Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Putih. Bawang putih merupakan bagian dari kelurga Alliaceae bersama dengan bawang merah dan bawang bombai serta memiliki nama ilmiah Allium Sativum. Bawang putih di percaya berasal dari pegunungan asia seperti Tajikstan, Turkmenisa, Uzbekistan dan Negara-Negara di sekitarnya. Bawang putih tumbuh subur di China, India, Korea, rusia serta Amerika serikat.

Di jawa, bawang putih biasa disebut dengan bawang saja. Sejak jaman dahulu bawang putih memang telah banyak digunakan terutama sebagai bumbu pada masakan. Hampir setiap masakan tradisonal memakai bawang putih sebagai salah satu bumbunya. Manfaat bawang putih pada masakan cukup vital, yakni memberikan aroma yang khas serta menambah cita rasa.
Manfaat Bawang Putih
(c) pixabay
Ada beberapa nutrisi yang menjadi kandungan bawang putih ini. Nutrisi yang terkandung dalam bawang putih antara lain energy, karbohidrat, gula, lemak, protein, batakaroten, asam pantotenat, folat, kalsium, besi, magnesium sodium serta fosfor. Selain itu bawang putih juga mengandung berbagai macam vitamin seperti Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan mengandung vitamin C. dengan kandungan tersebut, daun bawang memang memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Seperti dikutip dari merdeka.com, berikut adalah beberapa khasiat bawang putih.


Manfaat Bawang Putih


  1. Membuat tubuh lebih bugar
    Bawang putih termasuk kedalam famili Allium. Famili allium tersebut memiliki ciri khas yakni berbau menyengat dan memiliki rasa yang cukup enak. Namun, zat yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh adalah zat yang keluar setelah bawang tersebut di potong, di geprek atau dimakan. Allicin adalah nama zat yang menyebabkan bau pada bawang putih. Alicin terbukti ampuh untuk meningkatkan kebugaran serta menjaga kesehatan tubuh.

  2. Sumber nutrisi yang rendah kalori
    Di dalam satu ons bawang putih mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan seperti mangan, vitamin B, Vitamin C, Selenium, Kalsium dan lain sebagainya. Dengan adanya nutrisi tersebut bawang putih menjadi salah satu tanaman yang menjadi sumber nutrisi bagi manusia. Selain itu bawang putih hanya mengandung 42 kalori dengan protein 1,8 g serta Sembilan karbohidrat yang menjadikan bawang putih rendah kalori.

  3. Mencegah demam
    Kandungan-kandungan di dalam bawang bukti telah terbukti ampuh dalam menurunkan resiko seseorang terkena pilek atau demam dengan presentase hingga 63 % jika dibandingkan dengan plasebo. Hal ini karena kandungan nutrisi di dalam bawang putih mampu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh manusia sehingga mengurangi resiko terkenan demam.

  4. Menurunkan tekanan darah
    Penyakit kardiovaskular termasuk serangan jantung dan stroke diakibatkan oleh tekanan darah yang tinggi. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih sangat baik dan efetif dalam menurunkan tekanan darah manusia. Mengkonsumsi bawang putih 600 sampai 1.500 mg membantu menurunkan tekanan darah hingga 24 minggu.

  5. Mengontrol tingkat kolesterol
    Dengan mengkonsumsi bawang putih, anda dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 sampai 15 %. Oleh karena itu, anda dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dengan memanfaatkan kebaikan bawang putih.

Dengan khasiat seperti yang telah di ulas di atas, bawang putih memang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi bawang putih. Semoga artikel tentang manfaat bawang putih ini mampu meningkatkan serta menjaga kesehatan tubuh anda.