Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Jarak. Jarak adalah salah satu tumbuhan liar tahunan yang memiliki nama ilmiah Ricinus Communis. Biasa ditemukan di hutan, tanah yang kosong, di daerah pantai dan juga sering ditemukan di areal perkebunan. Jarak termasuk kedalam salah satu jenis tanaman perdu termasuk spesies Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus. Di Indonesia sendiri, pohon jarak memiliki nama yang berbeda di setiap daerahnya contohnya di Jawa Barat disebut dengan kaliki, sumatera barat menyebutnya dulang serta di Madura disebut kalek.

Tanaman jarak biasanya digunakan sebagai sumber minyak. Tanaman jarak memiliki kandungan zat ricin serta mengandung sejenis racun yang cukup mematikan. Tanaman jarak adalah tumbuhan yang kaya akan asam lemak hidroksi yakni asam ricinoleat. Asam tersebut memiliki kekentalan yang stabil pada suhu yang tinggi. Oleh karena itu, salah satu manfaat tanaman jarak adalah sebagai salah satu bahan campuran pelumas.
Manfaat Daun Jarak
(c) wikipedia
Selain dimanfaatkan sebagai pelumas, daun jarak juga memiliki kesehatan untuk kesehatan manusia. Hal ini berkaitan dengan kandungan daun jarak tersebut. Di dalam daun jarak terkandung kemferol-3-rutinoside, senyawa nicotiflorin, nutrisi isoquercitrin, kaempferol, quercetin, rutin, reynoutrin, astragalin serta vitamin C 275 mg. Berikut ini adalah manfaat daun jarak yang dikutip dari manfaat.co.id, daun jarak memiliki khasiat bagi kesehatan manusia.


Manfaat Daun Jarak


  1. Mengatasi susah buang air besar
    Jika anda memiliki masalah buang air besar, anda dapat menggunakan daun jarak sebagai alternatif pengobatan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengukus daun jarak tersebut dan menggunakannya sebagai lalapan saat anda makan.

  2. Menurunkan demam pada bayi
    Jika bayi anda demam, anda dapat menurunkan panasnya menggunakan daun jarak ini. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil dua sampai tiga helai daun jarak lalu bersihkan. Olesi daun jarak tersebut dengan minyak makan yang masih baru. Kemudian daun jarak dipanaskan di atas kompor selama dua menit hingga panasnya menyebar merata pada daun jarak tersebut. Letakkan daun jarak yang telah dipanaskan pada perut serta punggung bayi agar tidak mudah lepas. Atau anda dapat memasang daun jarak tersebut ke dalam gurita bayi.

  3. Mengobati kurap
    Penyakit kulit berupa kurap sangat mengganggu kegiatan anda sehari-hari. Anda dapat mencoba menggunakan daun jarak untuk mengobati penyakit kurap anda. Daun jarak mengandung asam undesilenat dan sangat manjur untuk mengobati kurap. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil daun jarak secukupnya lalu bersihkan. Setelah itu, rendam daun jarak tersebut kedalam minyak kelapa selama beberapa jam lalu panaskan daun tadi. Setelah panas, tempelkan pada kulit yang terkena kurap dan tutup dengan kain katun. Biarkan semalaman sebelum anda buka. Ulangi prosedur tersebut beberapa kali hingga penyakit kurap anda sembuh.

Meskipun manfaat daun jarak untuk kesehatan cukup banyak, namun anda juga perlu hati-hati dengan tanaman yang satu ini. Penggunaan yang salah dapat menyebabkan anda keracunan karena memang tanaman ini mengandung racun yang cukup ampuh. Oleh karena itu, gunakan daun jarak ini dengan bijak. Semoga informasi kali ini menginspirasi Anda untuk memanfaatkan tumbuhan disekitar kita.