Cara Mengobati Gondok Secara Alami

Cara Mengobati Gondok. Apa yang kalian ketahui mengenai gondok ? Banyak orang jawa menganggap penyakit gondok adalah mitos yang tidak jelas dari mana sumbernya. Namun perlu Anda ketahui bahwa gondok adalah penyakit yang bisa ditangani oleh medis. Penyakit gondok adalah penyakit yang muncul akibat seseorang kekurangan nutrisi dan pada akhirnya menyebabkan bengkaknya kelenjar di daerah tenggorokan, dan akibatnya adalah tenggorokan seperti ada benjolan yang membesar.
Cara Mengobati Gondok
(c) wikipedia
Anda jangan terlalu panik bila mendapati benjolan di tenggorkan, raba-raba terlebih dahulu, apakah itu gondok atau justru kanker atau mungkin penyakit lainnya. Untuk itu kami bagikan beberapa tips untuk menangani penyakit gondok. Berdasar dari referensi obatgondok.com, kita mendapatkan beberapa cara mengobati gondok dengan bahan alami, hal ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menambah wawasan mengenai khasanah obat tradisional Indonesia.

Cara Mengobati Gondok


  1. Akar Jarong
    Bila Anda mengalami sakit gondok, Anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan akar jarong, caranya dengan merebus akar jarong dengan air hingga mendidih, kemudian saring airnya dan ambil akar jarong tersebut. Setelah itu barulah letakkan si akar jarong ke bagian yang dirasa sakit.

  2. Belimbing Wuluh
    Belimbing wuluh bentuknya kecil dan rasanya yang sangat asam ternyata mampu menjadi obat gondok. Anda bisa membuat jamu dari belimbing wuluh dengan cara menumbuk halus belimbing wuluh yang dicampur dengan bawang merah, setelah kedua bahan lembut mulailah dioleskan pada bagian gondok yang sakit.

  3. Ciplukan
    Beberapa hari lalu kita telah berbagi informasi mengenai buah dan daun ciplukan yang memiliki banyak manfaat, dalam kesempatan kali ini kita akan berbagi manfaat ciplukan untuk mengobati penyakit gondok. Caranya adalah dengan merebus buah ciplukan kemudian diminum air rebusan ciplukan. Anda bisa minum air rebusan sehari 2 kali untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid.

  4. Daun dewa
    Cara memanfaatkan daun dewa untuk obat gondok adalah dengan merebus daun ini setelah itu Anda minum air rebusan hingga habis. Daun dewa bisa membuat pembengkakan menjadi mengempis

  5. Daun Sambiloto
    Alternatif lain untuk mengobati penyakit gondok adalah dengan menggunakan daun sambiloto. Caranya juga sama yaitu dengan merebus daun sambiloto dan minum air rebusan tersebut.

Demikian adalah beberapa cara untuk mengobati gondok secara alami, dibawah ini kita juga akan berbagi tips untuk mencegah gondok. Hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit gondok adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki nutrisi tinggi seperti bayam, kangkung, biji-bijian, kacang-kacangan dan masih banyak lainnya. Setidaknya Anda mengkonsumsi makanan yang mampu menurunkan kadar hormon tiroksin dalam tubuh.

Selain itu Anda juga harus bisa membedakan mana gondok yang membesar akibat kelenjar tiroid atau gondok beracun. Ada beberapa jenis penyakit gondok yang bisa menyerang manusia. Dalam kasus ini Anda bisa melakukan beberapa pencegahan dan salah satu caranya adalah seperti yang kita sampaikan diatas dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu gondok bisa menyerang mereka yang memiliki gizi rendah, biasanya akibat kekurangan yodium.

Untuk Anda yang mengalami gondok beracun akan lebih baik jika segera melakukan konsultasi dengan dokter dan melakukan operasi. Agar racun dalam gondok tidak lagi menyebar ke bagian tubuh lain. Hal ini berbahaya untuk kesehatan Anda, karena pada gondok yang biasa saja bisa menyebabkan gangguan makan dan pernapasan, apalagi bagi anda yang menderita gondok beracun. Periksakan ke dokter terdekat dan jika dirasa perlu lakukan lah pengobatan yang dianjurkan dokter.