Mengenal Jenis dan Gejala Penyakit Ginjal Pada Manusia

Penyakit Ginjal. Ada bermacam-macam jenis penyakit ginjal yang biasanya kita temukan disekitar kita. Diantaranya adalah albuminuria atau Ginjal tidak dapat melakukan penyaringan, batu ginjal, diabetes melitus atau yang bisanya kita sebut dengan kencing manis, diabetes insipidus yaitu kekurangan hormon anti diuretik, nefritis yaitu infeksi pada ginjal, gagal ginjal, polycystic yaitu kista pada ginjal, reflux, acidosis, dan lain-lain.Namun dari jenis-jenis penyakit ginjal diatas, ada 2 jenis penyakit ginjal yang sangat familiar disekitar kita yaitu penyakit batu ginjal dan gagal ginjal.
Gejala Penyakit Ginjal
(c) pixabay


Penyakit batu ginjal

Penyakit Batu Ginjal terjadi karena endapan zat yang berlebihan di sepanjang saluran kemih dan didalam ginjal yang lama kelamaan semakin besar dan keras berbentuk seperti batu sehingga menghambat keluarnya urin.

Gejala penyakit batu ginjal

  1. Rasa nyeri pada bagian tulang rusuk belakang dan tulang pinggang menjalar ke perut, kelamin, serta pada daerah paha bagian dalam. Gejalanya dimulai dari kram yang kemudian berlanjut ke rasa nyeri yang sangat parah. Rasa nyeri ini bida terjadi selama berjam-jam , sehingga menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman.

  2. Timbul rasa mual, demam ,tubuh menggigil, dan demam. Pada awalnya anda akan merasa mual dan ingin memuntahkan apa yang ada diperut anda. kemudian tubuh anda terasa menggigil. Hal ini tentunya bisa memicu anda mengalami demam.

  3. Keseringan buang air kecil yang tidak menentu. Ketika anda terbiasa buang uang air kecil secara tidak tuntas akan menyebabkan anda lebih sering buang air kecil atau anda sering merasa ingin buang air kecil tetapi ketika sampai kamar mandi ternyata anda tidak dapat buang air kecil.

  4. Kesulitan buang air kecil serta perubahan yang terjadi pada urin. Rasa nyeri pada bagian bawah perut atau bagian atas kelamin pada saat anda buang air kecil menyebabkan anda sulit buang air kecil. Segera periksakan ke dokter anda jika anda mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Terkadang urin yang anda keluarkan berwarna keruh dan baunya akan lebih menyengat.

  5. Keluar darah pada urin anda. ketika anda mengalami kondisi ini berati batu ginjal melukai saluran kemih hingga mengeluarkan darah. Kondisi ini menggambarkan bahwa batu ginjal yang anda derita sudah sangat parah

Penyakit gagal ginjal

Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang fungsi ginjalnya mengalami penurunan atau ginjal tidak berfungsi sama sekali. Gagal ginjal sendiri dibagi menjadi 2 yaitu gagal ginjal akut yang terjadi dengan cepat atau secara tiba-tiba dan gagal ginjal kronis yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dan memiliki efek serius dalam jangka panjang.

Gejala gagal ginjal kronis

  1. Berkurangnya urin atau sama sekali anda tidak bisa mengeluarkan urin anda.

  2. Terjadi pembengkakan. Apabila ginjal yang semestinya berfungsi untuk membuang limbah dan cairan berlebih pada tubuh rusak, maka yang terjadi pada tubuh anda akan menyimpan terlalu banyak air hingga akan menimbulkan bengkak pada tungkai, kaki, serta pergelangan kaki.

  3. Rasa lelah yang ekstrim atau sesak napas. Kerja ginjal menghasilkan hormon yang membantu pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen keseluruh tubuh . Apabila ginjal tidak bisa bekerja sempurna menyebabkan oksigen dalam tubuh menurun sehingga menyebabkan rasa lelah dan lemah Kekurangan oksigen juga akan menyebabkan sesak napas.

  4. Pucat pada wajah atau anemia. Apabila terjadi kerusakan pada ginjal, maka oksigen yang dibawa ke otak akan berkurang dan menyebabkan anda pusing atau hilangnya konsentrasi.

  5. Gangguan kulit atau gatal-gatal. Racun yang seharusnya dibuang melalui ginjal menumpuk didalam tubuh sehingga mengakibatkan timbul rasa gatal.

Demikian adalah beberapa hal yang penulis ulaskan mengenai macam penyakit ginjal dan gejalanya. Semoga dengan adanya tulisan ini membuat Anda lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.