6 Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan

Manfaat Strawberry. Buah indah dan unik ini sangat populer, karena memiliki warna merah menggoda yang menawan dengan rasa asam yang khas. Strawberry merupakan buah yang sangat banyak dijumpai pada daerah dataran tinggi seperti penggunungan dan bersuhu dingin. Disamping untuk dikonsumsi langsung, buah strawberry juga dapat diproduksi dan dioleh sebagai bahan makanan seperti selai roti, produk minuman atau pemanis pada kue lainya. Manfaat tersebut tidaklah terbatas hanya segi makanan melainkan manfaat buah Strawberry juga terkenal efektif dalam memberikan kebugaran, kesegaran dan kebhagian tubuh.

Strawberry tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, namun setelah terbukti secara higenis yaitu mampu memberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya manfaat strawberry untuk kesehatan yang bekerja bagi kulit dan rambut kita. Ekstrak stroberi juga sering diterpakan dalam produk kecantikan dari merek-merek terkemuka.
Manfaat Strawberry
(c) pixabay
Jadi tidak mengherankan jika buah strawberry sudah dibudidayakan secara terus-menerus. Buah strawberry ini akan semakin istimewa dengan keunggulannya yang sangat khasiat dalam meerawat kecantikan atau memberikan vitamin bagi kesehatan, seperti kami kutip dari manfaat.co.id, berikut adalah khasiat buah Strawberry yang perlu Anda ketahui.


Manfaat Buah Strawberry


  1. Mencegah Darah Tinggi
    Tidak hanya manfaat buah pisang saja yang mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi, melainkan strawberry juga sangat dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi, dengan tanpa efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium strobery yang rendah sama halnya dengan meningkatkan faktor risiko tekanan darah tinggi. Dari hasil Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional, bahwa kurang dari 2% orang menginjak dewasa di AS telah memenuhi rekomendasi kalium harian denagn jumlah 4700 mg.

  2. Alergi dan Asma
    Mengkonsumsi stroberi mampu memberikan efek anti inflamasi dari quercetin. Buah ini dapat membantu mengurangi gejala alergi termasuk ingusan pada hidung, mata berair dan rasa gatal-gatal, walaupun belum ada percobaan pada manusia dilakukan untuk membuktikan theory ini. Namun beberapa studi telah menunjukkan adanya kasus asma akan terjadi lebih rendah jika asupan tinggi tersedia pada gizi dan nutrisi yang penting.

  3. Mengatur Gula Darah
    Stroberi kaya akan indeks glikemik dengan rendah indeks glikemik tapi kaya akan serat, maka akan membantu menngontrol gula darah agar tetap stabil untuk mencegah peningkatan atau penurunan kadar gula yang terlalu tinggi. Para study baru-baru ini telah menemukan bahwa makan sekitar 37 stroberi dalam sehari saja, secara signifikan telah berhasil mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit kronis ginjal dan neuropati. Hasil study tersebut menunjukkan bahwa fisetin, flavonoid dalam strawberry mendukung kelangsungan hidup neuron bersamaan dengan pencegahan komplikasi pada kedua ginjal.

  4. Melancarkan Pencernaan
    Mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan air yang tinggi dan mengandung serat sebagaimana yang ditemui pada buah semangka, maka strobery pun dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan zat racun dan sisa makanan menjadi lebih lancar. Serat ini yang sangat berguna untuk mengurangi masalah sembelit serta melancarkan biang air besar.

  5. Mengatasi Stroke
    Antioksidan quercetin, kaempferol yang terkandung dalam buah ini, serta antosianin semuanya telah teruji dalam mengurangi pembekuan darah yang cukup berbahaya karena hubungan kuatnya dengan stroke. Kaliumnya juga berfungsi dalam penurunan risiko stroke.

  6. Pencegahan Kanker
    Telah dijelaskan di atas, stroberi memang mengandung antioksidan kuat yang bekerja dalam melawan radikal bebas, mencegah pertumbuhan tumor serta mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Strobery memang lezat, tetapi jika kita lebih tahu tentang manfaat buah Strawberry dalam kesehatan, maka kenikmatan dalam mengkonsumsinya lebih nyaman, aman tanpa rasa bersalah.