Mengenal Penyakit Stroke dan Gejala Penyakit Stroke

Penyakit Stroke. Begitu mendengar kata stroke, semua orang pasti memiliki gambaran mengenai macam dari penyakit ini. Penyakit yang awalnya akibat ketidaklancaran peredaran darah ke beberapa organ tubuh yang kemudian berefek pada otak manusia. Stroke adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf yang mengakibatkan penderita mengalami ketidakmampua untuk melakukan kegiatan. Ada dua jenis stroke, yaitu stroke ringan dan stroke berat. Bila seseorang mengalami penyakit stroke, biasanya mereka tidak bisa mandiri dalam melakukan kegiatan, mereka harus berpegang pada orang lain. Misalnya saja mereka mengalami kelumpuhan pada kaki, sehingga mereka membutuhkan kursi roda untuk berjalan. Baik ia yang berusaha mendorong sendiri ataupun oleh bantuan orang lain.

Dalam artikel kali ini, penulis akan berbagi beberapa informasi yang berkaitan dengan penyakit stroke, mulai dari gejala hingga beberapa tips yang bisa dihindari agar tidak terkena penyakit pembunuh pertama di Indonesia ini. Penyakit stroke memiliki hubungan dengan beberapa organ penting tubuh manusia seperti jantung, syaraf hingga otak. Syaraf dan otak yang terganggu akibat penyumbatan pembuluh darah menyebabkan dua organ ini tidak mampu memberikan perintah yang baik untuk menggerakkan beberapa organ penggerak seperti tangan dan kaki.
Penyakit Stroke
(c) pixabay
Penyakit stroke bisa dimulai dari penyakit tekanan darah tinggi menahun, selain itu bisa juga akibat penyakit jantung. Banyak orang menderita penyakit stroke diusia senja. Hal ini bisa terjadi karena biasanya orang diusia muda lali akan kesehatan diusia senja dan tidak peduli dengan kesehatan tubuh, mereka lebih asyik bekerja hingga tidak peduli dengan keadaan tubuh yang kelelahan hingga mengakibatkan depresi berat. Untuk itu menjaga kesehatan sejak dini tentu lebih baik. Sehubungan dengan paparan diatas, seperti dikutip dari penyakitstroke.net, berikut penulis akan memberikan informasi mengenai gejala penyakit stroke yang bisa Anda identifikasi.


Gejala Penyakit Stroke


  1. Gejala pertama yang bisa dilihat dari oran yang menderita penyakit stroke adalah gangguan dalam bahasa atau lebih sering dikenal dengan afasia disorder. Gangguan bahas ayang dimaksud adalah orang yang mengalami stroke menggunakan bahasa yang tidak mudah dimengerti oleh orang disekitarnya, berbeda dengan bahasa normal sehari-hari yang biasa digunakan.

  2. Sedangkan gejala stroke yang kedua mungkin tidak begitu disadari, yaitu terdapat rasa enggan untuk mrngambil barang yang jauh, meskipun hanya berjarak beberapa sentimeter dari tempatnya. Hal ini disebabkan syaraf tubuh yang sudah tidak normal dan menganggap bahwa semua bidang adalah datar.

  3. Gejala selanjutnya adalah terdapat gangguan berhitung, orang yang terkena seranga stroke tidak mampu berhitung dengan baik karena sudah tidak mampu berpikir secara logika dan mengingat urutan angka, bahkan dari hitungan paling sederhana sekalipun.

  4. Selanjutnya gangguan yang mengindikasi adanya penyakit stroke adalah gangguan dalam menulis. Bila seseorang telah terkena seranga stroke, maka ia akan kesulitan dalam menulis.

  5. Gangguan dalam membaca juga salah satu gejala bahwa seseorang mengalami gejala stroke, mereka si penderita stroke akan susah untuk melafalkan beberapa kalimat, karena sistem organ yang dikendalikan oleh beberapa syaraf tidak lagi bekerja sesuai dengan fungsinya.

  6. Amnesia adalah gejala paling parah bagi mereka yang telah menderita penyakit stroke berat. Mereka tidak lagi mampu mengingat orang atau benda didekatnya selama ini.

Semoga paparan mengenai beberapa gejala penyakit stroke dan cara mencegah penyakit stroke bisa memberikan gambaran kepada Anda mengenai penyakit stroke. Penyakit stroke benar-benar membuat penderita lumpuh dna tidak bisa melakukan banyak kegiatan. Penyembuhan yang dilakukan pun haru melewati beberapa tahap, mulai dari operasi hingga perawatan pasca operasi dengan melakukan beberapa treatment seperti pijatan hingga terapi.

Untuk itu kami memiliki beberapa tips yang perlu Adna lakukan bila Anda ingin terhindar dari penyakt mematikan ini. Hindarilah untuk berpikir terlalu berat hingga menyebabkan depresi atau stress. Percayalah bahwa semua masalah ada jalan keluarnya, kita hanya cukup berusaha melakukannya sampai akhir dan menemukan solusinya. Jangan sampai Anda terlalu sering membiarkan otak dan tubuh bekerja ekstra keras untuk hal yang sebenarnya tidak perlu Anda lakukan. Atur pola hidup sehat, mulai dari makanan, olahraga hingga jam istirahat. Demikian saran dan juga beberapa informasi seputar penyakit stroke dan gejalanya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.