9 Cara Mengobati Eksim Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengobati Eksim. Eksim adalah jenis penyakit kulit yang menyebabkan kulit menjadi bernanah dan berdarah serta timbulnya rasa gatal. Eksim dibedakan menjadi dua yaitu eksim basah dan eksim kering. Selain itu eksim bisa disebabkan karena faktor keturunan maupun faktor kurang menjaga kebersihan. Gejala awal penykit eksim berbeda-beda tergantung pada jenis eksim tersebut, tapi biasanya daerah yang akan terjangkit penyakit eksim sedikit kering dan memerah, ada juga yang disertai rasa gatal, dan terkadang timbul seperti sisik yang kasar.
Cara Mengobati Eksim
(c) wikipedia
Penyakit Eksim kebanyakan menyerang kulit bagian kaki, seperti yang kita tahu bahwa kaki adalah bagian anggota tubuh yang sering terkena debu dan beragam bakteri. Dalam informasi kali ini kita akan membagi tips cara mengobati eksim secara alami. Berdasar manfaat.co.id ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati eksim secara alami, berikut paparan lengkapnya.

Cara Mengobati Eksim


  1. Belerang dan Bengkuang
    Belerang dari dulu dipercaya sebagai obat penyakit kulit, dan belerang mampu mengobati eksim, dalam hal ini belerang dan bengkuang menjadi obat alami untuk mengatasi eksim. Campurkan belerang dan bengkuang yang telah dihaluskan kemudian balurkan pada bagian yang terkena eksim.

  2. Biji Mahoni
    Biji mahoni memiliki rasa yang sangat pahit, maka dari itu biji mahoni sering digunakan menjadi obat, ternyata mahoni mampu mengobati eksim, cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus biji mahoni kemudian diseduh dengan air panas setelah itu dicampur dengan madu sebagai perasa manis. Anda bisa minum jamu ini sehari 1 kali.

  3. Daun Kecubung
    Meskipun daun kecubung memiliki efek memabukkan bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, tapi daun ini masih bisa digunakan untuk mengobati eksim dalam kadar nomal. Cara membuat jamu dari daun kecubung adalah dengan melumatkan daun kecubung hingga halus, setelah itu tambahkan minyak kelapa dan aduk kedua campuran hingga rata. Setelah itu panaskan 2 campuran tersebut diatas api dan setelah dibakar Anda bisa mengoleskannya di bagian yang terkena eksim.

  4. Kunyit dan Asam Jawa
    Kunyit dan asam jawa adalah perpaduan pas untuk mengobati eksim, cara membuatnya cukup mudha, dengan hanya melumatkan kedua bahan, kunyit dan asam jawa, setelah lumat oleskan pada bagian yang gatal akibat eksim.

  5. Wortel dan Kapur Sirih
    Bila Anda mengalami eksim Anda bisa membuat obat tradisional dari wortel dan kapur sirih untuk mengobati eksim. Parut 1 wortel kemudian di campur dengan kapur sirih setelah itu oleskan pada bagian eksim dan balut dengan perban.

  6. Daun Sambiloto dan Temulawak
    Daun sambiloto dan temulawak dipercaya mampu mengobati banyak penyakit termasuk eksim. Anda bisa merebus daun sambiloto dan temulawak kemudian diminum airnya.

  7. Daun Meniran
    Daun meniran banyak ditemukan dipedesaan, daun ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa pernyakit termasuk penyakit eksim. Cara membuat obatnya adalah dengan merebus daun meniran dicampur dengan temulawak dab daun remujung setelah itu ditambahkan gula batu, setelah campuran jamu tersebut matang, Anda bisa minum obat tradisional ini selagi hangat.

  8. Daun Bayam
    Bayam dikenal sebagai sayuran yang bernutrisi tinggi, namun ada juga penyakit yang melarang seseorang untuk mengkonsumsi bayam. Dalam kasus kali ini bayam mampu mengobati eksim. Anda bisa merebus bayam dan menggunakan air rebusan sebagai air kompres untuk eksim.

  9. Daun Ketepeng
    Meskipun nama daun ini aneh, namun ternyata daun ketepeng bisa mengobati eksim. Cara membuatnya mudah yaitu dengan melumatkan daun ketepeng, daun asam yang masih muda dan sedikit kunyit. Setelah itu oleskan pada kaki yang terkena eksim.

Demikian adalah beberapa cara mengobati eksim, terlepas dari hal diatas, menjaga kebersihan adalah hal paling utama. Karena eksim disebabkan oleh jamur, sehingga Anda harus menjaga kebersihan kaki. Stop menggaruk kaki yang gatal, karena bisa jadi ini disebabkan oleh eksim, biasanya setelah digaruk keadaan kulit bertambah parah.