6 Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan

Manfaat Bandotan. Mendengar kata bandotan saja kita sudah tertawa, ya karena bandotan atau babadotan adalah tanaman yang unik dan lucu. Namun manfaat yang terkandung didalamnya lebih dari itu. Untuk yang pertama kita akan memberikan gambaran pada Anda mengenai tumbuhan ini.

Tanaman bandotan tumbuh subur dipadang bebas, biasanya bandotan tumbuh di semak-semak dan sering dibuang karena banyak orang menganggap tanaman ini tidak ada gunanya. Tanaman ini memiliki banyak bunga, namun dalam ukuran kecil. Warnanya putih dan keungu-unguan.
Manfaat Bandotan
(c) wikipedia
Setelah Anda membaca sajian informasi kami mengenai manfaat daun bandotan dari sumber referensi manfaat.co.id Anda pasti akan lebih peduli dengan tanaman ini. Sungguh kuasa Tuhan YME telah menciptakan rumput yang kaya dengan manfaatnya.

Manfaat Bandotan


  1. Tumor rahim
    Tumor rahim adalah penyakit yang cukup dtakuti oleh para wanita, karena penyakit tumor rahim bisa mengakibatkan seorang wanita mandul bahkan hingga meninggal. Untuk mengatasi tumor rahim, Anda bisa melalukan treatment sederhana dengan menggunakan bandotan sebagai obat. Caranya pun mudah, Anda bisa merebus daun bandotan yang telah dicuci bersih dan direbus hingga matang. Setelah itu barulah Anda minum air rebusan perlahan. Lakukan secara rutin untuk mengurangi tumor dalam rahim.

  2. Malaria
    Malaria yang disebabkan oleh nyamuk dan memiliki efek panas dan dingin pada suhu tubuh bisa diatas dengan daun bandotan. Cara membuat obat malaria dari bandotan adalah dengan merebus daunnya kemudian Anda minum airnya.

  3. Influenza
    Bila Anda mengalami flu, manfaatkan daun bandotan sebagai obatnya. Daun bandotan bisa mengusir flu dan menghilangkan virus influenza. Cara membuat obatnya masih sama yaitu dengan merebus daun bandotan.

  4. Bisul
    Untuk mengobati bisul, Anda bisa menggunakan daun bandotan segar untuk ditumbuk hingga halus kemudian Anda oleskan pada bagian bisul. Lakukan cara ini hingga bisul sembuh.

  5. Eksim
    Eksim, salah satu penyakit yang menyerang kaki ini sangat mengganggu aktivitas. Bagaimana tidak ? maka bagian yang terkena eksim akan mengeluarkan darah dan nanah, rasa gatal yang tak dapat ditahan sampai dengan pembengkakan bagian kaki. Untuk mengobati eksim Anda bisa menggunakan bandotan untuk ditumbuk halus dan dibalurkan pada bagian yang terkena eksim. Daun bandotan mampu membuat luka basah menjadi lebih cepat mengering.

  6. Radang telinga
    Bila Anda mengalami radang pada bagian telinga Anda bisa menggunakan tumbuha bandotan untuk membantu pendengaran Anda pulih kembali. Caranya pun mudah hanya dengan menumbuk bandotan hingga halus kemudian Anda ambil sari bandotan untuk diminum sekurang-kurangnya 4 hari sekali. Dengan demikian radang telinga Anda berangsur-angsur sembuh.

Gimana pembaca ? Menarik kan ? Rumput yang dianggap gak berguna aja mampu mengobati sederet penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit parah sekalipun. Untuk Anda yang masih ragu mengenai manfaat bandotan, Anda bisa berkonsultasi langsung ke ahli kesehatan untuk membuktikan manfaat bandotan, apakah nantinya aman dikonsumsi atau mungkin justru tidak baik untuk kesehatan Anda.

Karena mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak bisa menggunakan bandotan sebagai obat herbal. Jadi lebih baik Anda tanyakan langsung pada ahlinya. Cukup sekian informasi yang kita bagikan untuk para pembaca sekalian, tetp jaga kelestarian tanaman bumi, karena tanaman-tanaman inilah yang justru memiliki beragam manfaat untuk kesehatan manusia. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri dengan pola makan yang benar, tidur yang teratur dan olahraga rutin.