7 Manfaat Buah Dan Daun Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan. Mungkin sebagian dari Anda yang hidup di perkotaan merasa asing ketika mendengar buah ciplukan. Ya tanaman satu ini hanya bisa tumbuh di semak belukar, karena ciplukan tanaman yang dengan mudahnya tumbuh subur merambat ditanah. Pastinya ciplukan tidak ditemukan didaerah perkotaan, kecuali memang ada yang menanam buah ini, kebanyakan orang Sunda menyebut buah ini dengan nama cecenet, dan tentunya penyebutan nama juga berbeda di daerah lain khususnya yang masih wilayah Indonesia.
Manfaat Ciplukan
(c) wikipedia
Kali ini kita tidak akan membahas mengenai fisiologis ciplukan, melainkan kita akan membahas mengenai manfaat ciplukan untuk kesehatan. Hal ini kita bagikan agar para pembaca mengetahui ada banyak manfaat dari ciplukan, dan menolak anggapan bahwa ciplukan tidak berguna, faktanya ciplukan saja bisa menyehatkan tubuh. Dilansir dari manfaat.co.id kita telah merangkum manfaata buah ciplukan dan manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Ciplukan


  1. Mengobati flu
    Bila Anda mengalami flu, Anda bisa memanfaatkan buah ciplukan untuk mengatasi flu yang menyerang. Anda bisa membuat air rebusan dari buah ciplukan kemudian Anda minum air rebusan tersebut agar nutrisi dalam buah ciplukan maksima dalam mengusri flu.

  2. Mengobati radang tenggorokan
    Tidak berbeda jauh dengan cara mengobati flu, Anda bisa mengobati radang tenggorokan dengan minum air rebusan buah ciplukan. Buah ciplukan mampu meredakan sakit radang di tenggorokan dan mengusir bakteri yang mengganggu tenggorokan.

Manfaat Daun Ciplukan


  1. Mengobati pertusis
    Pertusis lebih dikenal sebagai batuk rejan, bila Anda mengalami batuk rejan Anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi daun ciplukan dan membuat ramuan herbal. Caranya dengan merebus daun ciplukan kemudian disaring setelah itu minum air herbl sari daun ciplukan yang bisa menyembuhkan batuk.

  2. Mengobati gondongan
    Gondongan yang disebabkan karena kekurangan yodiums sering menimpa mereka yang memiliki krisis gizi. Daun ciplukan hadir untuk menjadi solusi bagi mereka yang memiliki gondongan. Gondongan adalah kelainan akibat kelenjar bawah leher mengalami pembengkakan karena kekurangan nutrisi. Daun ciplukan mampu meredam rasa nyeri dan sakit selama gondongan, dan dengan air rebusan daun ciplukan ini gondongan dapat teratasi.

  3. Mengobati bisul
    Bisul sering muncul dimana saja dan kapan saja, bisul cukup mengganggu kita dalam melakukan berbagai aktivitas, bila Anda terkena bisul, Anda bisa mengoleskan air rebusan daun ciplukan pada luka. Dengan demikian bisul akan mengempes dan sembuh. Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda hingga bersih sehingga tidak terjadi infeksi dalam luka.

  4. Mengeringkan borok
    Borok adalah salah satu penyakit akibat tidak menjaga kebersihan, penyakit kulit ini cukup menjijikan namun Anda bisa mengobatinya dengan mengoleskan daun ciplukan yang telah dihaluskan pada bagian yang terkena borok, lambat atau cepat luka borok akan mengering.

  5. Mengobati kencing manis
    Bila Anda menderita diabetes atau kencing manis Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan. Daun ciplukan mampu mengurangi kadar gula dalam darah.

Namun hal yang perlu diingat adalah Anda harus berhati-hati saat mengkonsumsi buah dan daun ciplukan, pastikan bahwa yang Anda ambil entah daun maupun buah telah dicuci bersih dan bebas dari serangga ataupun kotoran. Daun dan buah ciplukan bukan obat sakti yang bisa langsung menyembuhkan penyakit Anda, namun hal ini bisa menjadi alternatif pilihan dalam menempuh pengobatan.

Demikian adalah sebagian kecil manfaat buah ceplukan dan manfaat daun ciplukan yang bisa menjadi perluasan referensi Anda mengenai khasanah obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jagalah kesehatan dan kebersihan sehingga tubuh Anda tidak rentan terkena penyakit. Karena mencegah pasti lebih baik daripada mengobati. Ingat selalu untuk terus menjalani pola hidup sehat untuk kehidupan yang lebih bermanfaat.