10 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang. Di Indonesia bahkan Asia, siapa yang tidak mengenal daun bawang? Daun dari tanaman jenis bawang-bawangan ini memang sering dimanfaatkan dalam masakan. Entah sebagai taburan, atau menjadi salah satu bahan utama. Bila kita menyebut daun bawang, kebanyakan pasti akan tertuju pada daun bawang merah dan jarang di sebut daun bawang putih meskipun daun bawang prei juga terkadang disebut hanya dengan daun bawang.

Pada umumnya, orang-orang mengetahui manfaat daun bawang hanya pada masakan. Entah itu untuk taburan seperti pada soto, atau sebagai salah satu bumbu pada masakan asam manis. Dengan menambahkan daun bawang pada masakan, akan menambah cita rasa masakan tersebut, karena daun bawang memang memiliki aroma serta rasa yang khas. Mungkin karena hal tersebut daun bawang menjadi bumbu penyedap masakan.
Manfaat Daun Bawang
(c) pixabay
Ternyata daun bawang bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, melainkan juga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Khasiat daun bawang untuk kesehatan memang kebanyakan orang masih jarang mengetahuinya. Oleh karena itu, dikutip dari merdeka.com, artikel ini akan membahas beberapa manfaat daun bawang bagi kesehatan manusia. Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun bawang tersebut.


Manfaat Daun Bawang


  1. Sumber zat besi
    Daun bawang memiliki kandungan zat besi dalam kadar yang cukup tinggi. Zat besi sangat berguna untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, hemoglobin serta mampu memperkuat sel - sel jaringan pada tubuh anda.

  2. Sumber serat
    Serat yang ada di dalam daun bawang juga sangat baik bagi kesehatan system pencernaan anda. Dengan kandungan serat pada daun bawang anda akan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

  3. Sumber kalium
    Ternyata daun bawang juga kaya akan kandungan kalium. Kalium adalah salah satu zat yang sangat bermanfaat untuk mengatur kadar cairan di dalam tubuh, mengurasi masalah pada jantung serta mampu mencegah kram pada otot.

  4. Menjaga kesehatan jantung
    Cycloaliin merupakan salah satu zat yang terkandung di dalam daun bawang. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk melindungi jantung anda dari serangan penyakit. Selain itu, cycloaliin juga memperlancar peredaran darah anda.

  5. Meningkatkan system imun
    Daun bawang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Jadi jika anda mengkonsumsi daun bawang dapat membantu menjaga tubuh anda agar terhindar dari berbagai penyakit.

  6. Rendah kalori
    Daun bawang sangat aman dikonsumsi karena daun bawang termasuk salah satu sayuran dan tentu rendah kalori.

  7. Menjaga kesehatan kulit
    Quercetin dan kemferol termasuk antioksidan yang ada pada daun bawang. Kedua zat tersebut sangat baik guna menjaga kesehatan kulit serta tubuh anda.

  8. Mencegah diabetes
    Daun bawang mengandung phyto-kimia yang berupa allium serta alil disuflida. Kedua zat tersebut memiliki sifat anti diabetes yang bekerja dengan cara mencegah degradasi insulin serta meningkatkan metabolism glukosa dalam tubuh anda.

  9. Mengobati cacingan
    Daun bawang juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit cacingan.

  10. Mengobati infeksi
    Daun bawang dapat anda gunakan untuk mencegah infeksi karena daun bawang bersifat anti jamur, anti bakteri dan anti virus.

Bagaimana pendapat anda tentang manfaat daun bawang ini? Ternyata sayuran yang membuat masakan anda lebih nikmat juga dapat menjaga kesehatan tubuh anda. Semoga dengan sedikit ulasan di atas mampu menambah serta meningkatkan kesehatan tubuh anda.