5 Manfaat Daun Srikaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Srikaya. Srikaya biasa disebut buah nona memiliki nama ilmiah Annona Squamosa dan termasuk ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya memiliki bentuk yang sama dengan buah sirsak. Buah srikaya termasuk buah yang cukup mudah ditemui di Indoneisa dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Buah srikaya memang tidak setenar saudaranya yaitu buah sirsak. Namun sebenarnya, rasanya juga tidak kalah nikmat dengan buah srikaya. Selain menyehatkan tubuh saat dikonsumsi, biji dari buah srikaya dapat dijadikan sebagai pestisida nabati. Pestisida jenis ini mampu untuk membasmi hama seperti ulat serta rayap tanah. Serta perlu anda ketahui bahwa manfaat daun srikaya juga tak kalah dengan manfaat daun sirsak, karena di dalam kedua jenis daun tersebut terkandung beberapa zat yang baik untuk kesehatan.
Manfaat Daun Srikaya
(c) pixabay
Lalu tahukah anda jika bukan hanya buahnya yang mampu menyehatkan? Daun dari buah ini juga cukup berguna bagi kesehatan manusia. Dengan mengkonsumsi daun srikaya dapat mengatasi peradangan, batuk ringan, demam, nyeri, diare, disentri dan lain-lain. Menurut gerbang pertanian.com, daun buah srikaya memiliki khasiat lain. Berikut ini beberapa khasiat daun srikaya.


Manfaat Daun Srikaya


  1. Mengobati borok dan bisul
    Borok dan bisul menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Selain rasa sakitnya, penyakit ini membuat penderitanya malu. Apalagi dengan bisul maupun borok yang timbul pada bagian yang terlihat akan membuat percaya diri berkurang. Mungkin daun buah srikaya dapat membantu anda yang terserang penyakit borok dan bisul tersebut. Untuk mengobati penyakit tersebut, anda hanya perl mencuci daun srikaya segar secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Tambahakan sedikit garam dan gunakan untuk menutuppi bisul maupun borok. Ganti ramuan tadi 2-3 kali sehari.

  2. Sebagai penenang
    Jika ada orang yang mendadak pingsan maupun sedang histeris, anda dapat menyadarkan dan menenangkannya dengan daun srikaya. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun srikaya segar secukupnya, kemudian dekatkan daun tadi kehidung penderita.

  3. Mengobati cacingan pada anak
    Saat anak tercinta anda cacingan, jangan dulu menggunakan obat-obatan kimiawi. Cobalah untuk menggunakan daun srikaya dengan cara mencuci 15 lembar daun srikaya lalu rebus menggunakan lima gelas air. Setelah air tersisa tiga gelas, saring ramuan tersebut lalu minum tiga kali sehari masing – masing satu gelas.

  4. Gangguan pencernaan
    Anda dapat mengatasi gangguan pencernaan dengan mengaplikasikan daun srikaya. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mencuci daun srikaya secukupnya lalu giling hingga halus. Setelah itu tambahkan minyak kelapa kemudian tempelkan ramuan tadi pada perut anda.

  5. Mengobati kudis
    Rasa gatal yang ditimbulkan kudis sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Coba gunakan daun srikaya untuk mengobati kudis yang menyerang anda. caranya adalah dengan mencuci 15 lembar daun srikaya yang masih segar lalu giling hingga halus. Remas hasil gilingan tadi dengan air kapur sirih satu sendok teh lalu gosokan pada bagian kulit yang terserang penyakit kudis. Aplikasikan cara ini dua kali seharai untuk mengobati kudis yang menyerang anda.

Itulah beberapa manfaat daun srikaya. Anda mungkin baru mengetahui khasiat dari daun srikaya setelah membaca artikel ini. Memang untuk khasiat dari tanaman seperti daun srikaya ini belum banyak yang mengetahuinya. Semoga dengan artikel tentang manfaat daun srikaya tersebut akan meningkatkan kesehatan anda.