Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Cara Mengobati Batuk. Hampir semua orang pernah mengalami penyakit batuk. Batuk adalah penyakit yang sering menyerang beberapa orang, hal ini dikarenakan batuk berasal dari virus dan bakteri yang dengan mudahnya menular dan menyebabkan orang sehat menjadi sakit, terkadang batuk juga sering di barengi dengan penyakit lain seperti flu dan masuk angin.
Cara Mengobati Batuk
(c) pixabay
Bila Anda terkan batuk, Anda tidak perlu khawatir. Anda harus tenang dan mulai mencari solusinya. Jangan terburu-buru mengkonsumsi obat generik ataupun perika ke dokter. Terkadang batuk yang dialami adalah batuk sesaat. Namun Anda juga tidak boleh meremehkan batuk. Dalam informasi kalo ini kita akan berbagi tips mengenai cara mengobati batuk secara alami. Hal ini kita bagikan kepada Anda karena kita tahu bahwa pengobatan secara alami tidak membahyakan bagi kesehatan Anda, terutama dalam jangka panjang. Berikut adalah ulasan cara mengobati batuk dari tipscaramanfaat.com, yang akan kita bahas satu per satu.

Cara Mengobati Batuk


  1. Jahe
    Rempah-rempah tradisional memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengobati batuk. Salah satunya adalah jahe. Jahe memang dikenal mampu mengobati batu secara efisien. Dengan mengkonsumi jahe selama batuk, maka berangsur-angsur Anda akan sembuh. Lalu bagaimana cara membuat jahe sebagai obat tradisional ? Apabila Anda batuk-batuk Anda bisa menggunakan jahe sebagai obatnya dengan merebus jahe dengan daun pandan. Setelah itu saring air rebusan jahe dan kemudian tambahkan madu kedalam air rebusan jahe. Minum perlahan selagi hangat, efek hangat dari jahe mampu meredakan paru-paru dan sistem pernapasan Anda. Dengan demikian batuk yang disebabkan oleh bakteri maupun virus bisa disembuhkan.

  2. Jeruk Nipis
    Jeruk nipis memang tidak asing lagi digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati batuk. Anda bisa membuat wedang jeruk nipis atau jeruk nipis hangat dengan dicampur sedikit gula batu sebagai penambah rasa manis. Jangan terlalu banyak menggunakan gula karena hal ini akan mengganggu kemampuan jeruk nipis dalam menghilangkan batuk. Minum secara rutin dan semoga batuk Anda sembuh melalui jeruk nipis hangat.

  3. Daun Sirih
    Daun sirih yang biasa digunakan untuk melakukan perawatan kewanitaan kali ini bisa digunakan untuk mengobati batuk. Caranya pun mudah yaitu dengan merebus daun sirih dan jahe dalam 1 panci kemudian tunggu hingga air matang. Barulah air rebusan disarin, tambahkan gula batu atau madu sebagai pemanis. Setelah itu nikmatilah wedang daun sirih dan jahe sebagai obat tradisional menghilangkan batuk.

  4. Kencur
    Satu lagi tanaman rempah yang bisa Anda gunakan untuk mengusir batuk adalah dengan merebus kencur dan jahe. Air rebusan rempah-rempah ini bisa Anda gunakan sebagai minuan disaat pagi dan malam hari menjelang istirahat. Kencur memiliki kemampuan untuk meredam gatal-gatal yang diakibatkan bakteri pada sekitar sistem pernapasan, sedangkan jahe mampu menghangatkan badan. Sehingga sistem kekebalan tubuh Anda tetap terjaga.

Jadi perlu diketahui bahwa rempah-rempah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Selain cara mendapatkannya mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan dana banyak hanya untuk mengobati batuk ringan. Gunakan tips diatas untuk mengobati batuk. Dengan melakukan pengobatan dengan benar, biasanya batuk Anda akan hilang atau setidaknya keadaan menjadi lebih baik.

Namun bila dirasa batuk yang Anda alami cukup parah Anda bisa segera menemui dokter untuk diperiksa agar semuanya tidak terlambat. Jangan pernah berkompromi dengan penyakit apapun, sekalipun penyakit ringan seperti batuk, karena sekali Anda meremehkan satu penyakit maka Anda pun akan susah sembuh. Sugestikan pada diri Anda untuk tetap sehat dan ikuti pola hidup sehat secara alami.