Manfaat Jamur Kombucha Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jamur Kombucha. Kombucha merupakan salah satu jenis jamur teh yang terkenal sejak abad ke-20 yang berasal dari Asia Timur dan kemudian tersebar sampai ke Jerman. manfaat jamur kombucha adalah untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Jamur kombucha tumbuh subur di wilayah Asia Timur. Jamur kombucha berbentuk seperti piringan datar. Zat yang terkandung didalamnya adalah gelatinoid dan liat.Jamur Kombucha tumbuh pada permukaan teh sehingga akan terlihat terdapat piringan yang akan menebal pada permukaan teh. Apabila jamur ini terus dirawat, maka jamur kombucha akan tumbuh subur dan akan membiak lebih banyak.
Manfaat Jamur Kombucha
(c) pixabay
Kombucha tea atau yang biasa kita sebut dengan teh kombucha merupakan salah satu produk minuman teh tradisional jaman dulu. Teh ini merupakan hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha. Waktu yang dibutuhkan untuk fermentasi berkisar antara 8-12 hari. Khasiat jamur kombucha sebagai minuman herbal yang dikenal sebagai minuman tempo dulu dari Asia Timur.Walaupun minuman tempo dulu, teh kombucha dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ramuan tradisional ini memang tidak diragukan khasiatnya.

Baca Juga Manfaat Jamur Lain :

Pada proses fermentasi, teh kombucha akan mengalami berbagai macam reaksi, karena teh ini akan menyerap gula dan menggantinya dengan asam glukuronat, asam laktat, vitamin, asam amino, zat antibiotik, serta zat-zat yang bermanfaat lainnya. Tidak salah jika semua orang menyebut teh ini dengan sebutan pabrik biokimia kecil.Senyawa yang terkandung didalam teh kombucha ini yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Manfaat Jamur Kombucha

  1. Dapat mengobati sembelit
  2. Membantu memperbaiki kondisi tubuh
  3. Melawan arteriosclerosis
  4. Membantu melindungi fungsi alat pencernaan
  5. Menyembuhkan penderita stres mental
  6. Obat penawar racun
  7. Dapat menyembuhkan sakit kepala
  8. Menyembuhkan kanker

Secara medis jamur ini bekerja untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terdapat didalam seluruh bagian tubuh. Seluruh anggota tubuh dapat pulih kembali setelah mengonsumsi teh ini. Jamur ini juga membantu menstabilkan metabolisme tubuh dan penawar racun dengan asam glukuronat yang terkandung di dalamnya. Sel-sel yang rusak akan diperbaiki. karena kapasitas pertahanan endogenis yang meningkat, Sehingga membantu pemulihan kesehatan tubuh kita.

Anda jangan khawatir, karena sudah banyak peneliti membuktikan khasiat dari teh kombucha. Para peneliti mengatakan bahwa teh kombucha dapat pengatur perkembangan bakteri pada alat pencernaan didalam tubuh kita , penguatan sel-sel, detoksifikasi untuk mengurangi kelebihan keringat dalam tubuh, keseimbangan metabolis, efek antibiotik, dan membantu keseimbangan kadar pH pada tubuh.Kombucha memiliki Kandungan asam glukonat yang tinggi pada minuman yang mampu memperkuat daya kekebalan tubuh terhadap infeksi dari luar serta mempunyai kemampuan untuk mengikat racun dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh melalui urin. Kandungan antimikroba yang terdapat pada jamur kombucha berkhasiat menghambat pertumbuhan Shigella sonmei, E. coli, danSalmonella typhimuriumpada tubuh.

Selama fermentasi berlangsung kombucha akan menghasilkan alkohol, karbondioksida, vitamin B, vitamin C, serta berbagai macam asam organik misalnya saja asam asetat, glukonat, glukoronat, bahkan ada asam oksalat, dan asam laktat yang berguna bagi proses penyederhanaan nutrisi pada manusia.Komposisi yang terdapat pada larutan teh akan mempengaruhi aroma dan rasa kombucha. Komposisi yang dimaksud yaitu gula residu, karbondioksida dan asam organik. Sedangkan kandungan Asam asetat yang bersifat volatil akan menghasilkan aroma kuat dan menyengat , sehingga menimbulkan aroma asam, sedangkan rasa asam adalah asam glukonat yang lembut. Itulah beberapa penjelasan tentang jamur kombucha beserta manfaatnya yang penulis kutip dari wikipedia, semoga bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan baru untuk Anda.