9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak yang sehat. Minyak yang juga dikenal dengan Minyak Olive ini mempunyai banyak kandungan tinggi akan lemak tak jenuhnya (polifenol dan asam oleik). Minyak yang dihasilkan dari pengolahan ekstrak buah zaitun ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Ada berbagai jenis minyak zaitun, seperti minyak zaitun berjenis biasa, minyak zaitun virgin, dan minyak zaitun ekstra virgin. Jenis ini dapat dibedakan dari cara pembuatanya yang menggunakan sistem pengepresan dingin. Minyak ini dapat dikonsumsi secara internal maupun eksternal.
Manfaat Minyak Zaitun
(c) pixabay
Khasiat minyak zaitun ini sudah tidak diragukan lagi keampuhanya. Seorang ratu dari Mesir, yaitu ratu Cleopatra sudah membuktikanya. Kesehatan tubuh, serta kecantikan yang dimilikinya adalah hasil dari minyak zaitun. Nah, agar lebih jelas apa saja manfaat dari minyak zaitun, kali ini kita akan membahasnya seperti kami kutip dari kesehatanpedia.com. Untuk lebih jelas dan lengkapnya dibawah ini merupakan beberapa manfaat minyak zaitun yang mungkin belum pernah anda ketahui.

Manfaat Minyak Zaitun


  1. Memperpanjang Umur
    Walaupun sebagian orang menganggap bahwa mengkonsumsi minyak zaitun adalah mitos, namun beberapa peneliti sudah membuktikan bahwa sekelompok masyarakat yang mengkonsumsi minyak zaitun hidupnya akan lebih panjang dari ,masyarakat yang tidak mengkonsumsi minyak ini. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun terbukti dapat menghindarkan kita dari penyakit kolestrol, serangan jantung, stroke, penurunan tekanan darah, penggumpalan derah, dan penyakit urat nadi.

  2. Mengatur Berat Badan
    Kandungan Asam Lemak yang terkandung pada minyak zaitun akan membantu membuang lemak jahat yang dapat menyebabkan obesitas dalam tubuh kita. Namun, sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minyak ini secara berlebihan karena minyak ini akan berdampak sebaliknya. Cukup konsumsi 2 sendok makan sehari sekali.

  3. Memperkuat Otot
    Kurangnya vitamin E pada tubuh akan menyebabkan otot mengendur. Kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun akan membantu memperkuat otot anda.

  4. Mencegah Kanker
    Kandungan Antioksidan yang terdapat pada minyak Zaitun danpat membentu mengurangi resiko terkena kanker. Senyawa Hidroksitirosol yang terdapat pada Antioksidan juga baik untuk menyeimbangkan kadar gula yang berlebihan dan mencegah sel sel yang dapat menyebabkan kanker.

  5. Menghilangkan Rasa Nyeri
    Minyak Zaitun dapat menghilangkan rasa nyeri pada tubuh anda. Senyawa Protaglandin yang dapat menyebabkan nyeri. Caranya mudah, oleskan minyak zaitun pada bagian tubuh anda yang terasa nyeri.

  6. Menyehatkan Saluran Pencernaan
    Sudah sejak zaman dahulu minyak zaitun akan membantu pencernaan pada tubuh . Kandungan senyawa oleuropein aglikon yang terdapat dalam minyak zaitun akan berperan penting dalam menjaga kesehatan usus sehingga dapat melancarkan pencernaan.

  7. Menjaga Kelembaban dan Kesehatan Kulit
    Semua orang pasti menginginkan kulit yang sehat. Sedangkan vitamin E memiliki peran penting untuk membuat kulit anda sehat. Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin E inilah yang akan membantu membuat kulit anda menjadi sehat dan terjaga kelembabanya. Anda bisa mencampurkan ½ sendok makan cuka apel, 1 sendok makan minyak zaitun, dan ½ sendok makan air. Aduk hingga bahan tersebut tercampur dan oleskan pada bagian kulit secara merata.

  8. Mencegah Osteoporosis
    Mengkonsumsu minyak zaitun sangat penting agar terhidarkan dari nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Kandungan Prostaglandin yang terdapat pada minyak zaitun sangat baik untuk menyehatkan tulang.

  9. Minyak Zaitun Digunakan Sebagai Aromaterapi
    Baunya yang wangi dan khas, membuat banyak orang menggunakan minyak zaitun sebagai Aromaterapi. Minyak ini juga sering digunakan sebagai minyak urut/pijat.

Demikian adalah manfaat minyak zaitun yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Ingat, jangan gunakan minyak zaitun secara berlebihan, karena akan menimbulkan beberapa efek samping khususnya pada ibu hamil dan menyusui.