pasti sering mendengar serta sudah mengetahui bahwa daun jambu biji sangat berguna untuk mengobati penyakit diare. Memang untuk kegunaan daun jambu biji yang satu ini sudah diketahui oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Untuk mengobati diare dengan daun jambu biji ini, anda dapat langsung mengkonsumsinya dengan mengunyah atau membuat ramuan dari daun jambu biji. Caranya cukup mudah, ambil enam lembar daun biji lalu tumbuk dan berilah air minum satu gelas. Peras tumbukan tadi dan minumlah secara rutin dua kali sehari hingga diare anda sembuh.

  2. Mengobati maag
    Daun jambu biji juga mampu mengobati penyakit maag. Kebanyakan orang belum mengetahui tentang khasiat daun jambu biji yang satu ini. Untuk mengobati maag, anda hanya perlu merebus delapan helai daun jambu biji dengan satu setengah liter air hingga mendidih. Dinginkan dan minum ramuan tersebut tiga kali sehari secara rutin.

  3. Mengobati luka
    Daun jambu biji juga dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan luka. Dengan kandungan astringent, daun jambu biji mampu menghentikan pendarahan. Anda bisa mengunyah 3 pucuk jambu biji lalu tempelkan pada luka anda.

  4. Mengobati keputihan
    Untuk mengobati keputihan dengan jambu biji, anda hanya merebus dua genggam daun jambu biji bersamaan dengan daun sirih tujuh helai dengan segelas air. Saring lalu minum ramuan ini dua kali sehari.

  5. Mengobati ambeien
    Jika anda terkena ambeien, anda dapat mencoba daun jambu biji sebagai alternative pengobatan. Caranya adalah tumbuk daun jambu biji muda bersamaan dengan pisang batu. Minum air perasan dua bahan tadi secara rutin untuk mengobati ambeien anda.

  6. Mengatasi jerawat
    Jambu biji ternyata juga dapat mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan komedo. Caranya cukup dengan menumbuk daun jambu biji yang masih muda. Oleskan tumbukan daun jambu biji ke wajah yang terkena jerawat ataupun komedo. Lakukan ini secara rutin agar wajah anda akan terbebas dari masalah jerawat serta komedo.

Nah, sekarang anda sudah tahu apa saja manfaat daun jambu biji selain untuk mengobati diare dan disentri. Dengan kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji ini, memang tidak mengherankan jika daun jambu biji memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan kita.