7 Manfaat Bawang Lanang Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Lanang. Mungkin sejenak anda akan bertanya-tanya apabila mendengar nama bawang lanang. Pada dasarnya bawang lanang termasuk dalam golongan bawang putih. Hampir semua bagiannya sama kecuali umbinya. Bawang lanang dalam bahasa Indonesia juga disebut dengan bawang tunggal. Umbinya hanya terdiri satu buah namun memiliki ukuran yang agak besar. Itulah yang membedakan bawang lanang dengan bawang putih biasa yang umbinya terbentuk dari beberapa lapis.

Bawang lanang, seperti halnya bawang putih, bawang merah serta daun bawang termasuk tanaman yang menjadi bumbu masakan. Hamper semua masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Bawang lanang juga memiliki aroma dan rasa yang sama dengan bawang putih. Jadi tidak heran jika masyarakat juga mengenal bawang lanang atau bawang tunggal ini dengan sebutan bawang saja.
Manfaat Bawang Lanang
(c) pixabay
Di dalam bawang lanang terkandung berbagai senyawa yang tentunya sangat terbukti ampuh bagi kesehatan manusia. Senyawa-senyawa tersebut antara lain kalori, lemak, protein, sulfur, fosfor, karbohidrat, serta Fe. Bawang lanang juga mengandung beberapa vitamin yakni vitamin A, Vitamin B serta vitamin C. dengan kandungan tersebut, bawang lanang tentunya juga memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Bersumber pada tubuhwanita.com akan dibahas beberapa khasiat dari bawang lanang.


Manfaat Bawang Lanang


  1. Menjaga kesehatan jantung
    Dari hasil beberapa penelitian, pakar gizi sepakat jika bawang putih mampu menurunkan kadar homosistein atau asam amino di dalam darah anda. Asam amino memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung, oleh karena itu dengan mengkonsumsi bawang lanang membantu anda menjaga kesehatan jantung anda.

  2. Menjaga kesehatan darah
    Bawang putih mampu menigkatkan system sirkulasi darah dengan menambah kandungan hydrogen sulfide pada darah anda. Selain itu, senyawa sulfur di dalam bawang lanang membantu mengurangi kandungan lemak pada darah, menjaga serta mengatur tekanan darah anda serta membantu mengetahui gejala hipertensi yang mungkin anda alami. Anda juga dapat mencegah menggumpalnya darah dengan bawang lanang, karena bawang lanang mengandung mengandung sulfur khususnya ajoene. Dengan begitu, bawang putih mampu mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi serta menghindari penggumpalan darah di dalam tubuh anda.

  3. Meningkatkan system imun
    Dengan mengkonsumsi bawang lanang, anda dapat merangsang kegiatan sel darah putih yang berguna untuk menghindari penyakit serta infeksi. Bawang lanang juga berguna untuk membantu hati dalam melawan radikal bebas yang menyerang kesehatan anda.

  4. Menstabilkan gula darah
    Sebuah penelitian telah membuktikan jika bawang putih termasuk bawang lanang mampu meningkatkan kandungan insulim di dalam darah serta menstabilkan kadar gula dalam darah.

  5. Antioksidan
    Sudah umum diketahui bahwa bawang putih mampu berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini juga berlaku pada bawang lanang dan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.

  6. Menurunkan kolesterol
    Bawang lanang dipercaya sangat berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dengan rutin mengkonsumsinya.

  7. Meningkatkan libido
    Meskipun khasiat yang satu ini belum terbukti secara ilmiah, namun bawang lanang dipercaya mampu melindungi kandungan testoterom pada pria dan menambah libido bagi pria maupun wanita.

Bagaimana manfaat bawang lanang untuk kesehatan, cukup banyak bukan?. Oleh karena itu tidak perlu mempermasalahkan perbedaan bentuk kedua bawang tersebut karena kedua bawang tersebut memiliki fungsi, kegunaan serta manfaat yang sama. Semoga dengan membaca informasi melalui artikel kali ini, Anda dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh anda.