7 Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jagung. Apakah Anda penggemar jagung ? atau mungkin Anda justru tidak suka jagung ? Yeps pertanyaan pembuka yang akan mengantarkan kita pada kesempatan kali ini dalam bahasan manfaat jagung. Untuk Anda penggemar jagung tahukah Anda bahwa jagung memiliki segudang manfaat untuk kesehatan ?. Buah jagung seringkali dibuat menjadi berbagai macam makanan dan cemilan dengan aneka rasa, seperti kue, snack, popcorn, dll.
Manfaat Jagung
(c) pixabay
Dalam bahasan kali ini kita akan memaparkan beberapa manfaat jagung dari sumber wikipedia untuk mengetahui efek bagi kesehatan serta manfata jagung sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal. Berikut adalah manfaat jagung untuk manusia.

Manfaat Jagung


  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Jagung adalah sayuran yang keya dengan serat, oleh karena itu jagung baik dikonsumsi oleh semua kalangan, bahkan jagung bisa dijadikan sebagai makanan utama pengganti beras. Bila Anda pergi ke pasar Anda akan menemukan beras jagung dan beras ini baik juga untuk kesehatan. Namun karena orang Indonesia terbiasa makan nasi dari padi, nasi jagung tidak setenar nasi padi. Namun nasi jagung memiliki nutrisi, vitamin B dan serat yang hampir sama dengan nasi padi. Sehingga jagung mencegah terjadinya sembelit.

  2. Mencegah Osteoporosis
    Selain mengandung serat yang baik untuk tubuh, jagung memiliki kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang, sehingga jagung bisa mencegah osteoporosis. Terutama untuk para orang tua berusia lanjut, mengonsumsi jagung adalah hal yang disarankan agar kepadatan dan kekuatan tulang tetap terjaga.

  3. Menjaga Kesehatan Kulit
    Selain mengandung fosfor yang bagus untuk tubuh, jagung juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan kulit. Antioksidan dalam jagung berguna untuk menjaga kulit dari berbagai serangan jamur dan bahkan menjaga kesehatan tubuh dari serangan bakteri jahat. Jadi untuk Anda yang ingin awet muda dengan kulit kencang nan sehat, Anda bisa mengonsumsi jagung sebagai nutrisi utama.

  4. Mencegah Anemia
    Jagung mengandung zat besi yang bisa digunakan sebagai makanan yang baik untuk penderita anemia. Zat besi dalam jagung berperan untuk memproduksi sel darah merah agar penderita anemia sembuh dan tekanan darah dalam tubuh kembali normal.

  5. Menjaga Kesehatan Jantung
    Selain baik untuk kesehatan darah, jagung juga baik untuk kesehatan jantung. Jagung memiliki kandungan vitamin C dan bioflovanoid yang sangat bagus menjaga kesehatan jantung dan mencegah datanganya kolesterol dalam tubuh.

  6. Menjaga Kesehatan Mata
    Tahukah Anda bahwa jagung kaya dengan vitamin A ? Ya jagung memiliki banyak vitamin A yang berguna untuk menutrisi mata dan kulit tubuh sehingga mata dan kulit akan selalu sehat. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kejernihan mata, kejelasan jarak pandang dan melindungi mata dari rabun.

  7. Mencegah Diabetes
    Jagung memiliki kandungan fitokimia yang bergna untuk menyerap hormon insulin yang baik untuk tubuh, dan jagung adalah tumbuhan berbiji yang disarankan untuk penderita diabetes. Karena jagung bisa menurunkan gula darah dalam tubuh. Penyerapan hormon insulin oleh fitokimia sangat bagus untuk kesehatan penderita diabetes.

Baik demikian adalah 7 manfaat jagung untuk kesehatan manusia, jagung yang dimaksud adalah semua jenis jagung yang tumbuh. Anda bisa mengolah jagung keberbagai menu, dengan menonsumsi jagung Anda akan mendapat 7 manfaat yang disebutkan diatas.

Selain itu jagung juga sangat disarankan untuk dijadikan menu makanan bagi penderita diabetes dan penderita penyakit jantung. Bahkan jagung lebih disarankan daripada nasi yang memiliki gula lebih tinggi yang bisa menambah keadaan gula darah meningkat.