7 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Bombay. Bawang bombay adalah salah satu jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Dengan nama latin Allium Cepa Linnaeus, bawang bombay sering diaplikasikan dalam berbagai masakan. Berbeda dengan bawang merah maupun bawang putih, bawang Bombay memiliki daging yang tebal serta ukurannya yang lebih besar, kira-kira 5 hingga 6 kali bawang biasa dan bahkan lebih.

Jika bawang merah, bawang putih maupun bawang lanang lebih menjurus hanya sebagai bumbu, namun tidak dengan bawang Bombay. Bawang Bombay bukan hanya sebagai bumbu, melainkan menjadi salah satu bahan pokok pada masakan tertentu. Hal ini karena bawang Bombay memiliki daging yang tebal serta aromanya tidak terlalu menyengat.
Manfaat Bawang Bombay
(c) pixabay
Selain dapat menyedapkan masakan, bawang bombay ternyata juga memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Kalori, senyawa protein, lemak nabati, karbohidrat, serat, abu, kalsium adalah beberapa zat yang terkandung di dalam bawang Bombay. Bukan hanya itu saja, bawang Bombay juga mengandung fosfor, zat besi, natrium, kalium serta niacin. Selain itu terdapat berbagai vitamin yakni vitamin A, B1, B2 dan vitamin C. seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini adalah beberapa manfaat bawang bombai.


Manfaat Bawang Bombay


  1. Menjaga kesehatan jantung
    Melalui sebuah penelitian, mengkonsumsi setengah potong bawang Bombay mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan turunnya kolesterol jahat tersebut, secara otomatis kesehatan jantung pun lebih terjaga dengan mengkonsumsi bawang Bombay secara teratur.

  2. Mengandung phytochemical
    Bawang Bombay merupakan salah satu tanaman yang kaya akan phytochemical. Zat tersebut sanga berguna dalam memaksimalkan fungsi vitamin C pada tubuh anda. Selain itu, phytochemical juga berguna untuk melancarkan peredaran darah serta menurunkan resiko inflamasi yang memiliki efek menyehatkan bagi sistem kardiovaskular.

  3. Mencegah osteoporosis
    Dengan kandungan kalsium serta berbagai zat lain yang sangat berguna untuk mengganti pengeroposan tulang pada wanita, bawang Bombay sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami osteoporosis. Dengan rutin mengkonsumsi bawang Bombay bisa menurunkan resiko tulang terkena osteoporosis.

  4. Kaya akan kandungan kromium
    Kromiun yang terkandung di dalam bawang Bombay berguna untuk membantu merespon kinerja insulin untuk mengontrol gula darah dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, bawang bombay mampu menangkal penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi.

  5. Menguatkan sistem imun
    Bawang Bombay kaya akan antioksidan yang sangat ampuh guna menguatkan sistem imun serta mencegah inflamasi. Dengan menguatkan sistem imun, secara otomatis tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

  6. Mengobati flu
    Dahulu, orang-orang percaya jika meletakan bawang Bombay di dalam ruangan mampu mengusir virus flu yang dapat menyerang manusia. Memang cara ini belum terbukti secara ilmiah, namun apa salahnya dicoba.

  7. Kaya akan serat
    Jika anda sedang diet atau mengalami masalah pencernaan, mengkonsumsi bawang Bombay dapat mengatasi masalah anda. Bawang Bombay kaya akan serat yang sangat berguna bagi sistem pencernaan anda.

Bagaimanan? Setelah membaca artikel tentang manfaat bawang bombay di atas, tentunya sekarang anda lebih tahu mengenai khasiat dari bawang Bombay. Bawang Bombay selain memiliki cita rasa yang khas, ternyata juga mampu menyehatkan tubuh anda. Semoga setelah membaca artikel tersebut anda dapat memanfaatkan kegunaan bawang Bombay secara maksimal serta tubuh anda menjadi lebih sehat dan kuat.