10 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami dan Tradisional

Cara Mengobati Masuk Angin. Masuk angin adalah penyakit yang sering menghampiri banyak orang, tidak tanggung-tanggung, baik dari usia bayi hingga lansia, semua rentan terkena masuk angin. Hal ini dikarenakan masuk angin merupakan penyakit ringan yang berpotensi diderita oleh siapapun. Banyak hal yang menjadikan seseorang terkena masuk angin.
Cara Mengobati Masuk Angin
(c) wikipedia
Meskipun masuk angin tergolong penyakit ringan, hal ini jangan dibiarkan begitu saja. Dalam bahasan kali ini kita akan berbagi informasi mengenai cara mengobati masuk angin secara alami. Hal ini kami sampaikan karena berkaitan dengan kesehatan Anda. Pengobatan secara alami jauh lebih baik dan tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan. Berdasarkan ulasan dari disehat.com dan caraalami.com, berikut adalah beberapa cara mengatasi masuk angin secara alami.


Obat Masuk Angin


  1. Minyak Kayu Putih
    Minyak kayu putih bisa digunakan untuk mengobati masuk angin, minyak kayu putih adalah tanaman tradisional yang mampu memberikan efek panas dan menghilangkan masuk angin dalam tubuh. Cara menghilangkan masuk angin dengan minyak kayu putih adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih tersebut kebagian yang dirasa kembung. Biasanya pada perut, baik itu perut bagian bawah, atas maupun perut bagian samping. Setelah itu oleskan secara merata hingga semua bagian mendapat olesan minyak kayu putih. Setelah itu beristirahtalah, dengan demikian kerja minyak kayu putih akan lebih maksimal dalam menghilangkan masuk angin. Efek panas yang ditimbulkan dari minyak kayu putih mampu mengusir pertu kembung dan masuk angin yang menyerang. Karena aroma terapisnya yang menenangkan dan aromanya yang khas, banyak orang yang menyukai minyak kayu putih sebagai salah satu obat tradisional untuk menghilangkan masuk angin.

  2. Bawang Merah
    Bawang merah selain dikenal sebagai bumbu dalam memasak, ternyata mampu dijadikan sebagai pengusir masuk angin. Cara mengobati masuk angin secara alami melalui bawang merah adalah dengan mengahaluskan bawang merah dengan cara di parut kemudian dioleskan pada perut yang kembung. Hal ini biasanya dilakukan orang tua kepada anak balitanya. Karena panas yang ditimbulkan oleh bawang merah tidak terlalu tinggi, sehingga anak-anak merasa nyaman. Namun banyak juga anak-anak yang tidak menyukai baunya. Namun yang pasti bawang merah dirasa ampuh untuk mengusir perut kembung akibat masuk angin untuk para balita.

  3. Teh Hangat
    Bila Anda mengalami masuk angin, badan dingin karea kehujanan dan perut kembung, cobalah untuk sekedar menikmati secangkir gelas teh hangat. Dengan cara ini diharapkan suhu tubuh Anda kembali normal dan juga panas yang berasal dari teh hangat mampu mengusir masuk angin dalam tubuh.

  4. Jeruk
    Jeruk memang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, dan salah satu manfaat konkritnya adalah mampu mengusir masuk angin. Cara yang bisa Anda lakukan dalam mengusir masuk angin dan perut kembung adalah dengan membuat minuman jeruk hangat. Apalagi kandungan vitamin C dari jeruk yang mampu menjadi antibodi dalam tubuh sehingga imun tubuh kembali menguat.

  5. Jahe
    Tidak beda jauh dengan jeruk, jahe pun bisa menjadi alternatif penghilang masuk angin secara alami. Hal ini dikarenkan jahe memiliki sifat mampu menghangatkan tubuh. Anda bisa membuat minuman dari jahe dengan cara merebus jahe yang telah dicuci dan kemudian campurkan gula merah kedalam rair rebusan, setelah matang, Anda bisa menambahkan madu, tentunya untuk Anda yang menyukai minuman manis.

  6. Istirahat Yang Cukup
    Cara-cara alami yang bisa Anda lakukan saat mengalami masuk angin sebenarnya efisien, karena masuk angin adalah kondisi dimana tubuh Anda rentan terhadap cuaca yang tidak stabil, tips yang pertama menganjurkan Anda untuk beristirahat yang cukup. Dengan tidur sepanjang hari, dalam arti Anda tidak melakukan aktivitas hanya istirahat untuk masa pemulihan. Dengan demikian badan akan beristirahat dan Anda bisa segera pulih kembali.

  7. Banyak Minum Air Putih
    Selama Anda masuk angin, perbanyaklah minum air putih sebagai mineral dan berfungsi sebagai netralisir dala tubuh. Dengan minum air putih banyak diharapkan cairan dalam tubuh tidak berkurang selama Anda sakit.

  8. Makanan Yang Cukup
    Setelah Anda beristirahat dan banyak minum air putih, cobalah untuk makan dalam jumlah wajar, artinya jangan sampai Anda tidak makan. Karena dengan makan tubuh tetap memiliki energi dan Anda tidak akan lemas. Dengan begitu kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga dan membantu menjaga ketahanan daya tubuh.

  9. Jangan Melakukan Aktvitas Yang Berat
    Setelah melakukan beberapa tips diatas, cobalah untuk tidak melakukan aktivitas berat, meskipun masuk angin adalah penyakit ringan, namun jika tidak sembuh-sembuh bisa mengakibatkan datangnya penyakit lain. Pada saat masuk angin daya tahan tubuh Anda benar-benar lemah, jadi cukup beristirahat dan membiarkan tubuh Anda membentuk ketahanan tubuh agar Anda pulih.

  10. Kurangi Minum Dingin
    Salah satu penyebab masuk angin adalah minuman dingin, hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi minuman dingin disaat cuaca panas akan memicu panas dalam didalam tubuh, efeknya badan jadi tidak stabil dan akhirnya Anda mengalami masuk angin.

Cara mengatasi masuk angin secara alami menganjurkan Anda untuk terus menjaga kesehatan tubuh, bahkan saat Anda sakit. Bila Anda berkenan, Anda bisa minum ramuan herbal yang Anda rcaik sendiri, bisa jadi Anda membuat jahe anget ataupun minum jeruk nipis hangat. Jahe dan jeruk nipis cukup efektif dalam menjaga kehangatan badan. Sehingga mampu membuat pertahanan tubuh kembali normal.

Terlepas dari itu semua, pencegahan terhadap masuk angin adalah hal yang penting. Mulailah mengtur pola istirahat yang sehat kemudian Anda bisa membawa minyak angin herbal yang dijual bebas untuk mengatasi perut kembung. Biasanya orang yang masuk angin ciri utamanya adalah perut kembung.

Semoga tips diatas bermanfaat untuk para pembaca semua, mengingat kesehatan itu mahal jagalah kesehatan dan lakukan pencegahan sebelum penyakit datang ke tubuh Anda. Makan dan minumlah yang bergizi tinggi agarsistem imun kebal dan bisa melawan penyakit yang akan menyerang Anda.