7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Obat Asam Urat. Asam urat adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Entah itu laki laki atau perempuan. Penyakit ini biasa menyerang persendian tubuh, seperti pergelangan tangan, siku, tumit, pergelangan kaki, jari kaki, dan lutut. Penyakit ini berasal dari metabolisme purin. Purin adalah zat yang dapat ditemukan pada makanan yang kita konsumsi. Zat ini akan membentuk kristal-kristal dan menumpuk pada persendian. Penumpukan inilah yang akan mengakibatkan peradangan dan pembengkakan, selain itu rasa nyeri yang sangat hebat juga akan dirasakan pada bagian yang terserang.
Cara Mengobati Asam Urat
(c) pixabay
Asam Urat bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh. Olehkarena itu, cara yang aman dan efektif sangat dianjurkan untuk mengobati penyakit ini. Sebelum anda pergi ke dokter, alangkah baiknya jika anda mengobati penyakit ini dengan cara alami dan tanpa efek samping. Seperti dilansir dari glosiramazonplus.com, berikut ini adalah cara alami mengobati asam urat.


Cara Mengobati Asam Urat


  1. Kumis Kucing
    Tanaman ini mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam pentakit. Selain itu, terdapat sifat diuretik yang akan membuang asam urat melalui urin yang kita keluarkan. Cara mengkonsumsinya bisa dengan dicampur beberapa bahan lainya seperti 10 gram daun kumis kucing, 15 gram jahe merah, 10 gram meniran, dan 10 gram kapulaga. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 liter air hingga tersisa setengah. Minumlah 2 kali sehari secara rutin.

  2. Daun Salam
    Selain sebagai bumbu masak, daun ini juga bermanfaat sebagai obat obatan. Banyak senyawa yang terkandung seperti minyak asiri, flavonoid, dan tannin. Senyawa inilah yang dapat membuang asam urat pada persendian. Caranya, rebuslah 3 gelas air dengan 10-15 lembar daun salam hingga tersisa kira kira 1 gelas. Minum ½ gelas air 2kali sehari secara rutin.

  3. Sidaguri
    Tanaman ini mengandung senyawa seperti fenol, kalsium, tanin, alkanoid, asam amino, minyak asiri, kalsium oksalat dan masih banyak lagi. Senyawa tersebut dapat membantu menghilangkan asam urat. Cranya, rebus akar sidaguri kering 10-15 gram dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minumlah pagi dan sore secara rutin, masing masing ½ gelas.

  4. Daun Sirsak
    Selain buahnya yang enak, daun sirsat juga bisa digunakan sebagai obat. Kandungan zat gizi yang lengkap seperti fruktora, fosfor, kalsium, protein, zat besi, vitamin A, vitamin B, alkaloida, fitosterol, serta tanin. Kandungan senyawa itulah yang akan bekerja menobati asam urat pada tubuh anda. Sifat daun sirsat yang anti inflamasi juga dapat mengurangi rasa nyeri. Caranya, rebuslah 5-10 lembar daun sirsat yang masih segar dengan 3 gelas air. Tunggu hingga menjadi 1 gelas air putih. Minum ½ gelas gelas 2 kali sehari.

  5. Kulit Manggis
    Kulit manggis sangat bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat. Xanthone adalah srnyawa aktif yang terkandung dalam kulit manggis dan berkhasiat menekan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh purin. Selai itu, kulit manggis juga ampuh meredakan nyeri. Caranya, Bersihkan dahulu 3 buah manggis segar. Pisahkan daging buah dan kulitnya, simpan kulit manggis yang sudah dikupas di almari pendingin sehari semalam. Setelah itu blender kulit manggis dengan dicampur ethanol dan air (1:2). Kemudian endapkan selama 24 jam hingga ampas terpisah dengan ekstrak xanthone. Anda bisa mencampurnya dengan madu murni agar rasanya lebih manis. Minumlah sehari 1 kali secara rutin.

  6. Menjaga Pola Makan
    Selain obat alami diatas, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protasium tinggi seperti yoghrut, kentang, dan pisang. Hindari makanan yang mengandung purin seperti kerang, ikan laut, daging, kuning telur,dll.

  7. Olahraga
    Olahraga teratur akan membantu kita menjadi sehat dan terhindar dari obesitas, karena orang yang obesitas sangat mudah terkena asam urat.

Demikian adalah cara mengatasi asam urat secara alami. Jangan tunggu sampai asam urat menguasai anda. Jika anda mengabaikan penyakit ini, akibatnya akan fatal. Asam urat akan berkembang menjadi penyakit batu ginjal atau gagal ginjal dan berujung pada kematian.