Manfaat Daun Sambilonto Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambilonto. Sambiloto merupakan salah satu tanaman obat sejenis terna dan tingginya dapat mencapai 90 cm. asal tanaman ini memang belum jelas, namun diduga berasal dari Asia tropis dan menyebar melalui India, lalu ketimur sampai semenanjung Malaya dan sampai di pulau Jawa. Tanaman ini dapat tumbuh subur di ketinggian 700 m di atas permukaan laut dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun, serta dengan suhu udara 25-32 derajat celcius dengan kelembapan 70-90 %.

Bagi orang yang tidak mengetahui tanaman ini, mereka akan menganggap tanaman sambiloto sebagai tanaman liar dan bahkan akan menghilangkannya. Sebenarnya, manfaat daun sambiloto sangat besar bagi kesehatan manusia. Tanaman ini sejak dahulu telah dimanfaatkan sebagai obat herbal guna menanggulangi serta mengobati berbagai penyakit seperti mencegah radah (Inflamasi), memperlancar air seni, menurunkan panas, sakit perut, kencing manis dan sebagai penawar racun.
Manfaat Daun Sambilonto
(c) wikipedia
Memang daun sambiloto sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini sangat wajar kare kandungan daun sambiloto yang penuh dengan nutrisi-nutrisi penting seperti lactone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid, neoandrografolid, didehidroandrografilid serta homoandrografolid. Selain itu, daun sambiloto juga mengandung flavonoid, alkane, keton, aldehid, berbagai mineral, asam kersik serta damar. Sebagaimana di kutip dari wikipedia, berikut ini adalah beberapa khasiat daun sambiloto.


Manfaat Daun Sambilonto


  1. Anti Inflamasi (peradangan)
    Flavonoid yang terdapat dalam daun sambiloto mencegah pembentukan radang. Pembentukan radang atau inflamasi adalah reaksi imun tubuh terhadap infeksi atau luka yang sedang terjadi di dalam tubuh. Contoh inflamasi adalah usus buntu, penyakit bronchitis, sakit tenggorokan akibat pilek dan flu, goresan/luka di kulit, latihan yang berat, atau karena pukulan.

  2. Obat Sakit Perut
    Anda memiliki masalah pada perut anda seperti mulas, disentri dan sebagainya? Mungkin anda dapat menggunakan daun sambiloto ini sebagai obat alternative. Caranya mudah, uapkan 500 g daun krokot segar selama 3 hingga 4 menit. Tumbuk dan peras daun krokot tadi untuk diambil airnya. Setelah itu campurkan bubuk kering daun sambiloto sebanyak 10 g dan aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut tiga kali seharai untuk mengobati masalah perut anda.

  3. Kencing Manis
    Daun sambiloto memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini telah dibuktikan di dalam sebuah penelitian bahwa air rebusan daun sambiloto 10 % dengan takaran 0,1 ml/ kg berat badan manusia, dapat menurunkan kadar gula di dalam darah anda dan sebanding dengan pemberian suspense glibenclamid. Untuk membuat ramuan ini, anda hanya perlu mengambil setengah genggam daun sambiloto kemudian dicuci bersih. Rebus daun tersebut dengan tiga gelas air bersih sampai menyisakan air sebanyak dua seperempat gelas. Dinginkan terlebih dahulu, kemudia sarin dan minum ramuan ini tiga kali sehari.

  4. Penangkal Racun
    Senyawa flavonoid yang ada pada daun sambiloto juga berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting dalam menangkal radikal bebas serta menangkal berbagai macam penyakit. 

Dengan khasiat seperti di atas, sudah sewajarnya jika daun sambiloto akan berguna bagi kesehatan tubuh kita. Daun sambiloto sudah sering digunakan para leluhur kita guna menyembuhkan berbagai penyakit.