7 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kelengkeng. Kelengkeng atau lengkeng adalah salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah kelengkeng memiliki nama ilmiah Dimocarpus Longan dan termasuk dalam keluarga Sapindaceae. Di Indonesia, buah ini memiliki nama yang berbeda – beda di setiap daerahnya. Buah kelengkeng sangat mudah ditemukan di Indonesia serta memiliki harga yang cukup murah. Buah kelengkeng juga termasuk buah yang cukup popular dan banyak orang yang menyukainya.

Selain dimakan begitu saja, buah kelengkeng juga dapat di jadikan manisan, minuman dan sebagainya. Di Tiongkok buah kelengkeng yang memiliki daging buah sering dikalengkan baik menggunakan gula maupun tidak dan cukup digemari. Atau mungkin anda ingin membuat minuman yang segar. Buah kelengkeng yang dikeringkan mampu menambah kesegaran minuman anda. itulah manfaat buah kelengkeng yang cukup umum diketahui.
Manfaat Buah Kelengkeng
(c) wikipedia
Namun sebenarnya manfaat buah kelengkeng bukan hanya yang telah disebutkan tadi, buah kelengkeng juga berkhasiat bagi kesehatan. Dalam buah kelengkeng terdapat kalori, karbihidrat, protein serta vitamin seperti vitamin B1, B2, B3 dan vitamin C, buah ini tentu berkhasiat bagi kesehatan. Buah kelengkeng mengandung berbagai mineral seperti kalsium, besi, mangan, magnesium, fosfor kalium serta seng. Berikut adalah khasiat buah kelengkeng bagi kesehatan yang dikutip dari livingwell.co.id.


Manfaat Buah Kelengkeng


  1. Kelengkeng sangat baik untuk sistem syaraf serta dapat menjadi anti depresan. Dengan mengkonsumsi kelengkeng akan memberikan anda efek menenangkan. Selain itu, fungsi syaraf anda akan meningkat serta mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah yang anda alami. Karena bersifat menenangkan, kelengkeng juga dapat mengatasi Insomnia serta kelainan tidur yang lainnya.

  2. Sifat menenangkan pada kelengkeng akan membantu mengatasi stress serta kelelahan, jadi membuat kerja jantung dan limpa akan lebih ringan. Kelengkeng dapat mengurangi resiko terkenan penyakit kardiovaskuler dan serangan stroke.

  3. Dengan kandungan polifenol di dalamnya, kelengkeng dapat menjadi antioksidan serta memerangi radikal bebas dalam tubuh serta mencegah rusaknya sel. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kelengkeng anda dapat memeprcepat penyembuhan serta memperpanjang harapan hidup anda.

  4. Jika anda sedang diet, memakan buah kelengkeng dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan kadar lemak serta kalori yang rendah, kelengkeng tetap membuat anda kenyang namun tidak akan menambah lemak di dalam tubuh anda.

  5. Meskipun kadar lemak serta kalorinya rendah, buah kelengkeng memberikan energy dalam tubuh anda. hala ini dikarenakan kelengkeng memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang mampu membangkitkan energy serta stamina.

  6. Memang jarang diketahui jika kelengkeng mengandung material anti-aging. Anti-aging berguna mencegah kerutan kulit, meminimalisir kerusakan serta mencerahkan kulit.

  7. Biji buah kelengkeng memiliki kandungan saponin di dalamnya. Saponin adalah salah satu bahan dasar yang digunakan pada sampo. Oleh karena itu, biji kelengkeng berkhasiat untuk menjaga kesehatan serta membuat rambut menjadi halus dan indah.

Dengan khasiat seperti yang telah disebutkan tadi, tentunya sekarang anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah kelengkeng. Buah ini selain nikmat juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Anda dapat memakan begitu saja buah kelengkeng atau dapat anda kreasikan sesuka anda. semoga informasi kami dapat meningkatkan kesadaran Anda akan kesehatan.