7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe. Siapapun tentunya tahu dengan jahe. Rempah-rempah yang satu ini memang sangat terkenal baik di Indonesia maupun di manca Negara. Jahe termasuk tanaman rimpang yang memiliki banyak kegunaan. Memiliki rasa yang pedas, jahe memang banyak digunakan dalam bumbu masakan. Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber Officinale dan termasuk dalam keluarga Zingiberaceae.

Di Indonesia jahe memiliki nama yang cukup popular. Jahe menjadi salah satu rempah yang sering digunakan masyarakat pada umumnya. Selain sebagai bumbu masakan, jahe juga sering digunakan sebagai minuman. Minuman seperti wedang jahe, wedang ronde, bir pleetok dari betawi adalah beberapa contoh minuman yang berbahan dasar jahe. Manfaat jahe pada minuman tadi untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin.
Manfaat Jahe
(c) pixabay
Selain sebagai bumbu dan bahan dasar minuman, jahe juga sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia. Kandungan di dalam jahe seperti minyak atsiri, damar, mineral sineol, kamfer, zingiberin, asam amino dll. Selain itu jahe juga kaya akan vitamin yakni vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C serta mengandung protein. Zat-zat tersebut yang menyebabkan jahe bermanfaat bagi kesehatan manusia. Suaramerdeka.com telah mengulas beberapa manfaat jahe yang mungkin bisa menjadi referensi pengetahuan baru untuk Anda.


Manfaat Jahe


  1. Menyehatkan Sitem Pencernaan
    Setelah selesai makan, sering kali anda merasa begah karena terlalu kenyang. Bila Anda rajin mengkonsumsi minuman yang terbuat dari jahe dapat membantu proses pencernaan makanan yang telah anda makan. Selain itu, dengan mengkonsumsi jahe anda dapat membersihkan usus besar serta meningkatkan produksi cairan pencernaan anda.

  2. Mengobati batuk dan Masuk Angin
    Jahe memiliki sifat antivirus, antiracun serta anti jamur. Oleh karena itu, anda dapat mengobati batuk yang mengganggu anda. Selain itu, sensasi hangat setelah mengkonsumsi jahe mampu menyegarkan tenggorokan dan mengatasi masalah masuk angin.

  3. Meredakan Sakit Perut
    Sifat analgesic dan menenangkan jahe mampu membantu anda jika anda sedang mengalami masalah pada perut anda seperti diare.

  4. Mencegah Kanker
    Ekstrak jahe telah terbukti mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang mungkin menyerang. Beberapa jenis kanker yang mampu dicegah jahe antara lain kanker prostat, kanker kulit, kanker prostat dan kanker usus besar.

  5. Meredakan Bengkak
    Sari jahe sering dugunakan sebagai obat penghilang rasa sakit serta mencegah infeksi. Selain itu, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk meringankan efek dari inflamasi.

  6. Meredakan Rasa Sakit Saat Menstruasi
    Di china, jahe digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi pada wanita. Sifat analgesic yang mampu mengurangi rasa sakit serta menenangkan mampu membantu wanita dalam menghadapi siklus mentruasi.

  7. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Jahe telah terbukti sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, jahe juga mampu membersihkan serta memperlancar peredaran darah manusia. Dengan mengkonsumsi jahe, anda dapat mengurangi resiko terkenan serangan jantung dan stroke.

Itulah beberapa khasiat dari jahe yang dikutip dari suaramerdeka.com. Jadi selain sebagai bumbu dan bahan dasar minuman, jahe memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Bagi anda para penggemar minuman hasil olahan jahe, hal ini akan semakain membuat orang menyukai minuman tersebut setelah mengetahui khasiat serta manfaat jahe bagi kesehatan. Semoga artikel tentang manfaat jahe tersebut berguna dan membuat anda semakin sehat dengan memanfaatkan informasi tersebut.